Friday, January 13, 2017

4 Cara Saya Mencari Inspirasi Untuk Menulis

Hai pembaca... Sebuah inspirasi memang sangat di butuhkan untuk seseorang yang ingin melakukan sesuatu, contohnya saja saya. Saya setiap ingin menulis artikel di blog ini, tentu sangat-sangat perlu sebuah inspirasi. Entah itu dari blog lain, entah itu dari keadaan di sekitar, atau bahkan dari pertanyaan di dalam diri sendiri. Pasti saya sangat memerlukan sebuah inspirasi.

Tak ayal, ketika tidak ada inspirasi, banyak blogger yang merasa putus asa atau tidak bergairah lagi dalam mengurus blognya. Itu semua di karenakan tidak adanya inspirasi yang mengalir di dalam pikirannya. Oleh karenanya, cegah hal itu sebelum terjadi. Supaya kita bisa tetap mengurus blog meski dalam keadaan tidak ada inspirasi. Apakah itu bisa? Ya, saya harapkan cara ini bisa di terapkan untuk siapapun.

Menilik lebih jauh tentang inspirasi



Inspirasi adalah sebuah pencerahan untuk seseorang yang sedang mencari referensi untuk suatu hal yang ingin di kerjakan nya. Ataupun suatu hal yang sederhana atau unik yang mampu membuat orang lain menemukan sebuah ide baru untuk pekerjaan yang di jalaninya. Tentu pernyataan di atas saya tidak mengambil dari Wikipedia ataupun KBBI. Itu semua saya definisikan berdasarkan pemikiran saya sendiri.

Inspirasi datang dari mana saja, tidak harus dari artis idola ataupun kerabat dekat kita, atau bahkan dari para ilmuwan terkenal. Inspirasi bisa saja datang saat kita tertidur, saat kita melihat bunga matahari, ataupun datang saat kita menginjak tahi ayam. Itu menunjukkan bahwa kita sebenarnya tidak akan pernah kehabisan inspirasi, bila kita mau mencari inspirasi itu sendiri.

Tapi bagaimana sebuah karya tercipta tanpa adanya inspirasi? Tentu itu adalah titik masalahnya. Dalam hal ini, kamu kesulitan menulis artikel, karena tidak dapat ide atau inspirasi. Maka kamu memerlukan inspirasi supaya kamu bisa bekerja. Bukan begitu? Namun sepertinya, itu tidaklah semudah yang di bayangkan. Terkadang, inspirasi datang dengan sendirinya. Terkadang juga tidak pernah datang sampai waktu yang lama.

Bila kasusnya seperti itu, tentu kita tidak bisa diam sendiri. Kita perlu mencari inspirasi itu supaya kita bisa berkarya kembali. Caranya? Caranya tentu dengan kita berusaha sebisa mungkin agar semangat kita kembali lagi. Jika semangat membara, maka inspirasi akan cepat datangnya. Dan di bawah ini sedikit catatan dari saya yang saya terapkan ketika inspirasi hilang.

1. Biarkan pikiran merasa bebas

Hal pertama yang sering saya lakukan ketika otak merasa buntu dan ide tak kunjung datang karena inspirasi tidak ada, maka saya membiarkan pikiran saya terbuka sehingga merasa bebas sebebas-bebasnya. Caranya mudah, cukup liburan, main dengan teman, fokus kegiatan yang lain, dan melakukan hal apa saja yang di sukai. Sangat di sarankan untuk mencoba hal baru. 

Mungkin, jika kita melakukan hal yang ini maka kita akan merasa bosan dengan kegiatan blogging. Sehingga tidak ada gairah lagi untuk menulis. Tapi jangan salah! Kekuatan membebaskan pikiran, malah sangat berpengaruh besar untuk inspirasi baru. Sesekali bukalah blog kamu dan lihat-lihat, barangkali ada sesuatu Ilham yang kamu dapat sehingga semangat menulis ada lagi.

Bila mana masih tetap sulit untuk menemukan ide, bukalah blog orang lain dan baca-baca sesuatu yang bermanfaat di dalamnya. Tentang tips-tips blogging, informasi yang belum pernah di ketahui atau apa saja yang dapat membuat gairah ngeblog kamu bangkit lagi. Jika masih sulit, terus lepaskan pikiranmu hingga kamu benar-benar tidak merasa stres lagi dalam hal menulis dan blogging. Karena pada dasarnya, semangat ngeblog ada di saat pikiran dan hati kita sedang merasa nyaman.

2. Kunjungilah komunitas sesering mungkin

Untuk yang kedua, sebenarnya tergantung kita nya sendiri. Karena saya rasa tidak semua blogger mempunyai atau tergabung dalam sebuah komunitas blogger. Entah itu secara online atau offline. Jadi jika kamu tidak mempunyai komunitas, silahkan di skip saja. Tapi jika kamu punya komunitas, ada baiknya terus baca.

Maksud dari mengunjungi komunitas sesering mungkin adalah, untuk kamu yang memang sedang buntu inspirasi untuk menulis. Jika kamu memang aktif di sebuah forum diskusi atau komunitas, maka ada baiknya lebih aktif lagi. Karena dari situ banyak pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan oleh anggota lain, dan siapa tahu kamu bisa membantunya. Dengan sering menjawab pertanyaan anggota lain, maka akan mudah menemukan inspirasi.

Dan bila kamu jarang aktif, tidak ada salahnya untuk jadi aktif. Karena ketahuilah masih banyak orang yang membutuhkan bantuan kamu. Tidak peduli kamu blogger lama atau baru. Karena buat mereka jawaban kamu buat mereka itu sangat membantu. Meskipun kadang pertanyaannya sangat menyebalkan, tapi mereka akan menganggap kamu pahlawan.
Jika saja kamu tahu manfaat dari aktif di sebuah forum, maka kamu akan menemukan banyak hal yang perlu kamu tulis. 

Itu sama saja dengan inspirasi kamu akan terlahir dari sebuah forum diskusi tersebut. Jadi mulai sekarang, cobalah berkunjung ke komunitas yang kamu ikuti dan cobalah membuka suara untuk gagasan yang lebih menginspirasi orang lain. Maka dari situ, akan tercipta kekuatan untuk saling berbagi inspirasi.

3. Menonton Film-film Kesukaan

Mungkin yang ketiga terasa aneh untuk kamu. Tapi inilah yang saya lakukan jika saya kehilangan inspirasi cukup lama. Dengan menonton film-film kesayangan, maka banyak sekali poin penting yang ingin saya tulis secara rinci pada blog. Dari pertama alur cerita, munculnya konflik, hingga akhir ceritanya saya terus pahami. Apa yang menarik dari film itu, jika ada sisi positif yang perlu di tulis, maka saya akan tulis.

Percaya tidak percaya, sebuah film yang kita tonton, bisa memengaruhi pola pikir kita dalam bertindak dan berpikir. Terutama dalam menciptakan sebuah inspirasi. Terkadang, setelah saya menonton sebuah film yang saya suka, setelahnya saya terpikir akan sesuatu yang menarik, dan menurut saya patut untuk di tulis. Tapi ini tergantung dari kita juga. Jika kamu suka film, ada baiknya untuk menonton. Tapi jika tidak suka, ya tidak jadi masalah.

4. Mendengarkan musik

Ini sama dengan yang nomer tiga. Lalu kenapa musik? Musik juga bisa memengaruhi pola pikir kita dan tentunya imajinasi kita. Tentu ini berguna untuk mendapat inspirasi supaya mempermudah kita untuk menulis artikel. Tapi ada catatannya juga. Lagu yang di dengarkan harus lagu-lagu yang liriknya penuh dengan motivasi atau poin positif, supaya memperlancar kita dalam berimajinasi.

Jika lagu yang di dengarkan adalah lagu-lagu galau, itu bukannya menambah inspirasi. Yang ada kamu malah semakin terpuruk dalam kegalauan, dan akhirnya artikel kamu tidak kelar-kelar. Jadi alangkah baiknya kamu mendengarkan musik atau lagu yang mempunyai bit yang cukup menggoda hati kamu berirama dan tentunya dengan lirik lagu yang menambah inspirasi.

Kesimpulan

Nah, poin-poin di atas tadi hanyalah cara saya dalam mengatasi kehilangan ide menulis atau lebih tepatnya kehilangan inspirasi. Dengan 4 cara tersebut, saya bisa mengatasi masalah malas menulis dan kebuntuan menulis. Ya meskipun tidak selamanya bisa. Tapi alangkah baiknya jika kita terus membuka pola pikir kita, maka inspirasi akan terus berdatangan. Dan itu semua saya kembalikan kepada para pembaca. Semoga bermanfaat...

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon