Wednesday, April 12, 2017

Serba-serbi Cara Dapat Uang Dari Internet

Sumber: pixabay.com
Cari uang di Internet
Sampai saat ini, orang yang mencari uang melalui jaringan internet semakin banyak. Bahkan setiap harinya terus bertambah. Dan kebanyakan diantaranya adalah pelajar, mahasiswa, dan para freelance (pekerja bebas). Mungkin kamu salah satu diantaranya? Lalu, apakah kamu sudah dapat hasilnya? Atau kamu baru mau memulai nya? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah wacana untuk kamu yang tertarik mendapatkan uang dari internet secara gamblang. Ini bukan trik ataupun saran. Melainkan hanya sebuah refrensi bagaimana caranya mendapatkan uang dari internet? 




Pahami jalur mana yang mau di ambil? 

Ada banyak cara untuk kamu memulai mendapatkan uang dari internet. Diantaranya adalah:

  1. Pasang iklan di web / blog kamu dan channel YouTube.
  2. Menjadi penulis lepas.
  3. Menjual atau menawarkan jasa.
  4. Menjual produk.
  5. Ikut program affiliasi.
  6. Ikut program PPC (Pay Per Click).
  7. Survei online.
  8. Dan lain-lain. 

Melalui cara di atas, kamu dapat menghasilkan uang hanya dengan mengakses jaringan internet setiap harinya. Akan tetapi, kamu perlu menguasai triknya terlebih dahulu. Hal ini agar jalan kamu kedepannya jadi lebih mudah. Namun, mencari uang melalui internet, bukanlah langkah yang mudah dan bisa cepat membuat kamu kaya. Pasalnya, belakangan ini telah banyak para pemburu dollar yang terjun melalui internet. Terlebih masih banyak orang yang tidak mempercayai bahwa dengan internet bisa menghasilkan uang yang banyak. 

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan untuk kamu bisa menjadi kaya hanya dengan bermodalkan data internet saja. Ini membutuhkan keuletan kamu, kecerdasan kamu, dan strategi yang kamu terapkan untuk menghasilkan uang dari internet. 

1. Pasang iklan.
Jika kamu berniat memasang iklan di blog kamu, tentu kamu harus tahu bagaimana caranya agar blog kamu banyak di kunjungi. Dalam hal ini kamu memerlukan konten yang benar-benar berkualitas dan berpotensi mendorong orang untuk mengunjungi blog kamu. Jika semakin banyak orang yang berkunjung, semakin banyak pula orang yang akan melihat iklan di blog kamu. Dan sudah pasti, ada saja orang yang meng-klik iklan tersebut. Jika telah terjadi klik pada iklan, maka uang pun akan datang. Jadi, semakin banyak klik, maka semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan uang dari internet. 

Layanan pengiklan yang saat ini terus populer adalah Google AdSense. Ya, karena Google AdSense telah membuktikan bahwa telah banyak membernya yang berhasil menjadi jutawan. Selain di blog, kamu pun bisa menampilkan iklan​ AdSense di video kamu. Caranya dengan meng-upload video kamu ke YouTube. Telah banyak juga YouTuber yang telah sukses karena AdSense. Tentu saja, bila kamu memiliki blog dan channel YouTube, dan keduanya di tampilkan iklan AdSense, sudah di pastikan kamu dapat menghasilkan uang yang banyak. Akan tetapi, inipun harus perlu kesabaran. Karena yang terpenting adalah, ajaklah orang sebanyak-banyaknya untuk berkunjung ke blog ataupun channel YouTube kamu. 

2. Menjadi penulis lepas.
Jika kamu lebih memilih menjadi penulis lepas, maka kamu pun harus mengetahui bagaimana caranya menulis sesuatu yang menarik berdasarkan topik pembahasan yang telah di tetapkan. Ada banyak situs yang menyediakan para penulis lepas untuk menuangkan bakatnya menulis dan menghasilkan uang. Kamu tinggal pilih saja mana situs yang tepat untuk kamu berpartisipasi di dalamnya.

Dalam hal ini kamu tidak perlu mempunyai sebuah blog. Asalkan​ kamu bisa menulis dengan baik, menarik, dan tidak copy paste, maka peluang kamu mendapatkan job pun semakin banyak. Karena sampai saat ini, orang yang memiliki tujuan tertentu​ untuk sebuah bisnis yang di jalaninya, sangat membutuhkan jasa penulis lepas yang berbakat seperti kamu. Kamu harus bisa meyakinkan calon klien​ kamu dengan tulisan asli buatan kamu yang sangat menarik. Agar kamu dapat memenangkan saingan. 

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu mendaftar di beberapa situs yang mempertemukan antara orang yang mencari dan menawarkan pekerjaan. Jadi, di situs tersebut akan ada orang yang mencari penulis lepas untuk menuliskan suatu hal di websitenya. Ini biasanya adalah para pemilik perusahaan. Dan para penulis lepas nantinya akan mencari sendiri jenis pekerjaan yang cocok sesuai passion mereka. Situs yang paling populer seperti ini adalah freelancer, dan sribulancer. Dua situs ini bisa kamu andalkan untuk mencari uang. Disini juga tidak hanya mencari penulis lepas, tapi juga mencari para perancang desain web atau pembuat aplikasi. Jadi, tinggal pilih bakat kamu yang mana?

Atau bila kamu tidak suka bersaing, ada solusi yang bisa kamu pilih. Yaitu menulis di situs atau blog yang sedang mencari kontributor. Kamu coba saja menawarkan diri di berbagai blog yang sudah besar dan sudah di kenal banyak orang. Lalu buatlah perjanjian mengenai konten apa saja yang harus di tulis dan berapa bayarannya per artikelnya? Jika telah di sepakati, maka mulailah menulis. Atau mungkin kamu bisa memilih menulis di UC News dan juga BaBe. Ya, sekarang telah banyak orang yang juga menulis di dua situs tersebut. 

Baca juga: menulis di UC News

Menulis di BaBe

3. Menjual atau menawarkan jasa.
Cara ini biasanya di lakukan oleh orang-orang yang berbakat dalam membuat template website atau blog, membuat aplikasi, dan lain​ sebagainya. Jika kamu pun pandai membuat salah satu diantaranya, maka segeralah umumkan bahwa kamu telah membuka layanan penjualan ataupun penawaran jasa. Khususnya di bidang internet. Karena telah banyak orang yang sudah sukses hanya dengan menjual template rancangannya saja. Seperti yang kita tahu, setiap harinya banyak para blogger baru bermunculan. Itu artinya, semakin banyak pula kesempatan kamu untuk meraih untung yang banyak. 

Segeralah membuat website yang profesional, kemudian lakukan demo di webisite kamu. Yakinkan para pengunjung untuk mempercayai kamu dalam hal membuat template, aplikasi, dan sebagainya, sesuai keahlian kamu sendiri. Selain itu, jika kamu pandai membuat logo, kamu pun bisa menawarkan nya pada calon pelanggan kamu. Tapi untuk harganya kamu harus memasang harga yang lebih spesifik. Agar pelanggan tidak​ merasa kemahalan dan tidak terlalu kecewa, jika hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan. Dan layanilah komplainan mereka dengan baik. Agar mereka tetap puas dengan kerja keras kamu. 



4. Menjual produk.
Di era yang serba digital ini, telah banyak orang yang lebih memilih belanja menggunakan jasa aplikasi online. Hal ini di anggap cara yang lebih praktis dan tidak perlu keluar rumah. Oleh karena itu, bila kamu punya beberapa barang bekas, ataupun punya produk yang ingin di jual, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi jual beli online ini. Di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi yang semacam itu, dan saya yakin kamu pun pasti sudah mengetahuinya. Meski begitu, kamu pun harus tahu triknya agar barang yang kamu jual itu bisa menarik perhatian orang yang sedang mencari barang yang sama seperti yang kamu jual. 

Harus di ingat, para pesaing di bisnis online semakin banyak, dan itu berpotensi kamu akan mendapat banyak saingan. Jika kamu tahu caranya memasarkan barang melalui online, maka sebanyak apapun saingannya, kamu tidak akan khawatir. Mulailah cari sumber referensi mengenai strategi pemasaran online. Kamu pun tidak harus mengandalkan aplikasi yang telah tersedia saja, kamu bisa membuat situs jual beli online kamu sendiri dan khusus menjual barang-barang kamu saja. Atau mungkin kamu punya cara lain? Itu silahkan kamu yang urus. Yang terpenting kamu tahu caranya berbisnis online. 

5. Ikut program afiliasi.
Program afiliasi ini jika di dunia nyata bisa di katakan calo. Cuman bedanya ini menggunakan jasa internet, jadi bisa juga di sebut calo online. Caranya bagaimana? Caranya ialah kamu cari situs yang menyediakan affiliasi, setelah itu berpartisipasi lah di dalamnya dan mulai mempromosikan produk yang kamu minati. Situs seperti ini yang telah populer sejak dulu hingga sekarang adalah situs Amazon.com. Ya, situs itu situs affiliasi yang sangat populer. Atau kamu ingin situs affiliasi yang ada di dalam negeri? Kamu tinggal Googling saja. 

Jika kamu memilih langkah affiliasi, maka untuk bisa mendapatkan uang kamu harus benar-benar bisa caranya berpromosi. Silahkan kamu promosi dimana saja, entah itu di akun media sosial kamu ataupun di blog kamu sendiri. Tulislah sebuah artikel yang mereview produk yang kamu minati tersebut. Tulislah dengan kosa kata yang baik dan benar, serta jelas dan mudah di mengerti. Usahakan tulisan kamu benar-benar meyakinkan orang yang meminati produk yang sedang kamu review itu, agar orang tersebut membeli produk itu melalui link affiliasi kamu. Jika berhasil, maka kamu pun akan mendapatkan upahnya. 

Ingat! Bisinis online pun punya banyak saingan. Jadi, kamu harus benar-benar bisa meyakinkan orang banyak di setiap promosinya. Agar kamu pun dapat upah yang banyak juga. 

6. Ikut program PPC (Pay Per Click). 
Program PPC adalah program yang dimana anggotanya akan di bayar setiap melakukan klik pada iklan yang di sarankan. Program ini juga merupakan program yang sudah lama ada. Bayangkan, di setiap klik iklan kamu akan di bayar! Memang, bayarannya tidaklah mahal, mungkin di kisaran $0.001 - $1. Tergantung harga iklan yang telah di sepakati oleh pengiklan dan penyedia situsnya. Meskipun sangat sedikit, jika di kumpulkan akan banyak. Lagipula, kamu tidak perlu kerja berat-berat. Cukup klik iklan saja dapat duit. Jadi, cukup setimpal kan? 

Jika mengikuti program ini, tentu kamu harus mau meluangkan waktu kamu setiap harinya paling tidak 1-2 jam. Agar kamu bisa cepat gajian. Lagipula, daripada menghabiskan waktu hanya untuk nongkrong di media sosial yang belum tentu ada manfaatnya buat kamu, lebih baik menghabiskan waktu untuk klik iklan. Karena nantinya kamu bisa dapat duit (meskipun recehan). Situs PPC ini yang sangat terkenal adalah clixense. Ya, sampai saat ini penggunanya terus bertambah dan telah banyak member yang sudah meraup untung banyak. Untuk info lebih lanjutnya, silahkan Googling saja mengenai program PPC. 

7. Survey online. 
Mungkin kamu pernah dengar mengenai survey online? Atau kamu belum pernah dengar? Jadi survey online itu, adalah sebuah situs yang akan menanyai kita tentang beberapa hal mengenai produk yang sering kita beli, ataupun sebuah brand ternama. Survey ini nantinya akan di jadikan sebuah pandangan besar untuk perusahaan-perusahaan yang ada di luaran sana. Jadi intinya, semua pendapat kita akan menjadi sumber referensi untuk perusahaan yang baru berdiri ataupun perusahaan yang sudah lama berdiri. Setelah kamu berhasil menyelesaikan survey nya, nantinya kamu akan di bayar. Untuk bayarannya tergantung dari penyedia survey nya. 

Yang di sayangkan dari survey online adalah, kamu tidak bisa setiap hari bekerja menyelesaikan survey. Karena, tidak setiap hari akan ada survey yang datang. Ketika ada survey baru, biasanya anggotanya akan di beri notifikasi melalui email. Tapi, kamu tidak harus mengandalkan satu situs survey online saja. Ada banyak situs penyedia survey online, kamu bisa mendaftar sebanyak-banyaknya. Agar ketika yang satu tidak ada survey, masih ada survey dari situs yang satunya lagi. Jadi akan terus tetap berjalan. 

8. Dan lain-lain.
Selain 7 di atas, masih ada banyak cara mendapatkan uang dari internet. Seperti mengisi kode captcha di situs kolotibablo.com, ikut tradding forex, juga bisa melalui aplikasi Smartphone seperti whaff rewards, dan sejenisnya. Kamu tinggal pilih saja mana yang paling kamu minati dan sesuai passion kamu. Karena intinya, mencari uang di Internet itu bukanlah hal yang simpel dan instan. Tapi ada beberapa proses yang harus kamu lewati. Butuh kesabaran, keuletan, dan waktu luang kamu. Jika benar-benar ingin sukses hanya dengan mengakses internet, maka kamu tidak boleh cepat menyerah. Terus berusaha dan bekerja keras. Karena kerja keras itu tidak berlaku di dunia nyata saja, tapi di bisnis online pun sangat di sarankan. 




Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon