Thursday, September 28, 2017

Smartphone Dan Featured Phone

Secara umum, telepon selular (mobile phone) atau disingkat ponsel atau juga sering disebut hape terbagi dalam dua jenis, yang pertama ialah yang disebut dengan Smartphone dan Featured phone. Saat ini, sebagian besar ponsel yang beredar dipasaran ialah ponsel dengan jenis smartphone. Lalu apa bedanya antara kedua jenis ponsel tersebut ?

Smartphone ialah ponsel yang di dalamnya telah tertanam sebuah sistem operasi (OS) dimana ponsel ini mempunyai kemampuan tidak hanya sekedar untuk komunikasi berupa bunyi (voice) dan mengirim atau mendapatkan pesan pendek (SMS / Short Message System), tetapi juga komunikasi data serta sanggup menjalankan aplikasi tertentu.

Featured phone ialah ponsel yang di dalamnya tidak disertai sebuah sistem operasi (OS) yang kemampuannya hanya sebatas untuk komunikasi bunyi (voice) dan mengirim/menerima SMS.

Untuk ponsel jenis featured phone ini masih banyak dijual dipasaran dan masih banyak pula yang menggunakannya dengan aneka macam pertimbangan yaitu hanya dipakai untuk keperluan komunikasi bunyi atau berkirim pesan SMS saja dan pertimbangan lainnya ialah konsumsi baterainya yang jauh sangat ekonomis dibandingkan dengan ponsel jenis smartphone.

Seperti apa sih featured phone itu?
 atau disingkat ponsel atau juga sering disebut hape terbagi dalam dua jenis Smartphone dan Featured Phone
contoh featured phone
Featured phone hadir dalam bentuk sederhana, selain bentuk menyerupai di atas yang disebut candy bar, ada pula berbentuk clam shell atau lipat. Harga jualnya tentu saja jauh sangat murah dibandingkan dengan harga smartphone, bahkan ada yang ditawarkan hanya Rp.100 ribuan saja.
Merk-merk apa saja yang menjual featured phone? 
Selain brand lokal menyerupai Mito, Advan, Evercoss , iCherry dll, ada juga pemain usang menyerupai Nokia yang masih menjual beberapa produk featured phone, salah satunya type Nokia C1681 classic.

Sementara untuk smartphone, selain OS android dan iOS (produk Apple) ada beberapa OS yang pernah atau bahkan masih dipakai pada ponsel atau hape, antara lain :
  • WebOS
  • Palm OS
  • Windows CE, windows mobile
  • Maemo
  • Symbian
  • Bada
  • Blackberry
  • iOS
  • Android
Untuk OS pada smartphone ini akan diulas sendiri dalam satu artikel tersendiri.

Lalu apakah Xiaomi memakai OS lain selain berbasis android pada jajaran produknya?
Seperti kita ketahui bahwa hampir semua jajaran produk Xiaomi memakai platform MIUI yang berjalan atau berbasiskan OS android, tapi ada produk Xiaomi yang memakai OS selain berbasis android, yaitu pada jajaran produk Mi Pad yang memakai OS windows mobile.


Sumber https://trendxiaomi.blogspot.com/

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon