Monday, October 16, 2017

Mengenal Perkembangan Komputer Generasi Pertama

Bertemu lagi sobat Repeatloop, kali ini saya membawakan topik mengenai materi kuliah saya ketika semester 1. Nah yang kita bahas kali ini adalah mengenai perkembangan komputer dari awal diciptakan sampai komputer pada generasi saat ini dimulai dari komputer generasi pertama.




Jenis-jenis komputer ketika ini


Komputer pada saat ini memiliki berbagai macam fungsinya, mulai dari untuk membantu pekerjaan, pendidikan, untuk hiburan seperti bermain game, menonton film dan yang lainnya. Menurut Wikipedia, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Namun secara luas komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerjasama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi dari program dan data yang tersedia.

Namun komputer pada permulaannya tidak sekecil, secanggih serta seringan seperti sekarang. Dalam pembagiannya sendiri ada 5 generasi dalamsejarah komputer. Kali ini kita akan membahasnya mulai dari generasi pertama.


Komputer Generasi Pertama


Komputer ENIAC yang merupakan salah satu komputer generasi pertama.


Generasi pertama komputer dimulai pada masa perang dunia kedua yaitu pada tahun 1941-1952, negara-negara yang terlibat perang ini mencoba membuat senjata canggih untuk memenangkan pertempuran. Mereka mengembangkan komputer untuk membantu dalam mendesain senjata.

Baca Juga : Cara Install Driver OCI8 pada XAMPP

Komputer generasi pertama mempunyai karakteristik berukuran sangat besar, serta menggunakan teknologi tabung vakum yang berukuran seperti lampu kecil. Namun tabung ini cepat panas dan mudah terbakar alasannya yaitu terbuat dari kaca. Diperlukan ribuan tabung vakum untuk mengoperasikan komputer generasi pertama yang menggunakan Bahasa mesin (Biner).

Ciri - ciri komputer generasi pertama dengan banyaknya tabung vakum.

Credit Image : Apa itu Komputer Eniac?
Pada masa ini juga diciptakan komputer untuk komersial pertama yaitu UNIVAC (Universal Automatic Computer I) yang dibentuk Remington Rand dan menggunakan model arsitektur Von Neumann.
Komputer UNIVAC I


Kira-kira itulah beberapa komputer pada generasi pertama yang kuat pada perkembangan komputer selanjutnya. Pada kesempatan berikutnya saya akan membahas komputer pada generasi kedua hingga generasi kini yang kita gunakan ketika ini.

Bila ada pertanyaan atau kritik saran sanggup eksklusif sampaikan di kolom komentar. Terima kasih banyak.

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon

Boleh CoPas, asal cantumkan url / link blog ini. Powered by Blogger.