Saturday, May 5, 2018

Inilah Makanan Penyebab Bau Mulut Saat Puasa! Jangan Dimakan Saat Sahur

Ya halo pembaca! Kembali lagi di laman berita Im4j1ner. Berita kali ini berkaitan dengan kesehatan. Yaitu beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut. Hmmm... Apa saja ya?

Gambar: Pepsodent bau mulut


Penyebab bau mulut saat berpuasa


Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan. Itu artinya, kita sebagai umat muslim berkewajiban menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Namun saat menjalankan ibadah puasa, ada kalanya kita terganggu dengan bau mulut kita sendiri. Padahal di hari-hari biasa tidak bau, entah mengapa saat puasa kok sering bau. Kenapa kira-kira?

Tidak perlu khawatir! Karena yang mengalami bau mulut saat puasa bukan hanya kamu saja, kok. Pasalnya, orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, mulutnya kebanyakan pasti bau. Hal tersebut lantaran asam lambung yang naik. Itu menurut ahli gizi, Dr. Jovita Amelia.






Makanan penyebab bau mulut


Dr. Jovita menyarankan saat sahur nanti hindari memakan makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan yang mengandung gas, contohnya sayuran kol atau kubis.

"Kol itu makanan bergas yang dapat meningkatkan asam lambung, maka harus dihindari untuk mencegah bau mulut yang menyengat," kata Jovita. Melansir tribunnews.com. (5/5/2018).

Menurutnya, kol itu mengandung zat riffinose yang tinggi, yang merupakan sejenis gula dengan kandungan karbohidrat kompleks.

Zat tersebut akan sulit dicerna oleh lambung, sehingga akan menyebabkan asam di lambung dan menimbulkan gas yang dikeluarkan melalui mulut.

Selain kol, Dr. Jovita juga mengungkapkan ada beberapa makanan lainnya yang dapat menyebabkan bau mulut. Seperti gorengan, ubi, dan sawi.

"Hindari juga gorengan dan makanan bergas lainnya seperti ubi dan sawi agar asam lambung tidak meningkat," tambah Jovita.

Gimana? Sudah paham kan makanan apa saja yang buat mulut kamu bau saat puasa? Kalau nggak mau bau, coba deh hindari makanan-makanan di atas. Dan jangan lupa juga, tetap konsumsi air putih yang cukup.








Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon