Tuesday, January 31, 2017

Mari Mengubah Dunia Facebook Dengan Berkarya Di Facebook

Dari sekian banyaknya media sosial di internet, nampaknya masih banyak penggunanya yang kurang memanfaatkan media sosial yang mereka pakai. Seperti halnya hanya membuat status tentang keluh kesah, berkoar-koar mengenai politik yang kurang bermanfaat dan yang lainnya. Padahal sebenarnya, mereka bisa memanfaatkan media sosial untuk karya mereka sendiri. Karena sekarang, para pemilik dan pengembang media sosial semakin serius untuk memanjakan penggunanya dengan aplikasi yang mereka buat. Seperti halnya di Facebook.

Dulu pertama kali munculnya Facebook, hanya untuk sebagai sarana berbagi cerita (status), foto, dan pesan pribadi melalui jaringan internet. Akan tetapi semakin banyaknya media sosial yang bermunculan, maka Facebook pun perlahan-lahan mengembangkan fiturnya. Ada yang di perbarui dan ada pula yang di tambahkan. Seperti halnya berbagi video dan Facebook Live. Jika sudah seperti itu, bukankah kita jadi bisa membuat kita menjadi semakin di kenal oleh banyak orang? Tentu saja dengan memamerkan bakat ataupun karya yang kita miliki.

Yang spesial dari Facebook

Dari eksistensinya, Facebook tidak kalah saing dengan media sosial yang lainnya. Meskipun dulu Facebook pernah di kabarkan akan kalah dari Twitter, tapi nyatanya yang di gosipkan akan bangkrut adalah Twitter. Saya tidak berbicara bangkrut sepenuhnya, tapi dari berita yang beredar, Twitter sedang mengalami masalah yang besar, sehingga banyak yang mengabarkan Twitter akan di jual ataupun di tutup. Tapi kita tidak pernah tau apa yang terjadi sebenarnya, karena sampai sekarang masih banyak pengguna Twitter yang bercuit di akun Twitter mereka.

Jika di bandingkan dengan Twitter, tentu Facebook memiiki sisi yang spesial menurut saya. Meskipun para publik figur banyak yang menggunakan Twitter dan tidak punya akun Facebook, tapi yang spesial dari Facebook tetap terjaga. Karena, Facebook tidak mengharuskan penggunanya untuk saling mem-follow, akan tetapi saling berteman. Sehingga bagi para pengguna yang hanya rakyat biasa, tentu bisa mendapatkan teman yang banyak tanpa harus populer terlebih dahulu.

Alasan kenapa para publik figur tidak menggunakan Facebook, kemungkinan karena pertemanan Facebook terbatas, kira-kira kurang lebih sampai sekitar 5k teman. Sehingga tidak mungkin bagi para artis yang fans nya sampai jutaan, menggunakan Facebook untuk Lebih dekat dengan fans nya. Tapi itu tentunya tidak bisa di jadikan alasan untuk Facebook harus kalah dari media sosial yang lainnya. Karena di Facebook, kita juga bisa di manjakan dengan fitur-fitur yang mereka sajikan. Dan tentunya, kita bisa berkarya di Facebook.

Berkarya dengan Facebook

Berkarya Dengan Facebook | Im4j1ner 


Bila kamu menggunakan Facebook sudah lama seperti saya, tentu kamu kadang merasa jenuh dengan Facebook kamu. Karena dari dulu hingga sekarang, meskipun banyak fitur yang di hadirkan, nyatanya Facebook tetap terasa garing atau tidak ada yang berkesan. Sehingga terkadang lebih memilih Instagram untuk mencari hiburan.

Jika kamu juga merasa begitu, pastinya kamu juga ingin membuat sesuatu yang baru di dunia Facebook, bukan? Jadi, tidak ada salahnya jika kamu punya karya yang bagus untuk di pamerkan, maka lakukanlah dengan mengupload nya di akun Facebook kamu, bisa dalam bentuk foto ataupun video. Terserah kamu sukanya yang mana? Dengan begitu, kamu bisa membuat dunia Facebook yang baru dan tentunya kamu bisa menjadi di kenal banyak orang dari karya kamu tersebut. Dan berikut sedikit referensi buat kamu yang ingin berkarya dengan Facebook.

# 1. Membuat komik strip

Kamu suka menggambar? Kalau begitu cobalah untuk membuat komik strip di Facebook kamu. Kamu bisa membagikan komik-komik yang sudah kamu buat sebagai status Facebook kamu. Ya tentu kamu juga bisa buat sebuah halaman Facebook khusus untuk komik-komik kamu yang kamu buat itu. Dengan begitu kamu bisa berbagi karya yang kreatif untuk teman-teman kamu di akun Facebook kamu. Yang perlu kamu ketahui, komik dari dulu hingga sekarang masih banyak peminatnya. Jadi ada kesempatan buat kamu menyalurkan bakat kamu. Siapa tahu nantinya kamu akan menjadi komikus yang terkenal dan komik kamu di angkat ke layar lebar.

Bukan hal yang tidak mungkin, karena semua itu bisa saja terjadi. Asalkan kamu dengan iklhas membuatnya, maka suatu saat akan ada hikmah yang kamu dapat. Lagi pula, itu adalah hal yang positif, dan pengguna Facebook lain yang berteman dengan akun Facebook kamu, tentunya akan merasa sangat terhibur. Siapa tahu nantinya kamu menjadi pionir yang akan membuat dunia Facebook menjadi lebih baru dan lebih berwarna lagi. Saat ini, media sosial telah menjadi tempat berita-berita hoax dan memprovokasi. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika kamu ingin berkarya di Facebook bukan?

# 2. Membuat web series

Jika kamu suka membuat video ataupun punya impian menjadi film maker, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat web series di akun Facebook kamu. Mungkin kebanyakan orang yang membuat web series lebih memilih mengunggahnya di YouTube. Tapi tidak ada salahnya jika kamu ingin mengunggahnya di Facebook kamu. Karena di Facebook juga kamu bisa menjadi terkenal, asalkan konten yang kamu buat bisa menghibur penonton yang menonton web series kamu.

Sedikit pengertian mengenai web series: web series itu, video berdurasi sekitar 10 menit dan isinya adalah sebuah cerita tentang beberapa orang yang berperan sesuai dengan skenario. Untuk genre nya kebanyakan komedi. Kamu bisa lihat videonya Raditya Dika yang "malam Minggu Miko"di channel youtube-nya, itu sedikit gambaran tentang web series. Kurang lebihnya seperti itu. 

Dengan membuat web series, kamu bisa sedikit demi sedikit mempelajari bagaimana caranya membuat sebuah film. Meskipun hanya berdurasi sekitar 5-10 menit, membuat web series itu butuh effort yang tidak sedikit. Karena tentunya kamu harus memikirkan skenario, pemeran, latar belakang, dan terutama kamera dan alat editing nya. Tapi jika kamu berusaha keras, maka suatu saat nanti kamu pasti akan mendapatkan jawaban mengenai karya kamu tersebut.

Mungkin juga kamu bisa mengunggahnya di Instagram. Tapi di Instagram, video kamu tidak boleh berdurasi lebih dari 1 menit. Jadi, bukankah lebih baik jika membuat web series di Facebook? Atau mungkin kamu berpikir tidak dapat uang jika upload nya di Facebook, berbeda dengan jika mengupload nya di YouTube? Jangan salah! Di YouTube juga kamu belum tentu bisa mendapatkan penonton yang banyak, dan juga butuh beberapa bulan untuk bisa dapat uang dari YouTube. Bahkan sampai tahunan. Di Facebook, kamu juga bisa mendapatkan uang. Siapa tahu saat web series kamu terkenal, akan ada pengiklan yang mau endorse kamu atau bayar kamu? Kita tidak pernah tahu kan?

# 3. Membuat cerpen

Kebanyakan orang, biasanya membuat cerpen itu untuk di taruh di blog, buku diary ataupun di buat ebook. Tapi jika kamu tak pandai membuat ebook ataupun malas mengurus blog, kamu bisa mengunggah cerpen kamu di Facebook kamu. Bukankah Facebook memberikan fitur catatan? Itu tentunya bisa kamu manfaatkan untuk tulisan kamu itu. Siapa tahu ada salah satu dari teman Facebook kamu yang bekerja di salah satu perusahaan penerbit buku-buku terkenal, lalu tulisan kamu menarik dan bisa jadi kamu akan di bayar untuk menulis. Ya, mungkin kamu menganggap itu delusi, tapi kita tidak pernah tahu kan?

Lagi pula, jika kita ingin berkarya, tidak sepantasnya kita mengharapkan imbalan terlebih dahulu. Jika kamu ingin berkarya, lakukanlah dengan ikhlas. Maka jalan rejeki akan terbuka. Toh banyak sekali orang yang tanpa sengaja mengunggah karyanya di sebuah media sosial, lalu mereka menjadi terkenal dan karyanya menjadi ladang usaha baginya. Kita tidak pernah tahu, kan?

Oleh karenanya, kalau kamu benar-benar ingin berkarya, maka lakukanlah dari hal yang paling sederhana. Seperti mengunggahnya di Facebook. Anggaplah itu sebagai awal kamu menitih karir, dan langkah awal mencari penggemar. Dengan begitu jika kamu terus konsisten, maka suatu saat kamu akan di kenal banyak orang dan banyak orang pula yang akan terinspirasi oleh kamu. Sungguh menarik, bukan?

Itulah sedikit referensi untuk kamu yang ingin mengubah dunia Facebook menjadi lebih berwarna. Tentunya kamu pun bisa mencari sendiri hal apa yang ingin kamu lakukan di Facebook kamu. Agar Facebook kamu tidak terus-terusan garing dan hanya membaca status galau teman-teman Facebook kamu. Mulailah dari kamu, dan orang lain akan melihat kamu, lalu mengikuti kamu. Mari kita buat Facebook kita tercinta menjadi media sosial yang lebih berwarna dan lebih bermanfaat dari sebelumnya. Tentu saja, semoga catatan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon