Saturday, February 10, 2018

Membuat Virtual Host Di Xampp

Ketemu lagi sob, baiklah kali ini aku akan membawakan tema Virtual Host, apa itu sih Virtual Host dan fungsinya sendiri. Kalau aku eksklusif memakai Virtual Host sangat membantu dalam coding terutama bila mempunyai banyak project akan gampang dalam terusan dan manajemennya. Yuk mari kita cari tau lebih lanjut apa itu Virtual Host.

Sebelum kita masuk kedalam Virtual Host ada baiknya kita mengenal dulu apa itu Apache.

Apa itu Apache?

Apache itu yaitu sebuah nama webserver. Nah webserver ini sendiri yaitu sebuah software atau perangkat lunak yang tugasnya adalah memberikan layanan berbasis data dan berfungsi mendapatkan seruan dari HTTP atau HTTPS pada klien dan mengirimkan kembali yang akhirnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Siapa sih kliennya itu? ya web browser kalian menyerupai Google Chrome atau Mozilla Firefox. Banyak hal yang direquest klien dan dikirimkan kembali dalam bentuk web dan isinya banyak isu yang terdiri dari gambar, teks, video, dan banyak lainnya. Nah jadi itu fungsinya dari software berjulukan Apache ini.
Nah kini sudah ada jadwal berjulukan XAMPP. nah isinya ada 4 jadwal diantaranya yaitu Apache yang akan kita bahas kini ini dan fitur dari Virtual Host.
Baca Juga : GoSublime, Jadikan sublime text sebagai editor GoLang

Apa itu Virtual Host?

Virtual Host itu yaitu metode yang dipakai untuk merubah root dokumen menjadi url atau sebuah domain. Contohnya biasanya kita mengakses website yang sedang kita kerjakan di local biasanya kita akan mengetikan localhost/nama_project iya kan. Nah ini sanggup dijadiin nama domain temen-temen jadi namaproject.dev misal. Nah ini aku gunakan dikala aku bekerja dulu, dimana aku harus menyebarkan 2 website dari server yang masih berada satu jaringan di kantor. Agak sulit dimana didepan aku harus mengetikan ipnya dulu kemudian diikuti dengan dokumen rootnya dan itu cukup repot. Akhirnya solusinya aku memakai Virtual Host ini jadi aku tinggal mengakses 2 domain saja yaitu website1.lan dan website2.lan.
Baca Juga : Kenalan dengan GoLang yuk!

Bagaimana cara menciptakan Virtual Host?

Ada beberapa langkah dan peralatan yang harus disiapkan. Disini aku memakai Apache yang ada didalam XAMPP. Peralatan yang harus disiapkan selain Apache sendiri yaitu notepad. Buat apa notepad? buat editing scriptnya nanti atau boleh juga memakai editor lain menyerupai sublime text, notepad++, atau yang lainnya. Didalam tutorial ini aku memakai Windows 7 dan aku praktikan di localhost saya. 

1. Edit Hosts file

Nah dimana itu filenya? filenya terletak di C:\Windows\System32\drivers\etc. Cara buka filenya make notepad tadi itu. Bisa dengan cara buka notepad kemudian drag hosts filenya ke notepad. Kemudian tambahkan script menyerupai ini.
127.0.0.1 project.dev
Apa itu artinya? yang 127.0.0.1 yaitu localhost dan project.dev adalah nama domainnya. Seperti ini contohnya. Setelah selesai, save kemudian tutup filenya.
 baiklah kali ini aku akan membawakan tema  Membuat Virtual Host di XAMPP
Baca Juga : How To : Instalasi Driver OCI8 Pada XAMPP

2. Edit httpd-vhosts.conf

Nah ini edit di settingan Apache. Disini aku memakai XAMPP jadi filenya terletak di C:\xampp\apache\conf\extra. Nah tapi sebelumnya kita cek dulu apakah vhosts ini sudah aktif apa belum dengan cara lihat di httpd.conf yang terletak di C:\xampp\apache\conf. Buka file ini dengan text editor menyerupai notepad. Kemudian cari dengan fitur notepad script include conf/extra/httpd-vhosts.conf nah kemudian cek didepannya ada tanda # atau tidak, kalau ada tanda pagar maka hapus tanda pagarnya sehingga menjadi menyerupai ini.
 baiklah kali ini aku akan membawakan tema  Membuat Virtual Host di XAMPP

Kemudian sehabis itu gres kita masuk ke httpd-vhosts.conf. Lalu ketikan script berikut ini dan simpan. Saya biasanya meletakannya di paling bawah.

<virtualHost *:80>
DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/theme"
ServerName project.dev
ServerAlias www.project.dev
</VirtualHost>

 baiklah kali ini aku akan membawakan tema  Membuat Virtual Host di XAMPP


Nah mari kita bahas arti kode-kode tersebut. 80 memperlihatkan port yang dipakai oleh Apache. Disini aku memakai port 80. Kemudian ada DocumentRoot itu yaitu root directory web yang aku kerjakan dan ingin aku jadikan sebagai project.dev, alasannya yaitu aku memakai XAMPP jadi aku mengaksesnya ke folder XAMPP saya. Lalu ada ServerName dan ServerAlias, itu sesuaikan dengan konfigurasi di hosts, tadi sebelumnya aku menetapkan domain aku project.dev. Maka dari itu disini juga sesuaikan menjadi project.dev.
Kemudian restart service Apache. Setelah itu coba terusan dengan browser kalian.
 baiklah kali ini aku akan membawakan tema  Membuat Virtual Host di XAMPP
Nah menyerupai itu kira-kira cara pembuatan Virtual Host pada webserver Apache. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon