Wednesday, May 15, 2019

Inilah Arti Dari Singkatan SWT, SAW, AS, Dan RA Dalam Buku Tentang Islam

Arti Dari Singkatan SWT, SAW, AS, RA - Seringkali kita membaca buku-buku islam seperti kisah para nabi dan rasul atau semacamnya, terdapat sebuah singkatan seperti SWT, SAW, dan lain-lain. Dan tidak sedikit yang belum tahu mengenai arti dari singkatan tersebut, terutama bagi adik-adik yang baru belajar agama islam dan para mualaf. Nah, maka dari itu disini Im4j1ner berniat untuk menjelaskan, apa itu SWT, SAW, AS, dan RA, yang terdapat pada buku-buku islami, biar membacanya jadi lebih enak.


Singkatan SWT, SAW, AS, Dan RA 


S.W.T merupakan singkatan dari dua sifat Allah, yaitu Subhanahu wa Ta’ala. Yang berarti Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi.

S.A.W ialah singkatan dari Shallallahu`alaihi Wa Sallam, sebuah lafadz yang di sunnahkan kepada kita untuk mengucapkannya ketika menyebut nama Rasulullah SAW, yang artinya adalah Semoga Allah memberikan shalawat dan salam kepadanya. 

A.S sendiri adalah kependekan dari Alaihis Salam yang bermakna “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadanya”. Kita akan dapati di akhir nama para Nabi dan Rasul, kecuali Nabi Muhammad.

R.A biasa digunakan untuk menyingkat lafadz Radhiyallahu`anhu/`anha / `anhum.
Lafadz ini juga merupakan ungkapan dan do'a yang disematkan kepada para sahabat Rasulullah SAW. Maknanya adalah Semoga Allah meridhainya. Bila kata terakhirnya `anhu maka dhamirnya untuk dia satu orang laki-laki. Bila kata terakhirnya `anhum maka dhamirnya mereka (jama`) dan bila kata terakhirnya `anha maka dhamirnya untuk dia seorang wanita. (Sumber: plimbi.com, tausyiah275.wordpress.com).

Nah itulah arti dari singkatan SWT, SAW, AS, dan juga RA. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan kamu semua yang belum tahu tentang singkatan-singkatan dari SWT, SAW, AS, dan RA. Dan juga, semoga saat membaca buku-buku islam ada singkatan-singkatan tersebut, tidak menghambat lagi kelancaran membaca kamu. 
 

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon