Wednesday, December 20, 2017

Kenalan Dengan Golang Yuk!

Bahasa Go atau Golang merupakan bahasa pemrograman gres yang sedang hype di kalangan developer tanah air. Mulai dari developer rookie hingga yang senior mulai beramai-ramai mengulik bahasa pemrograman ini. Banyak juga perusahaan yang sudah memakai Golang hingga tahap production, salah satunya Google.




Sebenarnya bagaimanakah Golang itu dan siapa foundernya?

Golang merupakan bahasa pemrograman gres yang dikembangkan di Google oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Golang sendiri dibentuk pada tahun 2007 dan gres mulai dikenalkan ke publik pada tahun 2009. Bahasa ini didasari C dan C++ pada dikala penciptaannya, sehingga gaya penulisan sintaksnya pun terbilang mempunyai banyak kemiripan.

Apa kelebihan Golang dibanding bahasa pemrograman lain?

1. Mendukung konkuresi (akses sistem secara bersamaan) di level bahasa dengan pengaplikasian yang cukup mudah.

2. Mendukung pemrosesan data dengan banyak proses dalam waktu yang bersamaan (parallel processing).

3. Memiliki garbage collector.

4. Proses kompilasi sangat cepat.

5. Bukan bahasa pemrograman hirarkial, sehingga developer tidak harus ribet memikirkan segmen OOP-nya.

6. Package yang disediakan cukup lengkap.Go merupakan bahasa open source sehingga aneka macam developer yang menyebarkan package/modul yang sanggup dimanfaatkan oleh developer lain.

Penasaran ingin mencoba Golang? Yuk coba install.

Berikut merupakan langkah instalasi Go pada Windows.

1. Download installer Go sesuai dengan bit PC/Laptop di link berikut.

2. Setelah terunduh, jalankan installer. Klik Next hingga proses instalasi selesai. Jika tidak mengubah path pada instalasi maka Go akan otomatis terinstall pada C:/Go. Path ini didaftarkan di Environment Variable secara otomatis dengan nama GOROOT.



3. Buka Command Prompt dan ketik go version untuk memastikan Go telah terinstall. Apabila muncul version dari Go pada command prompt, maka Go telah terinstall. Jika tidak mucul version dari Go, maka silahkan close jendela cmd, lalu buka kembali dan ketikkan kembali command tersebut.


Apakah Go sudah sanggup digunakan?

Sayangnya, belum. Terdapat satu tahapan lagi sebelum kita sanggup memulai aktivitas pertama kita memakai Golang, yaitu setting GOPATH pada Environment Variables.

1. Buka File Explorer, tentukan dan buat sebuah folder dimana kita akan menyimpan project Go yang akan kita kerjakan. Buat 3 sub-folder pada folder tersebut, yaitu bin, pkg, dan src.


2. Kemudian Computer klik kanan lalu pilih Properties, lalu pilih Advanced System Setting.






3. Pada jendela Sytem Properties, pilih tab Advanced, klik Environment Variables…




4. Klik button New pada bagian bawah (bukan yang atas), isi Variable Name dengan GOPATH dan variable value dengan path dimana kita akan menyimpan project Go kita tadi.



Selesai. Instalasi Environment Go kita sudah berhasil. Langkah selanjutnya yaitu menulis aktivitas pertama kita di Go.

Sekian goresan pena ini agar membantu pembaca dalam memulai mencar ilmu Golang.

Referensi :
https://dasarpemrogramangolang.novalagung.com/1-berkenalan-dengan-golang.html



Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon