Saturday, May 5, 2018

7 Manfaat Pisang Bagi Tubuh Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Ya halo pembaca! Kembali lagi di laman berita kesehatan Im4j1ner. Berita kali ini kita akan membicarakan pisang. Iya! Buah kuning yang panjang ini akan menjadi topik kita kali ini.


Manfaat pisang untuk tubuh


Pisang, bila mendengar namanya jadi terpikirkan kenikmatan rasa yang di hasilkan oleh buah yang satu ini. Bagaimana tidak? Selain bisa di makan langsung saat sudah matang, pisang juga dapat di olah menjadi berbagai macam makanan. Seperti pisang goreng, keripik pisang, bahkan bisa dijadikan bahan olahan kue juga.

Dan saya juga yakin, kamu pasti suka pisang juga kan?

Tapi terlepas daripada itu, kira-kira kamu tahu tidak manfaat dari buah kuning panjang ini? Kalau kamu belum tahu, mungkin setelah membaca ini kamu jadi makin suka dengan pisang. Atau mungkin juga buat kamu yang nggak suka pisang, jadi tertarik untuk memakannya.






Mengutip laman tribunstyle.com, yang juga melansir dari Bright Side, ada 7 manfaat pisang untuk tubuh kita jika di konsumsi sehari 2 buah, loh! Apa saja kira-kira? Berikut 7 manfaat pisang yang mungkin belum kamu ketahui.


1. Manfaat pisang untuk membalikkan tekanan arteri kembali normal


Mengutip Wikipedia, "Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. 

Fungsi ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh balik yang membawa darah menuju jantung."

Dan karena pisang mengandung sekitar 420 mg kalium. Maka pisang mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Sehingga tekanan arteri akan kembali normal.

2. Manfaat pisang untuk menurunkan berat badan (diet)


Pisang di percaya kaya akan serat. Selain itu, pisang juga mengandung sejenis pati yang mengurangi nafsu makan.

Sehingga bila kamu mengkonsumsi pisang, maka itu akan membuat kamu tidak mau makan apapun lagi. Jadi ini sangat bagus untuk membantu kamu diet. Daripada kamu diet dengan obat-obatan yang belum jelas kan?

Di samping itu, pisang juga dapat mengurangi tingkat gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

3. Manfaat pisang untuk menurunkan resiko anemia


Mengutip alodokter.com, "Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal."

Dan bila kamu mengkonsumsi pisang secara teratur sehari 2 buah saja, kemungkinan resiko anemia kamu bisa turun, loh!


4. Manfaat pisang untuk gangguan pencernaan







Karena tekstur buahnya yang lembut dan agak lembek, maka pisang mudah dicerna dan tidak mengiritasi saluran gastro-intestinal.

Pati resisten yang terkandung dalam pisang tidak dicerna dan berakhir di usus besar di mana ia berfungsi sebagai media nutrisi yang efektif untuk bakteri sehat.

Pisang bisa dimakan ketika seseorang memiliki gastritis dan mulas.

Mereka mengembalikan mineral yang hilang ketika seseorang menderita diare.

5. Manfaat pisang untuk menurunkan tingkat stres


Bila kamu sedang stres, jangan ragu lagi untuk makan pisang. Karena selain enak, pisang juga di percaya dapat menurunkan tingkat stres seseorang loh. Karena pisang dapat meningkatkan mood seseorang yang buruk.

Hal ini di karenakan pisang mengandung tryptophan, yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menerima serotonin ( "hormon kebahagiaan").

Rata-rata, setiap pisang mengandung sekitar 27 mg magnesium.

Mineral ini bertanggung jawab untuk menghasilkan suasana hati yang baik dan tidur yang sehat.

6. Manfaat pisang untuk mengisi defisit vitamin Anda


Pisang itu kaya akan vitamin B6. Rata-rata, satu buah pisang itu mengandung sekitar 20% dari kebutuhan harian vitamin B6.

Ini membantu tubuh memproduksi asam insulin, hemoglobin, dan amino yang diperlukan untuk penciptaan sel-sel sehat.

7. Manfaat pisang untuk meningkatkan energi


Pisang juga mengandung kalium. Kalium yang terkandung dalam pisang mampu melindungi otot dari kram.

Selain itu, pisang juga mengandung karbida. Dan tugas karbohidrat disini adalah menyediakan energi yang cukup untuk bertahan dalam latihan yang berat.






Nah, itulah 7 manfaat pisang yang mungkin belum kamu tahu. Sekarang kamu sudah tahu. Apakah akan makan pisang setiap hari?






Sumber: tribunstyle.com, Wikipedia.com, alodokter.com




Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon