Telkomsel Siapkan Bandwidth 4,2 Tbps Untuk Libur Nataru

Ilustrasi BTS Telkomsel. Foto: Rachman HaryantoIlustrasi BTS Telkomsel. Foto: Rachman Haryanto

Jakarta - Telkomsel bersiap-siap menghadapi lonjakan trafik data selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), salah satunya dengan menyiapkan kapasitas bandwidth sebesar 4,2 Tbps.

Bandwidht sebesar itu didapat dari 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) yang dibangun Telkomsel di seluruh Indonesia. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur gres menyerupai jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Selaint itu, operator plat merah tersebut juga mengerahkan 88 unit compact mobile base station (Combat) yang merupakan mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi sentra keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, menyerupai alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall, dan sentra perbelanjaan.


Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan yakni Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon).

"Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun," ujar Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan dalam keterangan pers yang diterima detikINET.

"Kami secara rutin bersiklus melaksanakan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi sentra keramaian kami juga telah melaksanakan optimalisasi jaringan. Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada acara pergantian tahun kami jamin kelancarannya," lanjutnya.

Trafik data meningkat 20%
Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31%.

Di samping itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan bunyi diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4% dibandingkan hari biasa.

Sumber detik.com

0 Response to "Telkomsel Siapkan Bandwidth 4,2 Tbps Untuk Libur Nataru"

Post a Comment

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel