Monday, December 12, 2016

Tips Membangun Channel YouTube Hingga Sukses

Menjadi terkenal di YouTube, tentu adalah keinginan semua YouTuber. Dengan meng-upload beberapa video setiap harinya, berharap dirinya bisa di kenal banyak orang dan mengantarkannya menuju gerbang ketenaran dunia YouTube.

Kita tentu tahu bahwa di YouTube, keinginan kita menjadi orang terkenal bisa tercapai. Asalkan kita mau berkarya dari padanya. Hal ini sudah di rasakan oleh beberapa artis terkenal, luar atau bahkan dalam negeri. Mungkin tidak perlu saya sebut lagi siapa-siapa nya.

Di YouTube, banyak orang yang berkarya dan menampilkan bakatnya untuk di tonton orang lain. Hal ini tentu di harapkan agar dirinya bisa terkenal dan menjadi viral melalui video yang mereka buat. Dengan konsisten setiap hari, lambat-laun gerbang ketenaran itu akan menghampiri.

Bila kita pun ingin menjadi terkenal di YouTube, tentunya kita juga harus mau beraksi membuat video yang cukup unik, dan juga tentunya bisa menjadi viral. Supaya orang lain cepat menyadari bakat kita. Tentunya, kita pun harus benar-benar profesional, supaya mereka yang menonton video kita, bisa tahu bahwa kita mempunyai bakat yang mereka suka.

Membangun channel YouTube hingga sukses

Konsistensi = Jembatan Kesuksesan

Bila kamu mempunyai channel YouTube, tentunya kamu pun mempunyai video yang di upload untuk channel kamu, bukan? Dan bila kamu meng-upload sebuah video di channel YouTube kamu, tentunya kamu pun memiliki sebuah ekspektasi dari video YouTube kamu, bukan? Salah satunya adalah ingin channel YouTube nya populer, dan juga ingin terkenal di YouTube. Itu adalah hal yang wajar. Tapi apakah kamu akan bisa bersabar? Karena prosesnya tidak secepat yang di perkirakan.

Meraih kesuksesan di bidang YouTube, memang terlihat mudah. Tapi sayangnya untuk para pemula, itu jauh di luar ekspektasi. Bila kita ingin mempunyai ciri khas di YouTube, tentu kita pun harus membuat channel yang memberi cermin tentang diri kita. Sangat mudah sebenarnya mencari penonton video kita di YouTube. Dengan meng-upload video yang kritis saja, itu akan cepat mengundang banyak viewer. Seperti contohnya video kecelakaan parah, bencana alam, debat agama, dan banyak lagi. Karena manusia, sangat terpengaruh dengan berita-berita yang kritis.

Tapi masalahnya di sini, kamu ingin di kenal oleh pengunjung YouTube, dengan kepribadian kamu sendiri. Maka kamu tidak perlu membuat video yang kritis! Karena kamu tidak akan mungkin menjadi terkenal dengan ciri khas kamu, jika video yang kamu upload itu, tentang video yang kritis. Karena video tersebut, sering di lupakan nama channel-nya. Di lain sisi, jika pengunjung YouTube menemukan video kritis, maka jarang sekali melihat channel nya, tapi langsung melihat video nya. Karena bagi mereka, itu seperti kabar berita yang cepat berlalu saja. Kecuali jika memang ada yang suka.

Membangun channel YouTube hingga bisa sukses itu, kita memerlukan beberapa hal berikut:


  • Ciri khas
  • Konsisten
  • Keaslian
  • Tindakan


A) Ciri khas
Membuat ciri khas untuk channel YouTube itu sangat di butuhkan. Karena itu sebagai brand suatu channel YouTube. Ciri khas sendiri bisa berupa watermark, logo, dan juga yang lainnya. Ini sangat berguna untuk memperkenalkan channel kita kepada orang banyak. Karena Edho Zell, MiawAug, Bayu Skak, dan lainnya, itu mempunyai ciri khas mereka sendiri. Dan itu yang menghantarkan namanya menuju gerbang kesuksesan di dunia YouTube. Jangan terlalu memaksakan untuk menentukan ciri khas. Berdasarkan kesukaan kamu saja, itu sudah bagus!

B) Konsistensi
Konsistensi membuat video untuk di upload di channel kita, itu sangat di wajibkan! Karena yang akan membuat kita terkenal adalah "konten" yang kita buat itu. Sangat di sayangkan, bila tukang bakso sangat jarang untuk memproduksi bakso nya. Jika ada yang menginginkan bakso, kemungkinan orang yang menginginkan bakso itu, akan menemui bakso dari orang lain dan membelinya.

Tapi bila tukang bakso itu konsisten menjajakan baksonya, ada kemungkinan baksonya itu ada yang beli. Mungkin pertama-tama cuma beberapa orang. Tapi dengan eksistensinya menjual bakso secara konsisten, maka lama kelamaan akan semakin di kenal banyak orang baksonya. Itupun sama dengan channel kita.

Jika kita terus konsisten membuat video asli buatan kita sendiri, maka lama kelamaan akan ada orang yang mengetahui dan kemungkinan akan suka dengan video yang kita buat. Itu semua cuma masalah waktu saja. Cepat atau lambat, semua akan indah pada waktunya.

C) Keaslian
Kita mungkin tergoda untuk meng-upload video CC (creative common) yang menarik untuk di upload kembali. Dan juga di yakini akan mengundang banyak penonton. Tapi itu sangatlah tidak baik untuk reputasi channel kita, dan juga tidak akan bisa dijadikan sebuah kebanggaan.

Akan lebih baik dan lebih membanggakan lagi jika video yang kita upload itu asli buatan sendiri. Karena saya yakin, meskipun video buatan kita jelek, pasti akan ada orang yang menemukan keunikan dari video kita tersebut. Dan setelahnya, kemungkinan orang itu akan berlangganan channel YouTube kita. Jadi, tetaplah jaga keaslian channel kamu dengan video buatan kamu sendiri.

D) Tindakan
Setelah kita meng-upload video buatan kita sendiri di channel YouTube kita, tidak sepatutnya kita diam saja. Akan lebih efisien lagi jika kita mau bertindak untuk mempromosikan video kita tersebut. Tidak perlu malu-malu untuk melakukan hal itu. Bukankah kamu mau terkenal? Jadi mulailah bertindak!

Abang tukang bakso pun sama, beliau terus keliling komplek guna menemukan pembeli. Dan juga berharap pembeli itu mau bersedia menjadi pelanggan tetap nya. Tentunya, Abang tukang bakso pun tidak memaksa pembeli untuk berlangganan bakso nya. Tapi Abang tukang bakso punya trik khususnya. Yaitu dengan cara membuat bakso yang seenak mungkin, guna menyihir para pembelinya untuk berlangganan baksonya.

Poin penting dari postingan ini adalah, kita tidak pantas menyerah di awal-awal karir kita di YouTube. Kerja kita baru saja mulai. Coba lihat mereka yang sudah sukses duluan di YouTube! Bukankah mereka juga perlu waktu beberapa tahun untuk bisa sukses? Ya, teruslah konsisten pada channel YouTube mu, maka kesuksesan akan kamu dapatkan.

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon