Sunday, December 16, 2018

Game Official Server Atau Private Server

Game Online dikala ini sudah mempunyai banyak peminat, dari yang hanya bermain untuk mencari kesenangan semata maupun sebagai mata pencaharian. Bisnis game dikala ini sanggup dikatakan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan baik sebagai seorang player maupun sebagai pemilik lisensi program.



Sumber : Youtube MMOByte
Di Indonesia sendiri industri game terutama game online semakin tumbuh dan berkembang yang dibantu dengan banyaknya penyedia jasa layanan internet walau untuk perangkat komputer sendiri harga untuk dikala ini cukup terbilang mahal tapi tetap industri game online di Indonesia semakin banyak peminatnya.

Untuk sanggup mempunyai sebuah game online, kita harus mempunyai lisensi dari publisher game tersebut. Contohnya Rising Force Online atau lebih dikenal dengan RF Online dengan publishernya dari CCR. Di Indonesia sendiri pemegang resmi lisensi RF Online yaitu Lyto.

Sebagai pemegang lisensi, Lyto berhak untuk menjalankan game online tersebut. Selain itu pihak Lyto juga mendapat isu perihal patch terbaru dari pihak publisher serta sanggup memilih kapan ingin merelease patch terbaru tersebut atau tidak sesuai dengan kondisi game tersebut.

Bila melihat pada game RF Online. Ada beberapa server lain yang berjalan diluar dari Lyto maupun official yang lain biasa disebut dengan Private Server. Private Server RF Online ini dikelola baik perorangan maupun grup namun ini diluar dari grup yang ditunjuk pihak publisher CCR sehingga sanggup dikatakan ini ilegal.

Namun walau Private Server tetap ada beberapa pemain lebih menikmati bermain di Private Server ini dibandingkan dengan server officialnya dan bahkan sanggup dipungkiri komunitasnya lebih besar dibandingkan dengan official server. Berikut mari kita bandingkan antara Official Server dengan Private Server.

1. Legalitas

Soal legalitas server sudah kita bahas sebelumnya diatas. Private Server bersifat ilegal alasannya yaitu diluar officialnya dan bersifat kustom sesuai dengan impian dari pemilik server serta private server tidak mempunyai Terms Of Service atau hukum tertulis yang terperinci menyerupai pada official server.

Walaupun poin pertama ini biasanya tidak dipedulikan oleh para pemain namun patut kita bahas, dengan adanya hukum yang memang dibentuk oleh keputusan bersama player menciptakan komunitas tersebut terjaga. Namun terkadang keputusan tersebut berpihak sebelah dan itupun bergotong-royong terjadi baik di server official maupun di server private. Itulah mengapa poin nomor satu ini sering dihiraukan oleh para player.

2. Harga relatif murah


Didalam official server, bila kita menginginkan suatu item yang hebat membutuhkan waktu, tenaga, serta uang yang cukup banyak untuk memilikinya. Istilah Pay to Win sudah sangat bersahabat mungkin dikalangan para gamer, namun di Private Server beberapa item sanggup didapatkan dengan membayarkan sejumlah uang kepada Owner dari Private Server yang lebih kita kenal dengan istilah Donasi.

Donasi ini juga diperuntukan untuk biaya maintenace server dan kelangsungan kehidupan server itu sendiri. Banyak yang bermain di Private Server alasannya yaitu murah dan mudahnya untuk mendapat beberapa item hebat didalam game.

3. Umur Server

Official Server biasanya berumur lebih panjang dibandingkan dengan Private Server dikarenakan dalam Official Server banyak yang bermain dan mengisi Cash Coin untuk belanja di Item Mall game online tersebut. Sedangkan dalam Private Server biasanya hanya mengandalkan kontribusi dari para pemain menyerupai yang disebutkan sebelumnya.

Sehingga sanggup dikatakan umur dari Private Server itu bergantung 

4. Tindakan Game Master

Disini merupakan hal mengapa banyak pemain bahagia bermain di Private Server dikarenakan Gamemasternya mempunyai kuasa penuh didalam Game tanpa perlu berafiliasi dengan pihak lain, sehingga bila ada keluhan atau apapun mengenai game akan cepat dibahas dan diselesaikan.

Sedangkan didalam Official Server pihak Gamemaster hanya menjembatani antara pemain dengan pihak Game untuk menuntaskan hal-hal yang terjadi didalam game namun dengan banyak proses yang dilakukan menyerupai rapat internal dengan tim Game tersebut apakah mensugesti proses bisnis game tersebut atau tidak.

5. Pihak Manajemen Dekat dengan Player

Ini berkaitan dengan poin nomor 4, disaat Gamemasternya gampang dalam mengambil keputusan dikarenakan mereka berafiliasi pribadi dengan para player dan sanggup dengan cepat mengambil keputusan. Para Gamemaster ini juga sering berafiliasi dengan para player terutama alasannya yaitu private server sendiri poin menariknya yaitu event-event yang sanggup dibilang gratis tidak menyerupai di official server yang harus membeli item mall dan lain sebagainya ya walau tidak semua official server mengadakan event yang harus membeli item mall tersebut.

Beberapa player nyaman dengan mudahnya mereka menghubungi Gamemaster sehingga menciptakan rasa kondusif dalam bermain begitu terasa, berdasarkan saya pribadi ini yaitu hal yang paling dicari oleh setiap player dalam bermain game online.

Itulah beberapa perbedaan yang paling umum antara bermain game online di Official Server dengan di Private Server. Pilihan tetap kembali ke tangan para gamers sekalian sebelumnya.


Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon