Sunday, April 29, 2018

Kenapa Poin Indeks Akun UC We-media Saya Terus Turun Padahal Aktif Ngirim Artikel?

Yo pembaca! Akhir-akhir ini saya sedang di buat bingung oleh UC We-media. Pasalnya poin indeks akun UC We-media saya terus turun. Padahal saya sudah aktif mengirim artikel dan juga sudah berusaha membalas komentar-komentar dari para pembaca. Meskipun komentarnya nggak ada yang berkualitas sama sekali. 



Mungkin jika diantara kamu ada yang nulis di UC We-media atau yang biasa di sebut UC News pasti tau apa maksud saya di atas. Ya, selain menjadi penulis di blog ini, saya juga merangkap sebagai penulis di UC We-media. Tujuannya sih ingin menambah pengalaman saja dan juga coba-coba menjadi penulis berita.

Tapi sayangnya, itu nggak semudah yang di bayangkan. Susahnya sih bukan soal nulis artikel tentang beritanya. Yang susahnya adalah adaptasi dengan peraturan-peraturan yang di buat oleh pihak UC. Seolah-olah menekan para penulisnya untuk menyerah.

Ya saya paham. Itu semua demi menciptakan ekosistem yang lebih baik untuk UC News. Karena kita juga tau, hampir semua berita yang ada di UC itu kebanyakan clickbait. Kalau clickbait nya nggak nipu sih nggak masalah. Nah yang jadi masalahnya kalau clickbait nya nipu. Tentu saja itu bikin geram.

Yang saya maksud clickbait yang nggak nipu itu, judul yang di buat memang sesuai dengan isi kontennya, ya dibikin sedikit heboh sih bukan masalah selagi kontennya nggak menyimpang. Karena pembaca juga nggak kecewa kalau kontennya sesuai.

Loh, kenapa jadi bahas clickbait? Kita balik lagi ke pembahasan awal!






Kenapa poin indeks akun UC We-media saya terus turun? 

Sebelumnya akun saya memiliki poin indeks yang lumayan (70). Tapi tiba-tiba makin hari kok makin turun? Saya pun coba baca-baca di panduannya, dan menemukan beberapa tips untuk membuat poin indeks kembali naik. Lalu saya ikuti tips tersebut, dan ya lumayan bikin naik meski cuma 0,1.

Tapi di hari berikutnya kembali turun. Dan inilah yang membuat saya bingung! Padahal di situ tertulis untuk membantu meningkatkan poin indeks, salah satunya adalah dengan cara aktif mengirim artikel setiap hari, minimal satu artikel. Dan saya coba ngirim artikel perharinya. Tapi ternyata poin indeks tetap saja turun hingga 60.

Lalu saya tanya ke pihak UC terkait penurunan poin indeks yang terus menerus. Di jawabnya dengan detil, bahwa salah satu penyebab poin indeks saya terus turun adalah karena kurangnya interaksi dengan pembaca. Ya seperti membalas komentar dari para pembaca.

Setelahnya, sayapun berusaha membalas komentar dari para pembaca, meskipun komentarnya kadang nggak penting dan nggak berkualitas. Tapi saya coba membalasnya, meski terpaksa.

Sayapun membalas dengan komentar yang agak panjang, biar nilai interaktif nya bertambah (itu harapan saya). Ya walaupun komentarnya nggak perlu di balas, tapi saya coba membalasnya satu persatu. Itu semua demi poin indeks agar naik kembali. Tapi ternyata, percuma saja! Poin indeks tetap turun. Bahkan sekarang sampai 59. Huh.... Benar-benar merepotkan!


Lalu saya perhatikan poin-poin yang lainnya. Seperti profesionalisme, keaktifan, kualitas, dan pengaruh. Di situ persentase yang lumayan cuma kualitas dan keaktifan saja. Yang lainnya jelek. Okelah kalau interaktif saya jelek, saya juga sadar karena sebelumnya saya hampir tidak pernah membalas komentar dari para pembaca tulisan saya. Tapi kalau masalah pengaruh dan profesionalisme saya benar-benar tidak mengerti!

Tidak mengertinya bagaimana? Tidak mengertinya ya karena pada bagian "profesionalisme", saya sudah aktif ngirim artikel setiap hari selama beberapa minggu ini. Terus tidak menerbitkan artikel di media lain sebelum di terbitkan di UC News. Intinya saya sudah mengikuti tips yang di anjurkan. Entah mengapa cuma dapat nilai 44?

Lalu bagian "pengaruh", bagian pengaruh ini bersangkutan dengan ketertarikan pembaca terhadap artikel saya (itu yang di katakan pihak UC). Dari mulai mengklik judul, membaca isi kontennya, men-share, hingga berkomentar. Dan artikel saya lumayan mencukupi untuk itu. Tapi entah mengapa cuma dapat nilai 56?






Saya benar-benar nggak ngerti dengan peraturan yang di buat pihak UC. Alih-alih membuat penulisnya nyaman, malahan membuat penulisnya merasa kurang nyaman dengan peraturan yang di terapkan. Terlebih pendapatannya yang sangat kecil. Itu benar-benar tidak berimbang dengan peraturannya.

Ya memang, untuk mendapatkan pendapatan yang lumayan gede (katanya), harus memenuhi syarat tertentu. Masalahnya syarat yang di ajukan seperti menyuruh kita untuk menyerah.

Contohnya saja kasus saya di atas! Kelihatannya saja gampang. Tapi nyatanya, bukannya naik, poin indeks malah terus turun. Kan aneh?

Bicara pendapatan dari UC We-media yang kecil, ini nampaknya bukan kabar burung dari pihak-pihak yang di sakiti oleh UC We-media saja loh. Karena kenyataannya yang tidak menulis di UC saja mengatakan "itu namanya di kerjain UC ". Setelah di pikir-pikir, ternyata ada benarnya juga sih.

Coba aja bayangkan! View saya perharinya bisa nyampe 20rb. Tapi pendapatan yang di dapat dari view segitu paling gede sampai $1. Dan itupun sangat jarang terjadi. Paling sering ya 0, sekian, meskipun view nya gede. Sangat berbeda dengan pendapatan blog sendiri.

Pendapatan UC hari kemarin dan bulan kemarin

Screenshot di atas menunjukkan pendapatan kemarin dari jumlah view 20rb-an. Dan pendapatan bulan kemarin meskipun view nya ged

Iya saya tau, UC itu sebagai platform untuk para penulis lepas. Itu artinya kita cuma numpang di UC. Tapi ya setidaknya pembagian hasil iklannya sedikit agak gede lah. Biar membernya nggak merasa di anak tiri kan. Tapi ya, nggak tau juga sih bagi mereka-mereka yang udah sukses di UC.

Intinya tulisan ini cuma keluh kesah saya saja selama menulis di UC We-media. Saya sudah gonta-ganti akun sebanyak 3 kali. Dan itu semua karena akun saya di offline kan karena alasan yang kurang jelas. Seharusnya kalau saya melanggar, ada notifikasi dulu. Ini mah main offline aja. Udah mah pendapatannya udah hampir mau PO, akun malah offline. Kan bikin kesel! Udah berapa dollar yang hangus di UC?

Nah buat kamu yang juga nulis di UC, saya ucapkan banyak-banyak sabar aja kalau tiba-tiba ada masalah yang buat kamu kesel. Ikuti aja peraturannya. Siapa tau kamu bisa sukses seperti orang-orang yang di tampilkan di homepage UC We-media. Dan kalau kamu baru niat nulis di UC, bukannya saya melarang, tapi lebih baik pikirkan dulu aja baik-baik. Sampai jumpa di artikel berikutnya....




Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon