Monday, May 7, 2018

Mengenal Penyakit Mata Katarak Gejala Serta Penyebabnya Sebelum Terlambat

Ya halo pembaca! Kembali lagi di laman berita kesehatan Im4j1ner. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai apa itu penyakit katarak, gejala yang di timbulkan dari penyakit mata katarak, dan juga penyebabnya seseorang mengalami penyakit mata katarak. Tentunya dengan penjelasan yang sederhana dan mudah di pahami.

Penyakit Mata Katarak
Gambar: idkesehatan.com


Apa Itu Penyakit Katarak


Mungkin kamu semua sudah pernah kan mendengar penyakit mata katarak? Tapi kira-kira, tahu tidak ciri-cirinya? Kalau belum tahu, ijinkan saya mengenalkan lebih dalam mengenai penyakit mata katarak.

Mengutip laman alodokter.com, katarak merupakan bagian keruh pada lensa mata seseorang. Dengan kata lain, lensa kita yang warnanya hitam (umumnya orang Indonesia) itu mengalami keruhan, sehingga munculnya warna putih pada bagian lensa kita.

Tercatat dalam data WHO (Organsiasi Kesehatan Dunia), katarak ini merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kebutaan di dunia, umumnya di negara-negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Bahkan, Indonesia sendiri menduduki peringkat kedua setelah Afrika Selatan, sebagai negara yang mengalami angka kebutaan paling banyak karena penyakit katarak.

Penyakit mata katarak pada umumnya terjadi pada orang-orang yang lanjut usia (manula). Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kita yang masih muda pun bisa mengalaminya. Maka dari itu sangat penting  untuk mengetahui apa itu penyakit mata katarak sebelum terlambat.






Penyakit Katarak Ada Dua Jenis Yaitu Katarak Luar Dan Katarak Dalam


Penyakit katarak memiliki dua jenis. Yaitu katarak luar dan katarak dalam. Hal tersebut bisa kita bedakan dari bagian lensa yang terkena katarak. Dan berikut penjelasan singkatnya.


  • Katarak Luar: katarak luar biasanya muncul di bagian luar lensa. Awal kemunculannya sangat kecil, bahkan mungkin tidak terlihat oleh kasat mata. Namun, semakin lama bila kita biarkan, maka akan semakin tambah melebar (melingkar seperti cincin hingga ke tengah bagian lensa mata).
  • Katarak Dalam: Katarak dalam muncul pada bagian dalam lensa. Tepatnya di wilayah pupil mata kita atau bagian terkecil yang ada di tengah-tengah lensa kita. Awal munculnya juga sama, yaitu berupa titik kecil yang mungkin tidak kelihatan oleh mata telanjang.


    Itu artinya, kita tidak perlu suatu alat untuk mengetahui seseorang mempunyai penyakit mata katarak atau tidak. Cukup dilihat dari keadaan lensanya saja.






    Gejala Katarak


    Sifat dari penyakit mata katarak sendiri tidak memiliki rasa pada gejala awalnya. Seperti mata sakit, pedih, gatal, ataupun yang lainnya. Namun dapat di rasakan dari efek samping yang di akibatkan oleh penyakit tersebut.

    Gejala yang di sebabkan oleh penyakit mata katarak seperti yang Im4j1ner kutip dari laman alodokter sebagai berikut:


    • Mata yang terlalu sensitif ketika terkena cahaya menyilaukan (tidak seperti mata yang normal).
    • Sulit melihat saat cahaya remang-remang (terutama pada malam hari) atau sangat terang.
    • Semua terlihat seperti memiliki semburat kuning atau cokelat.
    • Di sekeliling cahaya terang (misalnya, lampu mobil atau lampu jalan) seperti ada lingkaran cahaya (pelangi).
    • Warna yang terlihat memudar atau menjadi tidak jelas.


    Nah, bila ada gejala yang kamu rasakan seperti yang tercatat di atas, saya harap kamu segera memeriksakan kesehatan mata kamu.






    Penyebab Mata Katarak


    Katarak sejauh ini memang sering di temui oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Tapi menurut saya pribadi, hal tersebut di karenakan kita yang kurang pandai menjaga dan merawat mata kita.

    Logikanya seperti ini: misalkan kita membeli hape baru. Saat masih baru, tentu saja terlihat sangat bagus dan bekerja dengan optimal. Tapi seiring bertambahnya waktu, keadaan hape pun pasti mulai menurun. Seperti warna casing yang memudar, serta banyak fitur yang tidak berfungsi dengan baik. Begitupun mata kita.

    Sejak kita lahir, kita sudah di berikan mata secara cuma-cuma oleh sang pencipta. Kalau kita tidak bisa menjaga dan merawatnya dengan baik, tidak perlu menunggu hingga usia 80 tahun untuk mendapatkan penyakit katarak. Bahkan mungkin di usia 30 tahun pun akan mulai di rasakan gejalanya.

    Untuk itu, mari kita cari tahu penyebab penyakit mata katarak ini. Dan berikut faktor yang di percaya sejauh ini yang menjadi penyebab penyakit mata katarak.






    1. Mata yang terpajan sinar matahari untuk waktu yang lama


    Maksudnya, jika seseorang selalu beraktifitas di ruangan terbuka (kebun atau ladang), tanpa mengenakan topi atau kacamata sebagai pelindung untuk menghalangi pancaran radiasi dari sinar matahari langsung, maka orang tersebut akan berpotensi terkena penyakit mata katarak.

    Dalam kasus ini bisa kamu cari buktinya di wilayah kamu, dengan menemui orang-orang yang bekerja sebagai petani. Pasti kebanyakan diantara mereka memliki keruhan pada bagian lensa matanya (katarak).

    2. Penyakit-penyakit tertentu, misalnya diabetes atau peradangan pada bagian tengah mata (uveitis) jangka panjang


    Penyakit didalam tubuh kita juga nampaknya berpotensi menjadi penyebab penyakit mata katarak. Dan yang paling di percaya adalah diabetes.

    3.Pernah mengalami cedera pada mata


    Jika seseorang pernah melukai matanya (lebih tepatnya pada bagian lensanya) maka orang tersebut cepat atau lambat akan menderita penyakit mata katarak, jika tidak segera di tangani.

    Untuk kasus ini bisa dari ranting pohon, kuku kita sendiri yang tidak sengaja men-colok mata kita, dan semacamnya. Intinya, suatu insiden yang menyebabkan bagian lensa mata kita tergores (luka).

    4. Memiliki riwayat katarak dalam keluarga


    Katarak bukanlah penyakit menular, melainkan menurun. Maka dari itu, penyakit mata katarak juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir.


    5. Asap yang masuk ke mata


    Asap yang terlalu sering masuk ke mata kita juga berperan penting sebagai penyebab penyakit mata katarak. Maka dari itu, saat kamu sedang merokok (laki-laki), bakar sampah, atau segala aktifitas yang menimbulkan asap dari pembakaran, maka haruslah sebisa mungkin menghindari asap nya agar tidak masuk ke mata. Kalau tidak, lensa kamu akan keruh, dan tentu saja itu akan menimbulkan penyakit mata katarak.





    Gimana? Sekarang sudah paham kan mengenai penyakit mata katarak? Jika sudah, semoga kamu kedepannya lebih bisa menjaga dan merawat mata kamu ya! Sampai jumpa di postingan berikutnya...

    Lainnya:
    Kenali Penyakit Mata Glaukoma
    Penyakit Mata Pterigium




    Next

    Related

    Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
    EmoticonEmoticon