Wednesday, May 9, 2018

Blog Terbaik Itu Seperti Apa Sih?

Ya halo pembaca Im4j1ner! Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai blog terbaik. Soalnya banyak yang bertanya mengenai seperti apa sih blog terbaik itu? Untuk itu saya akan jelaskan disini!

Blog terbaik

Setiap blogger, pasti menginginkan blognya menjadi salah satu blog terbaik di negerinya atau mungkin di dunia. Alasannya karena biar terkenal dan mendapat banyak uang (alasan saya).

Bila kamu pun demikian, pasti kamu juga sering bertanya-tanya "gimana sih caranya biar blog saya menjadi blog terbaik di dunia?"  Jawabannya simpel! Yaitu, perasaan kamu gimana dalam menjalani kehidupan sebagai seorang blogger? Apakah menyukainya, atau apakah karena biar dapat uang yang banyak saja dari blog?

Loh, bukannya wajar ya bila ingin dapat uang dari blog? Ya wajar saja sih. Toh itu hak kamu untuk memilih memonetisasi blog kamu atau tidak.






Yang jadi permasalahannya adalah, ketika seseorang melakukan sesuatu atas dasar uang ataupun  ingin seperti orang-orang yang sudah sukses, itu tidak akan bisa! Alasannya karena, yang ada di dalam hati kamu itu hanya ambisi dan obsesi! Jika seperti itu percaya atau tidak, pasti di tengah jalan kamu akan menyerah.

Contohnya saja saya. Pertamakali saya ingin menjadi blogger, alasannya biar dapat uang yang banyak. Saya pun semangat sekali untuk belajar ngeblog, mencari tips-tips biar blog saya banyak di kunjungi serta agar blog saya menjadi blog terbaik. Tapi itu tidak berlangsung lama. Karena blog saya gitu-gitu aja dan nggak di terima-terima Google AdSense, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti.

Dan alasan kenapa saya kembali lagi ngeblog, karena saya sudah kehilangan arah, mau ngapain lagi kalau nggak ngeblog. Dan secara tidak sadar, kecintaan saya pada kegiatan ngeblog pun muncul lagi. Dan kini, Im4j1ner siap untuk menjadi salah satu blog terbaik di Indonesia. Hahahahaha...

Ya walaupun saya bilang begitu, blog saya masih belum ada apa-apanya di bandingkan yang lain. Tapi daripada mengurusi untuk mencoba menjadikan blog ini blog terbaik, saya lebih memilih untuk tetap fokus pada pembaca Im4j1ner saja. Dengan membuat artikel-artikel yang menarik dan semoga bisa di jadikan sebagai sumber referensi.

Nah tanpa banyak curhat lagi, saya akan memberikan contoh kepada kamu tentang ciri-ciri blog terbaik yang ada di internet. Tentu saja, ini hanya pendapat saya saja. Kalau pendapat kamu berbeda, bisa di ungkapkan di kolom komentar.

Ciri-ciri sebuah blog menjadi blog  terbaik







1. Selalu mengutamakan kepuasan pengunjung

Ciri-ciri yang pertama, ialah selalu mengutamakan kepuasan pengunjung. Dengan kata lain, si pemilik blog selalu fokus pada konten yang akan di suguhkan ke pembacanya.

Biasanya, seorang blogger yang hanya mengejar recehan dari AdSense, ia sering tidak mempedulikan kualitas kontennya. Sehingga kepuasan pengunjung pun terabaikan. Padahal, kunci dari itu semua salah satunya adalah kepuasan pengunjung.

Nah, bila kamu ingin blog kamu menjadi blog terbaik, nilailah dulu kualitas konten kamu! Tidak perlu mencari-cari tools untuk menguji konten kamu. Cukup kamu amati dengan baik konten kamu layaknya seorang pengunjung yang sedang mencari konten yang mereka cari. Dengan begitu, kamu akan mengerti apa yang di butuhkan pengunjung.

Namun, meskipun hal ini terdengar mudah, pada kenyataannya sangat sulit untuk di lakukan. Alasannya mungkin karena pengen buru-buru punya artikel dengan jumlah yang banyak, dan agar makin banyak visitor. Tapi yang terjadi, konten yang di suguhkan tidak seperti yang di harapkan pembaca. Akhirnya visitor pun males mengunjungi blog kamu lagi, jika suatu saat nemu url blog kamu.

Untuk itu, mulailah membuat konten yang benar-benar membuat pengunjung blog kamu puas!

2. Memberikan lebih banyak informasi






Ciri yang kedua, adalah memberikan lebih banyak informasi kepada pengunjung blognya. Dengan begitu, selain pengunjung merasa terbantu karena masalahnya terselesaikan, pengunjung juga akan mendapatkan pengalaman yang baru (informasi yang banyak) setelah mengunjungi blog tersebut.

Bukankah saat ini sudah sangat jarang blog-blog yang seperti itu? Kalaupun ada, sudah pasti blog tersebut milik seorang master yang blognya sudah di kategorikan sebagai blog terbaik.

Maka dari itu, kalau kamu pun mau blog kamu menjadi salah satu blog yang terbaik, cobalah membuat konten atau artikel yang memiliki banyak informasi penting didalamnya!

3. Konsisten update konten

Ciri yang selanjutnya adalah, konsisten update konten. Kenapa harus tetap konsisten update konten, padahal pengunjung setiap harinya tetap banyak? Karena, pemilik blog terbaik tidak akan berhenti memberikan informasi-informasi yang baru untuk pengunjungnya!

Dalam kasus ini, hampir mirip dengan ciri yang kedua. Yaitu memberikan lebih banyak informasi. Namun yang membedakannya adalah, jika di ciri yang kedua perbanyak informasinya di bagian konten atau artikel, tapi di ciri yang ketiga adalah di bagian laman blognya. Sehingga pengunjung tahu, kalau blog tersebut adminnya masih hidup (aktif). Jadi, tetap percaya dengan informasi yang di berikan.

Karena bagi saya pribadi, jika saat saya tertarik pada suatu blog, kemudian ingin berkomentar pada blog tersebut, saya lihat dulu keaktifan adminnya melalui homepage blognya. Karena biasanya ada tanggal terakhir konten di posting. Kalaupun tidak ada, saya lihat komentar-komentar pada postingnya, di situ juga biasanya ada tanggal terakhir admin membalas komentar.

Kalau ternyata tidak ada balasan dalam kurun waktu yang cukup lama, atau tidak ada tanda-tanda bahwa admin blog tersebut masih sering aktif ngeblog, saya pun jadi enggan berkomentar. Akhirnya saya pun jadi jarang berkunjung lagi. Alasannya, nggak ada informasi yang baru lagi, yang mungkin sangat saya butuhkan untuk refrensi.







Nah maka dari itu, usahakan kamu untuk terus konsisten update konten blog kamu. Kalaupun suatu saat kamu ada halangan yang memaksa kamu untuk tidak update dalam waktu yang lama, buatlah postingan yang memberitahukan hal tersebut. Sehingga pengunjung setia blog kamu tidak bertanya-tanya dan tidak khawatir.

4. Aktif balas komentar

Selanjutnya adalah aktif balas komentar. Coba kamu perhatikan blog-blog yang populer atau blog yang menurut kamu menjadi blog terbaik. Pasti mereka selalu aktif membalas komentar para pengunjungnya. Maka dari itu, blognya populer dan dinilai sebagai blog terbaik.

Mungkin untuk masalah aktif membalas komentar ada beberapa faktor yang membuat pemilik blog males untuk membalasnya. Seperti komentar spam, komentar tidak berkualitas (nice post, Pertamax, dan semacamnya). Untuk itu, sangat perlu untuk mengaktifkan mode moderasi pada komentar. Sehingga kamu bisa memilih komentar mana yang layak di tampilkan dan layak kamu balas.

Ketahuilah, dengan aktif membalas komentar para pengunjung blog kamu, itu akan membuat mereka memilih blog kamu sebagai salah satu blog yang terbaik. Karena seperti yang saya katakan di ciri yang pertama, yaitu memberi kepuasan pengunjung.







Nah, mungkin itu saja ciri-ciri blog terbaik menurut penilaian saya. Kalau ada yang kurang, bisa kamu tambahkan di kolom komentar.

Intinya, blog terbaik itu bukan berarti blog tersebut mempunyai trafik yang tinggi ataupun penghasilan yang banyak. Karena yang menilai suatu blog sebagai blog terbaik, adalah pengunjung blog mereka sendiri. Maka dari itu, tetap fokus pada kepuasan pengunjung.




Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon