Saturday, May 5, 2018

2 Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Benar-benar Bekerja Ampuh

Ya halo pembaca! Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tips buat kamu yang juga merupakan seorang blogger untuk mendongkrak trafik blog kamu yang view perharinya sangat-sangat sedikit. Ya dari mulai puluhan hingga ratusan saja.

Meningkatkan trafik blog

2 Cara Meningkatkan trafik blog


Umumnya, seorang blogger pasti sangat menginginkan trafik blognya tinggi. Selain untuk kepuasan diri sendiri karena tulisannya di baca banyak orang, juga tak lain adalah agar mendapatkan pendapatan dari iklan yang lumayan besar (tentunya untuk blog yang sudah di pasangi iklan).

Maka dari itu, para blogger selalu dan selalu mencari cara agar trafik blog nya terus meningkat setiap harinya. Tak peduli itu junior maupun senior. Pokoknya, trafik blog harus tinggi! Begitupun juga saya pribadi. Lalu, bagaimana caranya agar trafik blog naik? Jawabannya ada dua cara.

Sebetulnya, banyak sekali di luaran sana para blogger yang memposting hal serupa seperti artikel ini. Yaitu cara meningkatkan trafik blog. Namun, tetap saja kebanyakan blogger baru belum puas. Untuk itu kali ini saya pun ingin memberikan tips yang serupa. Namun, tentu saja sesuai yang sudah saya praktekkan dan berhasil.

Ada dua cara untuk meningkatkan trafik blog. Diantaranya, gratis dan berbayar. Tinggal kamu pilih yang mana yang sesuai dengan minat kamu. Tapi disini saya akan terangkan kedua cara itu dengan tulisan yang sederhana agar kamu bisa paham.





Meningkatkan trafik blog dengan cara gratis


Untuk cara meningkatkan trafik blog dengan cara gratis, sebenarnya sudah umum di tulis oleh para master di luaran sana. Dan caranya ada yang sulit dan ada juga yang cukup mudah, namun berhasil. Berikut cara yang bisa kamu praktekkan.

1. Buat konten yang benar-benar berkualitas


Hal pertama yang harus selalu kamu perhatikan agar trafik blog kamu meningkat adalah, buatlah konten yang benar-benar berkualitas. Apa maksudnya konten yang berkualitas? Konten yang berkualitas itu meliputi: originalitas, gaya bahasa yang nggak ribet agar mudah di pahami pembaca, tidak bertele-tele (muter-muter), tidak terlalu singkat, banyak mengandung informasi agar pembaca mendapat lebih banyak pengalaman setelah membaca tulisan kita, dan jangan copy paste! Kecuali jika kamu membutuhkan referensi. Tapi jangan lupa juga untuk menyertakan sumbernya.

Itu adalah cara dasar membuat konten yang berkualitas. Tentu saja bukan itu saja! Masih ada banyak hal-hal yang meliputi konten yang berkualitas lainnya. Intinya konten atau artikel yang kamu sajikan, harus bisa membuat pengunjung blog kamu betah berlama-lama menghabiskan waktu di blog kamu. Dengan begitu, akan memunculkan daya tarik tersendiri untuk pengunjung membagikan artikel kamu ke teman-temannya ataupun media sosial lainnya. Bukankah itu akan membuat trafik blog kamu tinggi?





2. Usahakan agar postingan kamu selalu muncul di halaman pertama google dengan optimasi SEO


Para master yang sudah sukses atau sudah bisa gajian tiap bulannya dari blog yang mereka kelola, selalu mewanti-wanti agar kita selalu menerapkan SEO, itu bertujuan agar blog kita tampil di halaman pertama Google. Tidak perlu sampai di posisi pertama Google, asal masuk halaman pertamanya saja, itu sudah lumayan bagus! Tapi kalau bisa, harus berada di posisi pertama Google!

Kenapa postingan blog harus muncul di halaman pertama Google? Logikanya gini. Mesin telusur internet yang kebanyakan orang gunakan untuk mencari sumber informasi atau refrensi, apa? Pasti jawabannya Google, kan? Itulah alasannya mengapa postingan kamu harus berada di halaman pertama Google.

Karena ada sangat banyak orang yang memposting hal serupa, maka tidak akan mungkin pengunjung sampai mencari ke halaman 100 Google. Paling tidak cukup sampai halaman 2 dan 3, itupun kalau di halaman pertama tidak ada yang memuaskan hati mereka.

Jadi mulai sekarang, jangan males belajar SEO bila ingin trafik blog kamu tinggi. Kecuali jika kamu membuat blog tentang berita. Maka tidak harus belajar SEO.





3. Buatlah judul semenarik mungkin

Masih banyak diantara blogger baru yang selalu menyepelekan judul. Karena faktanya, meskipun kamu membuat artikel semenarik mungkin, kalau judulnya jelek, orang-orang enggan mengklik tautan atau postingan kamu. Kalaupun ada, paling cuma beberapa orang. Karena yang di lihat calon pengunjung pertama kali adalah judul, bukan postingan. Kalau judulnya mampu mensugesti calon pengunjung, maka tanpa ragu mereka akan mengklik postingan kita, yang artinya mereka akan menjadi pengunjung blog kita. Tapi kalau judulnya kurang menarik? Tahu sendiri kan jawabannya?

Bagaimana sih cara membuat judul yang menarik? Untuk memutuskan sebuah judul, kadang blogger yang benar-benar serius, mereka akan memikirkan judul yang tepat dalam waktu yang cukup lama. Bahkan mungkin bisa melebihi waktu mereka menulis artikel.

Meskipun di haruskan membuat judul yang menarik, bukan berarti kamu boleh menerapkan sistem clickbait, atau memancing calon pengunjung dengan judul yang heboh tapi sebenarnya isi artikelnya berbeda jauh atau biasa saja atau bahkan tidak ada kaitannya samasekali dengan isi artikel. Kalau kamu melakukan itu, siap-siap saja blog kamu akan jadi sepi pengunjung.

Lain halnya bila kamu menggunakan sistem clickbait yang relevan dengan isi konten. Dengan begitu pengunjung tidak merasa kecewa dan nyesel sudah buang-buang waktu di blog kamu. Jadi, jika ingin menggunakan clickbait, usahakan agar sesuai dengan isi konten. Dan kalau bisa, jangan terlalu berlebihan.




4. Share postingan blog kamu ke beberapa media sosial

Saat ini hampir semua orang setiap harinya menghabiskan waktu mereka di media sosial. Entah itu hanya sekedar membuat status atau semacamnya. Yang jelas, kamu bisa memanfaatkan itu untuk keperluan promosi blog kamu.

Meskipun saya bilang seperti itu, bukan berarti kamu dengan seenaknya membagikan link atau tautan postingan blog kamu secara berlebihan (nyepam). Karena semua itu ada "rule-nya" yang harus di perhatikan. Kalau kamu nyepam, itu hanya akan membuat teman-teman di media sosial kamu merasa risih sama kamu. Yang ada mereka nanti malah mem-block akun media sosial milik kamu. Untuk itu, kamu harus perhatikan etikanya.

Maksud nyepam disini adalah, setiap kamu share postingan blog kamu, kamu selalu menandai teman-teman di media sosial kamu, atau selalu mengirimi mereka pesan pribadi (direct message) degan isi tautan ke postingan blog kamu. Itu jelas-jelas sangat menggangu mereka. Untuk itu, kamu harus tau etikanya.






Dalam hal ini, saya lebih menyarankan kamu untuk membuat sebuah halaman pribadi khusus share postingan blog kamu. Saya sarankan kamu untuk membuat Facebook fanpage, lalu menyematkannya di laman blog kamu. Itu lebih baik menurut saya.

Itulah cara mendongkrak atau meningkatkan trafik blog secara gratis. Tentu saja bukan hanya keempat di atas saja. Sebenarnya masih ada cara lainnya. Tapi untuk kamu yang masih pemula, ada baiknya menerapkan cara di atas dulu. Karena itu langkah dasarnya.

Yang harus kamu ingat bila mengikuti cara yang gratis, kamu harus sabar dengan prosesnya. Karena perbedaan gratis dan bayar itu memang sudah sangat jelas, bukan? Lalu, kalau yang bayar gimana?

Meningkatkan trafik blog dengan cara berbayar



Untuk cara yang berbayar ini, tentu saja kamu harus mengeluarkan uang. Meski begitu, sebagai gantinya blog kamu akan mendapat trafik yang tinggi dengan cara yang cepat. Lagipula kalau memang kamu ingin lebih profesional, nggak ada salahnya kan mengeluarkan uang untuk blog kamu? Ya walaupun ada cara yang gratis agar dapat trafik yang tinggi, tapi bukan berarti kamu merasa di bodohi dengan cara ini.

Pasalnya, ada banyak juga master yang menggunakan cara ini. Itu semua agar mereka mendapat pengunjung baru dan tentu saja agar trafik blog mereka jadi meningkat jauh dari yang sebelumnya. Dan kalau boleh jujur, saya juga kadang-kadang mengeluarkan uang untuk keperluan promosi.

Masalahnya blog saya belum menghasilkan uang. Selain itu pendapatan saya pas-pasan. Kan sayang. Kalau itu pertanyaan kamu, saya kasih tau sama kamu. Walaupun saya kadang-kadang mengeluarkan uang untuk keperluan promosi, bukan berarti saya memiliki uang yang banyak. Saya paling cuma mengeluarkan uang 10rb, untuk keperluan promosi selama satu hari saja. Selanjutnya nanti kalau ada uang lebih lagi.

Terlepas dari itu semua, saya memang ingin menjadikan blog saya lebih profesional. Maka dari itu saya tidak ragu sesekali mengeluarkan uang untuk keperluan blog saya. Karena saya menyukai blog saya, jadi apa salahnya berkorban? Iya nggak?

Untuk masalah ini, bila kamu ingin mempraktekkannya, saya sarankan untuk menggunakan Facebook ads. Karena dengan Facebook ads, kamu bisa mempromosikan blog kamu cukup dengan uang 10rb saja perharinya. Tentu saja, anggaran bisa kamu atur sendiri.

Itulah dua cara untuk meningkatkan trafik blog. Sekarang tinggal terserah kamu mau pilih yang mana? Atau mungkin kamu punya cara yang lain? Silahkan di praktekan! Karena setiap orang itu memiliki caranya masing-masing dalam mengelola sesuatu.









Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon