Thursday, March 14, 2019

Tata Cara Shalat Dhuha Lengkap Dan Doa Shalat Duha

Doa Sholat Dhuha Dan Cara Shalat Dhuha Lengkap – Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang memiliki keunikan tersendiri dari sholat sunnah lainnya. Alasannya ialah waktu pelaksanaan sholat dhuha yang hanya bisa dikerjakan setelah terbitnya matahari, dan berakhir sebelum masuknya waktu dhuhur. Ini juga merupakan salah satu bentuk dari begitu banyaknya sholat sunnah yang Allah ajarkan kepada para hamba-Nya melalui nabi Muhammad. Dengan melaksanakan sholat duha, itu artinya kita menyerahkan segala urusan rejeki kita kepada Allah.


Pengerjaan sholat dhuha tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya, dan juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk siapapun yang mau mengerjakannya. Eksistensi sholat dhuha semakin naik, ketika orang-orang percaya bahwa dengan sholat dhuha, Allah akan lebih melancarkan rizqi hamba-Nya. Apakah hal tersebut benar? Tentu, karena Allah tidak akan perhitungan saat memberikan keberkahan untuk setiap hamba yang dikendaki-Nya.

Namun bukan berarti jika Anda menjalankan sholat dhuha maka rejeki Anda akan melimpah begitu saja, Anda pun harus tetap berusaha sesuai dengan passion Anda dalam meraih rejeki. Selain itu, ada hal lain yang harus Anda terapkan di hati untuk menjalankan semua perintah-Nya, termasuk sholat dhuha. Nilai tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah niat mendekatkan diri kepada Allah. Nah, kalau nilai itu sudah tertanam di hati. Barulah, Anda bisa benar-benar menikmati sholat dhuha dengan setulus hati.

Berikut ini saya akan memberikan informasi mengenai doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha dengan penulisan latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dll.


Tata Cara Sholat Dhuha


Jika diteliti lebih dalam keunikan sholat dhuha bukan hanya terletak pada waktu pelaksanaannya saja. Ada cukup banyak keunikan yang perlu Anda ketahui dari sholat sunnah yang sering disebut sebagai “pelancar rizqi” ini. Nah, dibawah ini adalah beberapa keunikan sholat dhuha dilihat dari tata cara pelaksanaanya. Yaitu:

1. Niat

Bunyi niat sholat dhuha sebagai berikut: “Ussolli sunnatatd-dhuha rokataini illahi ta’ala”. Untuk rokaat sholat dhuha paling sedikit 2 rokaat, dan paling banyak 12 rokaat. Semakin banyak rokaatnya semakin baik. Tetapi jangan khawatir, beberapa ulama’ mengatakan bahwa akan lebih baik mengerjakan dengan rokaat sedikit, dari pada mengerjakan sholat dhuha dengan rokaat banyak, tetapi setiap harinya jarang dilaksanakan. Point pentingnya ialah konsisten untuk selalu menjalankannya. .

Selanjutkan membaca doa iftitah, surat fatihah, dilanjutkan dengan membaca salah satu surat dalam al-quran. Tetapi lebih diutamakan membaca surat Adh-Dhuha, Al-Lail, Asy-Syamsu, dan Asy-Syarh.

2. Dilanjutkan ruku dan membaca tasbih tiga kali.

3. Kemudian i’tidal dan membaca doanya.

4. Sujud dan membaca tasbih tiga kali.

5. Duduk diantara dua sujud, dan membaca bacaannya.

6. Dilanjutkan sujud kedua kali.

7. Setelah itu melaksanakan rokaat kedua. Caranya sama seperti rokaat pertama, tetapi tanpa niat dan doa iftitah.

8. Lalu dilanjutkan dengan tasyahud akhir.

9. Terakhir, dua kali salam.

10. Dilanjutkan dengan dzikir.

11. Kemudian ditutup dengan membaca doa sholat dhuha.

Doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dll.


Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab



Setelah melaksanakan sholat duha dengan benar sesuai prosedur. hal baik lain yang sangat disunnahkan adalah membaca doa sholat dhuha. Sebenarnya apapun doanya selama itu baik diperbolehkan. Akan tetapi jauh lebih indah apabila doa tersebut diawali dengan menyebut nama Allah, memuji Allah atas segala karunia yang diberikan-Nya.

Kemudian bersholawat kepada Rosullullah, yang memiliki syafa’at yang kelak diharapkan oleh semua umatnya. Doa ialah permintaan, apapun permintaanya selama itu baik dan bermanfaat untuk Anda, ucapkanlah! Allah maha mendengar, dan hanya Ia yang berhak mengabulkannya. Berikut adalah doa sholat dhuha yang terangkai begitu indah:

Doa Sholat Dhuha
Do'a shalat shuha


Doa Sholat Dhuha Latin

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin.

Arti Doa Sholat Dhuha

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Pahamilah rangkain huruf arab yang kemudian membentuk arti yang mempesona. Doa seorang hamba yang begitu tunduk dengan Allah. Memuji dan mengakui bahwa semua kebesaran hanya milik-Nya. Semua yang tidak ada menjadi ada. Sesuatu yang jauh menjadi sangat dekat. Sesuatu yang tertutup menjadi keluar, dan memberikan kesenangan.

Doa inipun bentuk dari seorang hamba yang selalu meminta kepada Allah untuk selalu dihindarkan dari berbagai macam hal yang haram. Bentuk seorang hamba yang berkeinginan untuk selalu dilindungi dan diberkahi olehNya. Sholat dhuha bukan hanya sekedar ibadah 2 rokaat kemudian salam, tetapi memiliki kenikmatan yang jauh lebih dalam dari hal itu.

Sholat dhuha bukan hanya mengenai rizqi lancar, dan mempermudah jalannya rizqi. Tetapi sholat dhuha adalah bentuk keinginan Tuhan untuk dekat kepada hambaNya. Keinginan Tuhan untuk mendengar pujian dari hambaNya, dan bentuk Tuhan menguji hambaNya untuk sedikit bersabar dengan berbagai hal yang sengaja Dia datangkan di hidup para hambaNya.

Pertanyaan umum seputar shalat dhuha

Pertanyaan yang kemudian muncul "kapankah waktu tepat untuk mengerjakan sholat dhuha?" Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sholat dhuha dimulai sejak terbitnya matahari sampai sebelum masuknya waktu dhuhur. Tetapi akan lebih utama dikerjakan saat matahari sudah mulai naik, kira-kira sekitar pukul 08.00 WIB. Dikatakan oleh beberapa ulama’ bahwa diwaktu dhuha semua doa di ijabah oleh Allah.

Waktu sholat dhuha begitu penting untuk mereka yang mengetahuinya. Salah satu bukti yang menunjukan bahwa waktu dhuha memiliki keutamaan adalah Allah langsung menyebut waktu tersebut dalam alquran, Qs.Adh-Dhuha. Anda boleh sangat sibuk, tetapi tidak ada ruginya bagi Anda meluangkan waktu 5 menit untuk berdialog dengan Allah diwaktu yang luar biasa tersebut.

Allah tidak menuntut sholat dhuha sebagai kewajiban untuk hambaNya. Dia hanya menghukumi sholat dhuha sebagai kesunnahan untuk hambaNya. Sebuah kesunnahan, ketika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak akan berdosa. Tapi ketika Anda bisa melaksanakannya, kenapa tidak mengerjakannya?

Bukankah suatu saat nanti semua umat islam berharap untuk berada dekat denganNya? Ingatlah, waktu itu ibarat pedang. Ketika Anda tidak bisa mengunakannya dengan baik, maka Anda yang akan terkena goresan dari tajamnya pedang tersebut. Allah tahu apa yang sedang hambaNya pikirkan dan apa yang hambaNya lakukan.

Sempurnakan ibadah kerja dengan meminta berkah dari Allah melalui sholat dhuha. Bukankah sebuah hadist pernah mengatakan bahwa “Bekerjalah seakan-akan kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah seakan-akan kamu akan mati esok.” Allah mengatur semuanya dengan baik. Jadi, jangan karena pekerjaan Anda melewatkan waktu berbicara denganNya.

Itulah dia pembahasan mengenai doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dan semacamnya.

Artikel ini berasal dari thegorbalsla.com, dan sudah mendapat ijin dari pemilik situsnya.

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon