Sunday, April 28, 2019

20+ Jenis Menu Buka Puasa Yang Sehat Dan Sederhana

Menu buka puasa sederhana - Ya halo pembaca Im4j1ner! Nggak terasa ya, sebentar lagi udah mau bulan ramadhan. Itu artinya, kita umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Hmm... Sudah siapkah kamu? Karena kalau saya pribadi, udah nggak sabar nunggunya. Semoga dibulan puasa tahun ini kita bisa menjalankan puasa dengan lancar, ya! Aamiin... Nah untuk menyambut bulan puasa tahun 2019, kali ini saya ingin membagikan beberapa jenis menu buka puasa yang sederhana dan praktis. Apa aja itu? Yuk kita cari tahu!


Marhaban ya ramadhan, itulah kalimat yang sering terucap dan sering didengar setiap kali mendekati bulan puasa. Ya, itu adalah kalimat yang dinanti-nanti umat muslim. Karena itu sebagai pengingat bahwa bulan suci ramadhan sudah dekat. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas, karena saya bukanlah ahli agama, jadi takut salah kalau membahas soal puasa. Oleh karena itu, saya cuma ingin membagikan referensi untuk buka puasa kamu-kamu semua aja.

Seperti yang kita tahu, buka puasa juga merupakan salah satu rukun puasa, dan itu adalah inti dari puasa itu sendiri. Karena setelah seharian menahan haus dan lapar, dan juga menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, tentu kita ingin bisa menikmati buka puasa. Dan untuk bisa menikmatinya, maka sudah dipastikan untuk kita memperhatikan menu buka puasanya.

Sebagai manusia biasa, tentu kita mengharapkan sesuatu yang spesial saat berbuka puasa. Ya misalnya saja meminum minuman yang menyegarkan serta memakan makanan yang manis namun menyehatkan. Karena menurut anjuran islam, berbuka puasa dengan yang manis itu sangat penting. Namun untuk bisa melakukan itu, terkadang kita malah terkendala oleh biaya, apalagi untuk anak kost-an, bisa buka dengan air putih aja sudah bersyukur banget, kan?

Nah, oleh sebab itu disini saya ingin membagikan referensi menu buka puasa yang sederhana, murah, praktis dan tentunya juga insyaallah sehat. Dan langsung saja, dibawah ini adalah kumpulan menu buka puasa yang bisa kamu coba.

Kumpulan Menu Buka Puasa


Sebelum menentukan menu buka puasa untuk diri sendiri maupun keluarga di rumah, tentu harus diperhatikan beberapa hal penting. Bukan hanya praktis dan mudah saja, faktor kesehatan tentu juga harus diperhatiakan. Jangan sampai berbagai macam makanan yang yang kita masak dari inspirasi menu resep buka puasa malah membuat sakit perut. Atau malah membuat perut kita terasa penuh sehingga malas untuk beraktivitas atau sholat berjamaah dan tarawih. Berikut beberapa referensi menu buka puasa yang sederhana namun sehat, yang bisa kamu konsumsi bersama keluarga atau sendiri.

1. Kurma dan Segelas Teh Hangat

Buah kurma selalu identik dengan bulan puasa. Itu karena Rasulullah menganjurkan kita untuk memakan buah kurma sebanyak 3-4 biji kurma saat berbuka puasa. Dan itu dipercaya dapat mengembalikan stamina kita. Dan untuk minumnya, lebih baik air hangat saja.

2. Kolak Buah Salak

Kolak buah salak sering dijadikan menu takjil untuk buka puasa oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, apalagi di pedesaan, menu ini sering sekali terlihat menjelang buka puasa dan di tempat-tempat bazar jajanan buka puasa. Hal ini karena rasanya yang enak dan sehat. Kandungan karbohidrat dari umbi-umbian yang dipakai mampu memberikan tenaga yang dibutuhkan. Perpaduan manis dan gurih santannya juga enak sekali saat disantap buat makanan pembuka.

3. Bubur Sumsum

Bubur sumsum memang salah satu makanan pembuka yang banyak disukai. Teksturnya lembut dengan citarasa gurih santan dan manis nya saus gulanya. Kombinasi rasa ini membuat saat buka puasa kita jadi lebih nikmat.

4. Pancake

Pancake bisa dijadikan salah satu menu yang disajikan saat buka puasa. Kandungan protein dan karbohidratnya bagus sekali untuk kebutuhan tubuh saat maghrib datang.

5. Dengan Es Kelapa Muda

Selain menyegarkan, buka puasa dengan es kelapa juga menyehatkan. Ini disebabkan kandungan air kelapa asli bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang selama seharian. Ada beberapa macam resep es kelapa yang bisa dibuat dengan mudah di rumah, seperti es kelapa muda gula merah, kelapa muda kopyor dan lainnya.

6. Nasi Goreng

Menu buka puasa yang simple berikutnya adalah nasi goreng. Ya, resep ini memang mudah dan praktis. Untuk menambah nilai gizinya, kamu bisa menambahkan bakso, daging ayam, sosis, udang ataupun lainnya. Vitamin bisa didapat dari sayuran yang kita pakai.

7. Sop Ayam

Resep masakan kali ini memang paling komplit. Sop ayam bukan cuma enak dan lezat, tetapi juga banyak mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan. Bahkan banyak diantara kita yang mungkin menggunakn resep masakan sup ini untuk menyembuhkan sakit flu ringan. Kuahnya yang gurih dan lezat pas sekali untuk santapan bersama nasi putih. Tanpa nasi putih pun juga nikmat sekali. Banyak kandungan vitamin, mineral, protein dan lainnya yang bisa kita dapat apabila berbuka puasa dengan sup ayam ini.

8. Sayur Bayam

Kandungan zat besi dan vitamin dalam bayam yang kita buat, tentu sangat bagus sekali untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah berpuasa. Bahan untuk membuat resep buka puasa dengan sayur bayam ini juga sangat sederhana. Bisa kita buat sayur bayam bening ataupun ditambah dengan santan atau sayur bobor bayam.

9. Capcay Kuah

Perpaduan kuah kental dengan ayam, udang dan berbagai macam sayuran dijamin bisa mengembalikan kondisi tubuh. Apalagi setelah seharian berpuasa tidak makan dan minum. Capcay kuah ini bisa jadi merupakan pilihan resep buka puasa yang sehat dan bergizi tinggi. Untuk membuat makanan buka puasa ini juga tidak terlalu susah lho. Cukup mencampurkan bahan dan bumbu kemudina dimasak di atas api kompor.

10. Resep Sop Ceker

Kalau yang satu ini pasti tidak ada yang meragukannya lagi. Baik itu dari rasanya, kaldunya yang lezat ataupun kandungan gizinya. Ya, resep sop ceker selain mudah cara membuatnya juga sehat sekali untuk dikonsumsi saat bulan Ramadhan. Di dalaamnya kita bisa menambahkan aneka sayuran yang lengkap untuk nutrisi dan vitaminnya. Pas sekali untuk inspirasi menu buka puasa ramadhan tahun ini.

Masih ada banyak sekali menu buka puasa yang bisa kamu coba dan nikmati dirumah maupun dikamar kost-an kamu. Nah, diatas hanya 10 contoh saja. Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi, kamu bisa kunjungi link ini!

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon