Halaman

    Social Items

Mengatasi Cegukan


Apa itu cegukan? Cegukan merupakan sebuah momen dimana otot-otot pada diafragma mengalami kejang atau kontraksi, sehingga saluran pita suara tertutup dan menimbulkan bunyi khas 'ceguk'.

Ya halo pembaca! Kembali lagi dengan Im4j1ner disini. Dan pada kesempatan kali ini ijinkan saya selaku pemilik blog keren ini untuk membahas mengenai cegukan, dan tips untuk menghilangkannya.

Saya tahu kok rasanya gimana pas lagi kumpul bareng teman-teman, tiba-tiba kita malah cegukan. Dan itu tuh mengganggu banget kan? Dan kadang juga membuat kita malu sendiri.

Sebenarnya bisa sih di atasi dengan meminum air hangat. Cuman karena kan sekarang lagi puasa, dan kejadiannya juga pas di siang harinya, jadi nggak mungkin kan untuk minum air hangat? Dan juga nggak mungkin juga harus nunggu adzan Maghrib dulu.

Jadi dengan kata lain, kita harus cari cara untuk menghilangkannya tanpa meminum air. Gimana tuh?

Nah sebelum itu, mari kita selidiki dulu penyebab cegukan.

Mengutip laman Tribunnews, cegukan bisa terjadi karena banyak udara yang masuk ke dalam tubuh, minum-minuman bersoda, makan terlalu cepat, atau karena reaksi otak yang merespon emosi tertentu (gugup, cemas, stres, bahkan terlalu bersemangat).

Nah emosi yang meluap itu bisa mengganggu syaraf yang menghubungkan otak dengan diafragma. Makanya timbullah cegukan.

Dan berikut Im4j1ner rangkum dari laman Tribunnews cara mengatasi cegukan tanpa harus meminum air hangat, kalau lagi puasa.

1. Tahan napas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menahan napas selama 10 detik melalui hidung kamu, kemudian hembuskan secara perlahan.

Kalau cegukan masih berlanjut, kamu bisa mengulanginya beberapa kali sampai benar-benar hilang cegukannya.

2. Cobalah bernapas didalam kantong kertas

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan bernapas didalam kantong kertas.

Caranya siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat, lalu tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung.

Pastikan hidung dan mulut tertutup kantong tersebut, lalu bernapaslah dalam kantong tersebut. Ingat! Harus secara perlahan (tenang).

Tujuannya salah supaya kita bisa menghirup karbon dioksida, sehingga otot-otot diafragma yang tadinya tegang akan lemas kembali.

3. Ambil posisi duduk sambil memeluk lutut

Untuk cara yang ketiga ini, kamu bisa ambil posisi duduk dengan kaki ditekuk, lalu peluk lutut sambil condongkan badan seperti mau meringkuk. Ya kayak orang lagi meratapi kehidupan. Kurang lebihnya begitu.

Tahan hingga dua menit, sehingga area diafragma akan lebih tertekan dan udara yang terjebak bisa keluar.

4. Pijat area ulu hati

Cara yang keempat ini sebenarnya merupakan cara alternatif, jika cara yang di sebutkan di atas tak kunjung berhasil, cobalah untuk memijat area ulu hati dengan ujung jari secara lembut, dengan durasi selama 20-30 detik.

Hal ini dilakukan agar otot-otot diafragma yang letaknya persis di bawah ulu hati (atas perut) dapat lebih lemas, sehingga kontraksi bisa lebih ditekan.

Nah itulah tips mengatasi cegukan tanpa harus meminum air. Sehingga kamu bisa melanjutkan puasa kamu. Sayonara cegukan!

4 Cara Mengatasi Cegukan Tanpa Harus Membatalkan Puasa

Mengatasi Cegukan


Apa itu cegukan? Cegukan merupakan sebuah momen dimana otot-otot pada diafragma mengalami kejang atau kontraksi, sehingga saluran pita suara tertutup dan menimbulkan bunyi khas 'ceguk'.

Ya halo pembaca! Kembali lagi dengan Im4j1ner disini. Dan pada kesempatan kali ini ijinkan saya selaku pemilik blog keren ini untuk membahas mengenai cegukan, dan tips untuk menghilangkannya.

Saya tahu kok rasanya gimana pas lagi kumpul bareng teman-teman, tiba-tiba kita malah cegukan. Dan itu tuh mengganggu banget kan? Dan kadang juga membuat kita malu sendiri.

Sebenarnya bisa sih di atasi dengan meminum air hangat. Cuman karena kan sekarang lagi puasa, dan kejadiannya juga pas di siang harinya, jadi nggak mungkin kan untuk minum air hangat? Dan juga nggak mungkin juga harus nunggu adzan Maghrib dulu.

Jadi dengan kata lain, kita harus cari cara untuk menghilangkannya tanpa meminum air. Gimana tuh?

Nah sebelum itu, mari kita selidiki dulu penyebab cegukan.

Mengutip laman Tribunnews, cegukan bisa terjadi karena banyak udara yang masuk ke dalam tubuh, minum-minuman bersoda, makan terlalu cepat, atau karena reaksi otak yang merespon emosi tertentu (gugup, cemas, stres, bahkan terlalu bersemangat).

Nah emosi yang meluap itu bisa mengganggu syaraf yang menghubungkan otak dengan diafragma. Makanya timbullah cegukan.

Dan berikut Im4j1ner rangkum dari laman Tribunnews cara mengatasi cegukan tanpa harus meminum air hangat, kalau lagi puasa.

1. Tahan napas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menahan napas selama 10 detik melalui hidung kamu, kemudian hembuskan secara perlahan.

Kalau cegukan masih berlanjut, kamu bisa mengulanginya beberapa kali sampai benar-benar hilang cegukannya.

2. Cobalah bernapas didalam kantong kertas

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan bernapas didalam kantong kertas.

Caranya siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat, lalu tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung.

Pastikan hidung dan mulut tertutup kantong tersebut, lalu bernapaslah dalam kantong tersebut. Ingat! Harus secara perlahan (tenang).

Tujuannya salah supaya kita bisa menghirup karbon dioksida, sehingga otot-otot diafragma yang tadinya tegang akan lemas kembali.

3. Ambil posisi duduk sambil memeluk lutut

Untuk cara yang ketiga ini, kamu bisa ambil posisi duduk dengan kaki ditekuk, lalu peluk lutut sambil condongkan badan seperti mau meringkuk. Ya kayak orang lagi meratapi kehidupan. Kurang lebihnya begitu.

Tahan hingga dua menit, sehingga area diafragma akan lebih tertekan dan udara yang terjebak bisa keluar.

4. Pijat area ulu hati

Cara yang keempat ini sebenarnya merupakan cara alternatif, jika cara yang di sebutkan di atas tak kunjung berhasil, cobalah untuk memijat area ulu hati dengan ujung jari secara lembut, dengan durasi selama 20-30 detik.

Hal ini dilakukan agar otot-otot diafragma yang letaknya persis di bawah ulu hati (atas perut) dapat lebih lemas, sehingga kontraksi bisa lebih ditekan.

Nah itulah tips mengatasi cegukan tanpa harus meminum air. Sehingga kamu bisa melanjutkan puasa kamu. Sayonara cegukan!

 

No comments

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁