Sunday, February 25, 2018

Postingan Blog Hilang Di Homepage? Damai Berikut Penyebab Dan Cara Mengembalikannya

Oke balik lagi bersama Im4j1ner. Nah ga jauh-jauh yang akan dibahas berikut ini niscaya dialami dulu oleh saya gres diangkat jadi post wkwkw. Kali ini saya mengalami hal paling absurd dalam sepanjang sejarah saya menjadi author dan blogger yaitu postingan saya hilang. Hilangnya bukan dari mesin pencari, melainkan di homepage saya sendiri postingan saya tidak muncul, pusing kepala udah. Tenang-tenang saya googling dan saya nemu solusinya. kesannya saya putuskan akan saya review disini.


Oke balik lagi bersama author kita yaitu saya Gilang Aditya Postingan Blog Hilang di Homepage? Tenang Berikut penyebab dan cara mengembalikannya


Nah jadi saya ceritain kronologinya dulu sedikit, jadi waktu itu saya sedikit ingin tau bagaimana peforma post saya. jadi saya cek satu-satu kan melalui homepage kebetulan. Nah saya menyadari kok ada 3 postingan saya hilang. Langsung deh mode panik, nah eksklusif ikutin beberapa post orang lain terkait hal sama. Ada beberapa balasan dari para blogger mengenai wacana post yang hilang ini dan saya rangkum di postingan kali ini temen-temen.

Penyebab Post Blog yang hilang

1. Membuat Artikel dari Copy Paste microsoft word

Nah siapa yang sering menulis artikel dari microsoft word kemudian eksklusif di copy paste ke editor blog? Biasanya para blogger dan saya pribadipun sering menulis di microsoft word terlebih dahulu untuk melihat berapa banyak kata yang saya gunakan, apakah terlalu panjang atau terlalu sedikit isinya. Entah saya lebih menyukai jika mereview goresan pena saya di microsoft word dibandingkan di editor blogger.

Nah memang kenapa kok dapat kalo copy paste eksklusif ke editor blog dapat mengakibatkan tidak tampil di homepage?

Jadi microsoft word itu dapat dikatakan bukan sebuah text editor yang umum alasannya mempunyai format khusus untuk microsoft. Karena goresan pena di blog akan dibaca dalam format HTML, nah jika kita eksklusif copy paste goresan pena dari word ke editor blog maka format penulisan word tersebut sendiri otomatis terbawa ke editor blog dan mengakibatkan ketidaksinkronan sehingga blogger tidak dapat mengartikan aba-aba tersebut. Solusinya yaitu gunakan sebuah text editor menyerupai notepad, notepad++, atau bagi saya programmer php terbiasa memakai sublime text editor. 

2. Ukuran Homepage yang terlalu besar

Nah ini saya temukan dari blognya mas sugeng, nah mas sugeng ini salah satu blogger di Indonesia. Blog pun mempunyai sebuah peraturan, berdasarkan para blogger-blogger sebuah homepage blog ternyata mempunyai batasan ukuran. Rumornya sih 1Mb aja. Ini juga saya belum tau pasti, tapi saya sangat yakin google niscaya akan memblok jika ukuran homepage kita terlalu besar dengan sistem mereka.

Nah bagaimana cara mengatasinya untuk duduk kasus ini? Kita gunakan fitur di blog yaitu Jump Break. fitur ini untuk membatasi halaman yang akan ditampilkan di homepage. Walau di homepage kita ada fitur Readmore, tapi bagi kegiatan akan dibaca penuh juga walau tidak ditampilkan dilayar. Saya memakai fitur ini dan saya berhasil mengembalikan 1 post saya dari 4 post yang hilang.
nah berikut blog mas sugeng yang membahas hal ini.

Blog Mas Sugeng : https://sugeng.id/cara-mengatasi-postingan-yang-hanya-tampil-satu-di-homepage/

Cara Menggunakan Jump Break

1. Login ke blogger.

2. Masuk ke sajian "Pos".


Oke balik lagi bersama author kita yaitu saya Gilang Aditya Postingan Blog Hilang di Homepage? Tenang Berikut penyebab dan cara mengembalikannya

3. Klik "Edit" pada postingan.


Oke balik lagi bersama author kita yaitu saya Gilang Aditya Postingan Blog Hilang di Homepage? Tenang Berikut penyebab dan cara mengembalikannya

4. Kemudian masukkan "Jump Break". Biasanya saya menggunakannya sehabis paragraf pertama.


Oke balik lagi bersama author kita yaitu saya Gilang Aditya Postingan Blog Hilang di Homepage? Tenang Berikut penyebab dan cara mengembalikannya


5. Jika Sudah, Klik "Perbarui".

3. Penggantian Tema

Hal ini berkaitan dekat tadi dengan nomor 2, Mungkin tema kita terlalu berat menyerupai saya kemarin saya gres ganti tema blog ini dan 4 post saya hilang. Solusinya sih sama dengan nomor 2 yaitu memakai Jump Break. Atau dengan berat hati kembalikan temanya ke tema awal. Untuk kasus saya sendiri sih memakai fitur Jump Break dan menyerupai yang disebutkan tadi post saya dari 4 yang hilang kesannya muncul 1 jadi sisa 3 post yang hilang.

4. Post yang tumpang tindih

Yang terakhir ini merupakan akar permasalahan saya, disini ketika sebelum mengganti Tema blog saya telah mengatur bahwa hanya 5 post yang tampil di homepage saya. Dan ternyata hal itu mengakibatkan post saya tumpang tindih di tema yang saya gunakan ketika ini. Ada banyak blogger yang membahas hal ini, katanya hal ini terjadi alasannya terlalu banyaknya gambar yang kita gunakan untuk post blog. ya hal itu saya akui ada benarnya, alasannya hal yang saya bahas biasanya tutorial-tutorial jadinya saya menciptakan banyak gambar untuk postnya biar lebih terperinci dalam memberi tutorialnya. Akhirnya saya mengatur menjadi 7 post didalam homepage saya dan postingan saya semua telah kembali.


Cara Mengganti Total Post Yang Ditampilkan Di Homepage

1. Login ke blogger.

2. Masuk ke Menu Setting atau Pengaturan, kemudian pas kepingan Post ada show at most (entah apa versi indonesianya hehe) kemudian saya ubah menjadi 7. Tidak harus 7 sih, ini pengaturan blog saya saja milihnya 7.



3. Setelah Selesai kemudian klik Save atau Simpan Perubahan

Nah itu tadi hasil review saya, mengenai penyebab hilangnya postingan blog di homepage.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :


Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon