Sunday, May 6, 2018

Apa Itu SEO Dan Apa Fungsinya Untuk Blog? Ini Penjelasannya Secara Singkat Dan Jelas

Ya halo pembaca! Kali ini kita akan membahas SEO. Apa itu SEO? Dan apa fungsinya untuk blog? Mari kita kebagian bawah!

Gambar: searchengineland.com

Apa Itu SEO?


Search Engine Optimization (SEO), merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk kepopuleran sebuah blog didalam sebuah arena mesin pencari, seperti Yahoo, Bing, dan terutama Google.

Dengan kata lain, SEO adalah sarana untuk mengantarkan sebuah postingan blog muncul di halaman pertama mesin pencari (dalam kasus ini adalah Google) terkait kata kunci yang di ketik pengunjung.

Jika postingan blog kita muncul di halaman pertama Google, itu artinya trafik blog kita akan berpotensi naik. Apalagi jika semua postingan kita masuk di halaman pertama Google semua, bisa-bisa blog kita akan menjadi terkenal.

SEO sendiri terbagi menjadi dua macam. Yaitu, SEO on-page dan SEO off-page.






Apa itu SEO on-page?


SEO on-page, merupakan SEO yang hanya memfokuskan pada bagian laman blog saja.

Dalam hal ini, pemilik blog akan lebih memperhatikan tampilan blog, loading blog, kualitas konten yang di sajikan, dan semacamnya.

Apa itu SEO off-page? 


SEO off-page, merupakan teknik SEO yang memprioritaskan pemilik blog untuk memperkenalkan blognya pada jaringan luas. Dalam hal ini pemilik tidak begitu memperhatikan loading blog, tampilan blog, serta kualitas konten.

Baginya, yang terpenting blognya banyak yang tahu dan banyak yang mengunjungi.

Namun, jika kamu ingin menerapkan teknik SEO untuk blog kamu, maka sebaiknya kamu gunakan kedua jenis SEO di atas (on-page dan off-page). Dengan begitu, blog kamu akan lebih terlihat profesional. Serta user friendly.

Fungsi SEO untuk blog


Jika kamu masih baru di dunia blogger, tentu kamu juga masih belum mengerti tentang kegunaan atau fungsi SEO untuk blog.

Sebenarnya, ini adalah tindakan wajib untuk para blogger yang menginginkan blognya agar banyak yang mengunjungi. Terkecuali jika blog kamu adalah blog berita harian. Sudah pasti teknik SEO tidak begitu di butuhkan.






Dengan menerapkan teknik SEO, maka postingan di blog kamu berpotensi akan muncul di halaman pertama Google.

Sementara itu kita tahu, bahwa Google adalah mesin pencari yang sangat populer untuk mencari sumber informasi di internet. Dan hampir semua orang menggunakannya.

Untuk itu teknik SEO sangat perlu di terapkan untuk keunggulan blog kamu di halaman mesin pencari seperti Google.

Jika semua postingan blog kamu muncul di halaman pertama Google, kamu tidak usah repot-repot promosiin blog kamu ke media sosial, teman kamu, pacar kamu, mantan pacar kamu, atau bahkan sampai nyepam di grup Facebook orang. Itu nggak perlu di lakukan.

Kamu cukup menulis konten yang berkualitas tinggi, dan kemudian terapkan teknik SEO nya, maka tinggal tunggu saja hasilnya.






Nah itulah penjelasan singkat mengenai apa itu SEO dan apa fungsinya untuk blog. Kalau belum paham, silahkan tanyakan di kolom komentar...




Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon