Friday, January 25, 2019

Cara Mengatasi Bootloop Di Hp Android Dengan Mudah

Cara mengatasi bootloop Android - Dalam suatu kasus, saya pernah mengganti room Android saya. Awalnya mulus-mulus saja. Hingga suatu ketika, masalahpun terjadi. Smartphone tercintaku, mengalami bootloop. Huft... menyebalkan!

"Tunggu dulu! Apa itu bootloop?"  Ah, iya saya lupa. Kalau sebagian dari kamu masih ada yang belum paham dengan bootloop, ya? Singkatnya, bootloop itu sebuah kondisi dimana HP kamu gagal masuk ke dalam sistem software Android, hal ini akan terus mengulang hingga kamu memperbaikinya. Itulah penjelasan saya dari situs Jalan Tikus. 

Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Caranya bisa kamu lihat dibawah ini!


Cara mudah mengatasi android yang bootloop

1. Restart HP

cara-mengatasi-bootloop-1
Cara pertama ini mampu kamu lakukan kalau bootloop yang posel kamu alami dalam tingkat ringan, ini biasanya terjadi sebab kesalahan pengoperasian data tanpa melalui Recovery Mode.
Caranya gampang kok, ialah melaksanakan restart HP dengan cara matikan HP kamu, lepas baterai, kartu SIM, dan micro SD Card. Tunggu sampai setidaknya 15 menit. Kemudian pasang kembali baterai, SIM, dan SD Card. Setelahnya nyalahkan kembali HP kamu. Jika masih tidak bekerja, coba gunakan cara selanjutnya.

2. Wipe Cache Partition

cara-mengatasi-bootloop-2
Wipe Cache Partition merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi bootloop. Cara ini mampu di lakukan tanpa takut kehilangan seluruh data HP.
Caranya cukup gampang yaitu masuk ke Recovery Mode pada HP dan pilih Wipe Cache Partition dan pilih Yes. Cara untuk masuk ke Recovery Mode di tiap HP berbeda, berikut ialah cara masuk ke Recovery Mode di sebagian brand HP:
  • Samsung: Home + tombol power atau Home + Volume Up + Power
  • Huawei: Tombol power + Volume up
  • LG: Home + Volume Up + Power
  • Asus: Power + Volume Up hingga muncul logo, lepas tombol Power sambil terus menekan Volume Up.
  • HTC: Power + Volume Down + Power
HP kamu akan kembali ke halaman utama jika berhasil. Kalau masih bermasalah, maka kamu harus melakukan Factory Reset. Caranya di bawah ini.

3. Factory Reset

cara-mengatasi-bootloop-3
Cara mengatasi bootloop paling ampuh yang mampu di lakukan selanjutnya ialah melakukan Wipe Data atau Factory Reset melalui Recovery Mode.
Secara teknis cara ini akan mengatur ulang software sistem dan membuatnya mirip pertama kali dipasangkan sistem. Saat berada di sajian Recovery Mode, pilih Factory Reset kemudian pilih Yes.
Sistem akan memproses secara otomatis, biarkan HP mu melaksanakan Factory Reset tanpa diganggu. Setelah berhasil, Android seharusnya akan masuk ke halaman Home.

4. Flashing ROM

cara-mengatasi-bootloop-4
Flashing ROM yakni cara paling rumit dan tergolong berat untuk mengatasi duduk perkara bootloop. Penggunaan cara ini pun hanya dipakai kalau Android mengalami duduk perkara bootloop yang serius.
Biasanya duduk perkara bootloop mirip ini dikarenakan salah menginstall Custom ROM atau salah update OS ke dalam HP kamu. Cara yang harus dilakukan untuk mengatasinya yakni flashing ROM yang sesuai dengan HP kamu. Caranya sendiri bisa kamu Googling. Atau bila tidak mau ambil resiko, bisa serahkan masalah Android kamu ke pakarnya. Selesai...
Sumber informasi: Jalan Tikus

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon