Thursday, January 24, 2019

Cara Pasang Kode Script Google Analytics Pada Template Blogger (Blogspot)

Ya halo pembaca! Ano ne... kali ini saya ingin berbagi sesuatu kepada kamu yang mempunyai blog dan ada masalah dengan analisis dari Google Analytics, atau bisa dibilang blog kamu nggak ada datanya saat lihat di Google Analytics. Hmm... saya sedikit bingung gimana cara menyampaikannya, ya? Pokoknya kamu lanjut baca aja, deh!


Jadi maksudnya gini. Dalam waktu beberapa hari kebelakang, blog saya ini mengalami banyak perbaikan, termasuk pergantian template. Maka dari itu agak banyak problem pada script HTML nya, termasuk tracking code Google Analytics untuk blog Im4j1ner ini. Alhasil, statistik blog pun tidak ada ketika saya lihat di Google Analytics.

Karena saya bingung, akhirnya saya Googling untuk mencari informasi, mengapa nggak ada data sama sekali untuk blog saya? Setelah di ubek-ubek, akhirnya nemu juga artikel yang menjelaskan kenapa data blog tidak ada di Google Analytics. Dan alasannya karena pas ganti template, kemungkinan besar pada template baru tersebut tidak menyimpan atau tidak ada script tracking code blog nya. Karena penasaran, saya pun buka kembali kode HTML template blog saya. Dan ternyata benar, nggak ada kode tracking nya.

Dengan kata lain, walaupun kita sudah memasukan kode ID Properti Web Analytics pada pengaturan beranda Blogger kita, kalau tidak ada script Tracking Code, maka tetap saja data statistik blog tidak akan muncul. 

Nah untuk itu, bagi kamu yang juga mengalami permasalahan yang sama dengan saya, sebaiknya coba cek kode traking di template blog kamu, ada tidak? Kalau tidak ada, sebaiknya segera pasang, biar kamu bisa menganalisa kepopuleran blog kamu lagi. Dan untuk caranya, bisa disimak dibawah ini!


Cara Memasang Script Tracking Code Google Analytics Di Template Blogger

1. Masuk ke situs Google Analytics, atau bisa melalui link ini: analytics.google.com
2. Setelah berhasil masuk atau log-in, maka selanjutnya kamu akan langsung dibawa ke halaman dashboard Google Analytics kamu.

3. Kemudian dibagian kiri halaman, cari gambar gerigi bertuliskan "admin" silahkan klik tombol admin tersebut.


4. Setelahnya, kamu akan langsung dibawa ke halaman Admin, dimana pada halaman ini terdapat beberapa pilihan yang dapat kamu pilih.
5. klik Info Pelacakan yang terdapat pada pilihan PROPERTY.


6. Setelah mengklik Info Pelacakan, langkah selanjutnya klik Kode Pelacakan.


7. Bila kamu sudah mengklik Kode Pelacakan, maka selanjutnya kamu akan langsung dibawa ke halaman Tracking Code. Dan langkah berikutnya, silahkan salin Script Google Analytics blog kamu.


8. Setelah menyalin Script Google Analytics, langkah selanjutnya pergi ke beranda Blogger kamu.
9. Kalau sudah masuk, pada bilah sisi sebelah kiri, cari menu 'tema', untu melakukan edit HTML.



10. Setelah masuk ke halaman Edit HTML, langkah selanjutnya adalah klik di dalam halaman edit html terlebih dahulu, setelah itu tekan CTRL + F di keyboard, kemudian cari tag dibawah ini: 



Kalau tidak ada, coba cari ini: 



Kalau sudah ketemu, silahkan paste kan kode pelacakan Google Analytics yang sudah di copy tadi, tepat di atas salah satu kode html di atas. Bisa lihat digambar dibawah ini.



11. Selesai!

Sekarang coba cek di Google Analytic kamu lagi, apakah data statistik blog kamu udah ada atau belum? Kalau belum, coba tunggu sekitar satu hari. Tapi biasanya sih langsung muncul. Kalau gitu, selamat mencoba...

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon