Self Hosting Apa Tetap Numpang Hosting?


Pentingkah mempunyai hosting sendiri untuk blog kita? Jawabannya penting nggak penting. Karena itu semua tergantung dari kebutuhan blog kita sendiri.

Hosting untuk sebuah blog adalah hal yang relatif untuk di gunakan. Artinya, tergantung dari kebutuhan blog kita sendiri. Kita tidak bisa memaksakan semua blog yang kita kelola untuk di hosting semuanya. Karena itu membutuhkan biaya yang cukup banyak juga. Tapi jika kamu memiliki banyak uang, itu bukan suatu masalah.

Hosting sendiri berfungsi untuk menampung semua isi konten di dalam blog kita, dan tentunya itu hal yang sangat di butuhkan oleh para blogger. Karena jika tidak ada hosting, maka tidak ada tempat untuk menyimpan konten blog kita, termasuk postingan blog. Dan nanti, percuma saja kita membuat blog.

Lalu, masalah penting nggak pentingnya, gimana? 

Mempunyai hosting sendiri atau self hosting, itu tergantung kita menargetkan blog kita. Apakah kita ingin membuat blog yang profesional, ataupun website? Self hosting sangat di butuhkan. Karena tidak mungkin juga Tokopedia hosting nya numpang di blogger ataupun WordPress. Itu sungguh tidak masuk akal. Jadi akan lebih profesional bila hosting nya milik sendiri.

Tapi jika kita hanya membuat blog untuk iseng-iseng berhadiah saja, maka kita pun tidak begitu memerlukan hosting pribadi. Kita cukup numpang di blogger ataupun WordPress dengan gratis seumur hidup kita. Tapi namanya juga orang numpang, artinya harus mau menuruti kebijakan sang majikan.

Jika tidak boleh pasang iklan, ya kita pun harus menuruti, begitupun bila di larang membuat konten dewasa, kita pun harus patuhi. Karena kalau melanggar, ya siap-siap blognya di hapus oleh majikan hosting nya.

Sekarang, di Indonesia pun sudah banyak perusahaan di bidang internet yang menyediakan layanan hosting pribadi, untuk kebutuhan para blogger Indonesia. Dari yang harganya murah, hingga mahal. Tergantung dari kebutuhan blog kita juga.

Jika kita ingin membuat website untuk bisnis, maka menyewa hosting yang mahal itu di wajibkan. Karena tentunya kapasitas ruang penyimpanannya jauh lebih besar daripada yang murah.

Akan tetapi bila kamu hanya membuat blog pribadi saja, maka cukuplah menyewa hosting yang ringan, yang sesuai dengan uang saku kamu. Tapi saya sarankan untuk memilih yang ruang penyimpanannya atau disk nya minimal 1GB saja. Karena itu bisa untuk di pasang CMS WordPress.org. Kalau yang di bawah 1GB, kamu akan mengalami banyak kendala untuk mengelola blog kamu. Termasuk memasang CMS WordPress (bila kamu memilih WordPress sebagai CMS nya).

Kalau gratisan sih ada batasan ruang penyimpanan tidak?

Tergantung dari penyedia layanan blogging nya. Tapi menurut saya untuk wordpress.com dan blogger, itu tidak terbatas. Artinya kamu buat konten sebanyak-banyaknya juga tidak akan pernah mengalami kekurangan ruang penyimpanan. Lebih kerennya UNLIMITED, dan itu bisa kamu puas-puasin untuk menulis artikel sebanyak-banyaknya dengan gratis.

Tapi masalah yang paling di khawatirkan adalah, ketika blog kamu sudah memiliki trafik yang tinggi dan sudah di kenal banyak orang, tiba-tiba di hapus oleh penyedia blogging gratisnya. Itu pasti akan membuat kamu terpukul dan terluka. Dan tentunya membuat kamu frustasi untuk ngeblog lagi.

Hal itu sendiri terjadi karena ada kesalahpahaman antara pemilik blog dan penyedia layanan blogging nya. Jadi penyedia nya menganggap blog kamu melanggar kebijakan, padahal kamu merasa kamu tidak melanggarnya.

Ini juga sering terjadi pada blog yang bernaung di blogger. Biasanya blog tiba-tiba terhapus dengan sendirinya. Dan itu di akibatkan karena robot blogger mendeteksi bahwa blog itu melanggar kebijakan, sehingga di hapus secara otomatis.

Tapi jangan khawatir! Karena meskipun sudah di hapus oleh robot blogger, tapi peninjauan akhirnya ada pada tangan dan mata manusia. Google sendiri tidak bisa semena-mena menghapus blog kita tanpa alasan yang pasti.

Biasanya, jika blog kita di vonis tidak bersalah maka akan kembali dengan sendirinya. Tapi bila kamu takut di hapus secara permanen, maka kamu bisa ajukan banding dengan pihak Google nya. Dan jika terbukti tidak bersalah, maka akan kembali dengan utuh termasuk semua postingan yang sudah di publikasikan.

Nah bagaimana? Sudah dapat gambaran untuk menentukan hosting pribadi atau tetap numpang? Silahkan kamu yang tentukan sendiri.

Jadi kesimpulannya, semuanya tergantung pada kemauan kita sendiri.

Hosting murah di idwebhost

0 Response to "Self Hosting Apa Tetap Numpang Hosting?"

Post a Comment

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel