Tuesday, May 1, 2018

Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini Itu Penting, Loh! Ini Caranya Menurut Medis

Menjaga jantung agar terhindar dari penyakit jantung sejak dini itu sangat penting, pembaca. Meskipun kamu masih muda, bukan berarti kamu nggak punya potensi untuk mengalami penyakit jantung, loh! Untuk itu, yuk bareng-bareng jaga jantung kita mulai dari sekarang!


Yo, pembaca! Seringkali kita meremehkan penyakit-penyakit yang berbahaya, seperti halnya penyakit jantung. Alasannya karena mungkin kita masih muda, jadi mana mungkin bisa kena penyakit jantung? Itu pikiran kita.

Namun sayangnya, kenyataannya tidak seperti itu loh, pembaca. Usia tidaklah bisa di jadikan jaminan, kapan seseorang akan kena sebuah penyakit berbahaya. Karena, di sekitar kita juga banyak anak muda yang sudah mengalami penyakit jantung.

Hal ini di sebabkan tekanan darah tinggi dan juga kolesterol yang tinggi, akibat mengonsumsi makanan yang kurang gizi, kurang seimbang, bahkan terkesan sembarangan. Nah, sejauh ini gimana pola makan kamu?






Selain makanan, olahraga itu sangatlah penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Tentu saja kita sudah tau hal ini sejak dari SD, kan? Bahwasanya kalau mau sehat, ya olahraga!

"Pencegahan penyakit jantung ini sangat penting dan harus sedini mungkin kita mulai. Salah satunya melakukan olahraga ataupun senam yang rutin seminggu 3-5 kali," kata Hang Rahardjo, Instruktur Yayasan Jantung Indonesia Cabang Jakarta Timur, pada acara Gebyar Jantung Sehat di Gedung Walikota Jakarta Timur baru-baru ini, melansir detik.com (1/5/2018).


"Selain itu setelah olahraga, kita bisa lakukan pengecekan denyut nadi, jika sudah naik berarti dikurangi supaya olahraganya seimbang," tambahnya.





Pembaca! Menjaga kesehatan jantung sejak dini sangatlah penting, loh! Apakah kamu mau di usia muda sudah memiliki penyakit jantung? Tentu tidak, kan? Maka dari itu, mulai sekarang kita perhatikan pola makan kita.

Selain pola makan, kita juga bisa melakukan hidup sehat lainnya. Dengan cara tidak begadang, tidak merokok dan tidak minum-minuman beralkohol serta jangan mengkonsumsi garam yang berlebihan. Tentu saja semua itu harus diimbangi dengan olahraga yang teratur.

"Baiknya remaja saat ini mulai menjaga tekanan darah dengan menjaga pola hidup sehat. Ketika mereka merokok, begadang, dan tidak berolahraga lama-kelamaan bisa terancam penyakit jantung dan pembuluh darah," Kata Fernandes Haposan Medical Partner Gebyar Jantung Sehat Rumah Sakit Columbia. Masih mengutip detik.com

Untuk kamu yang perokok, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan kamu merokok. Jika biasanya 1 hari bisa menghabiskan 2 bungkus, mulailah belajar untuk menguranginya menjadi 1 hari 1 bungkus. Atau lebih bagus lagi bila bisa berhenti merokok sekaligus. Dan kalau kamu bukan perokok, terus pertahankan dan jaga pola hidup sehat.






Terakhir, jangan lupa olahraga, ya!



Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon