Niche Apa Yang Tepat Untuk Blog?

Niche apa yang tepat untuk blog? - Menentukan sebuah Niche yang tepat untuk sebuah blog adalah hal yang bisa di katakan mudah, namun ternyata juga sulit untuk di terapkan. Pasalnya, ketika kita sudah kehabisan ide untuk menulis artikel sesuai Niche yang kita tekuni, itu akan membuat pikiran kita mendapat tekanan untuk lanjut menulis artikel kembali.

Di samping itu, sebuah Niche sangat di perlukan untuk mendongkrak trafik blog kita. Oleh karenanya banyak di antara blogger pemula yang kesulitan menentukan Niche untuk blognya. Hal ini biasanya di sebabkan karena mereka tidak memperhatikan terlebih dahulu ketika akan membuat blog. Dan biasanya juga karena terlalu berambisi untuk mendapatkan uang dari blog-nya. Sehingga, mereka asal membuat blog saja.

# Apa itu Niche? 

Menentukan Niche blog

Niche bisa di katakan sebagai tema untuk blog kita. Biasanya Niche di perlukan untuk pemilik blog supaya mendapatkan pengunjung tertarget (menyukai Niche yang di buat). Dengan kita menerapkan Niche pada blog kita, itu berpotensi untuk membuat blog kita mendapatkan pengunjung yang tetap, dan bahkan banyak mengundang pengunjung baru di blog kita. Karena jika hanya satu Niche yang kita kelola, bisa jadi artikel yang kita buat tidak lekang oleh musim yang terus berganti.

Kita ambil contoh blog yang menganut Niche tutorial atau panduan. Dengan Niche seperti itu tentu artikel tidak akan pernah usang. Karena akan terus di cari oleh pengunjung Google yang mencari tutorial yang serupa. Bahkan, kita pun bisa terus meng-update artikel yang lama itu, supaya tetap mengikuti jaman dan tentunya meski artikel lama, akan terus terlihat baru di mata pengunjung.

Contoh lain Niche yang tetap eksis adalah Niche tentang edukasi. Seperti yang kita tahu, edukasi adalah sesuatu yang memberi kita sesuatu yang bermanfaat. Entah itu masalah tentang pola hidup yang sehat, ataupun hal bermanfaat lainnya. Bahkan kita pun akan menjadi cerdas bila terus membaca situs edukasi. Maka dari itu, situs yang menganut Niche tentang edukasi akan tetap eksis dan tak lekang oleh waktu. Karena pastinya akan banyak yang berkunjung, entah itu melalui mesin pencari ataupun akan berlangganan dengan situs tersebut.

Bagaimana dengan Niche berita? Jikalau kamu ingin membuat Niche berita, tentunya kamu perlu mencari-cari berita yang terus menjadi trending topik setiap harinya. Apakah kamu punya banyak waktu untuk itu? Niche semacam ini biasanya di kerjakan oleh dua orang atau lebih. Jadi jika kamu membuatnya seorang diri, tentu akan kerepotan. Dan juga kendala kamu untuk me-review berita tersebut akan kesulitan. Dan kemungkinan besar, kamu akan melakukan rewrite atau copy paste pada situs sumber berita tersebut.

Sedangkan tindakan copy paste adalah suatu pantangan untuk blogger sejati. Bagi blogger sejati, dari pada copy paste lebih baik membuat artikel yang jelek namun hasil buatan sendiri. Di tambah Niche berita tidak bisa mengikuti jaman atau musim yang berganti. Karena, berita yang populer terjadinya hanya sewaktu-waktu saja, bukan selamanya.

Contohnya saja berita tentang masalah agama yang terjadi di negara tercinta kita ini. Beberapa waktu kemarin mungkin masih ramai di bicarakan. Tapi setelahnya, apakah akan tetap menjadi trending topik? Sedangkan pengunjung ingin membaca sesuatu yang segar, bukan bacaan yang harusnya di baca beberapa waktu sebelumnya. Dan itu pastinya akan membuat kamu menjadi stress mikirin berita yang baru setiap harinya.

Memilih Niche untuk blog bukanlah hal yang sembarangan di tentukan. Tentu kita perlu memikirkan secara matang. Apakah Niche ini akan terus berjaya kedepannya? Dan juga apakah Niche ini tidak akan membuat kita kehabisan ide? Pasalnya, kita menulis berdasarkan hobi kita. Tentu kita pun akan mudah menulisnya. Namun masalahnya, meskipun Niche yang kita pilih itu adalah Niche yang kita sukai, tidak tentu juga akan membuat kita kehabisan ide.

Sebagai contohnya adalah Niche tutorial blog ataupun tutorial bermain Game. Niche seperti itu tentu tidak akan lekang oleh waktu. Namun masalahnya, jika semua tutorial tersebut sudah kita tulis, maka kita pun akan kesulitan membuat tulisan berikutnya. Salah satunya jalan adalah membuat Niche lagi ataupun memainkan banyak Game, supaya tidak kehabisan ide (untuk Niche Game). Dan kemungkinan besar, pemilik situs akan menjadikan blog nya menjadi blog dengan Niche gado-gado (campuran).

# Bagaimana caranya menentukan satu Niche yang tidak akan kehabisan ide?

Menentukan satu Niche untuk sebuah blog, dan di harapkan tidak membuat kita kehabisan ide adalah sesuatu yang sulit. Meskipun Niche tersebut adalah hobi kita. Namun yang harus di ketahui, sebenarnya bisa saja kita mengelola sebuah blog dengan hanya satu Niche dan tidak membuat kita kehabisan ide. Adalah dengan cara terus mencari tahu apa yang baru dari Niche yang kita geluti tersebut.

Sebagai contohnya adalah blog dengan Niche resep masakan. Niche seperti itu tidak akan membuat kita kehabisan ide, karena kita menulisnya dengan sesuai resep yang kita buat. Namun disini kendalanya kamu tidak bisa membuat resep sendiri. Dan jikalau bisa, apakah otak kamu akan mampu memikirkan resep baru yang akan di buat lagi? Dan itu untuk jangka panjang. Dan jikalau sudah kehabisan ide, kemungkinan besar adalah mencontek resep orang lain.

Dalam kasus ini sebenarnya bisa di hindari. Yaitu kita bisa me-review masakkan-masakkan yang baru pertama kali kita rasakan. Semisal kamu belum pernah merasakan kelezatan rendang. Setelah kamu mencobanya, kamu bisa menulis sesuatu yang kamu rasakan dari rendang tersebut. Bukankah itu relevan? Karena masih berhubungan dengan masakan. Dan juga kamu bisa mencari tahu resepnya dan kemudian kamu kreasikan sendiri.

Dari pembahasan di atas, kesimpulannya adalah meskipun kita membuat satu Niche saja untuk satu blog, kita tidak akan pernah kehabisan ide. Asalkan kita mau untuk terus mencari sesuatu yang baru dari Niche yang kita pilih itu. Meskipun Niche yang kita bahas memiliki pandangan yang sempit untuk di ulas, tentu itu akan bisa menjadi luas. Asalkan kita bisa mengkreasikannya, maka kita akan tetap menciptakan sesuatu yang baru untuk blog-blog kita. Meskipun hanya mengandalkan satu Niche saja.

Niche blog adalah hal yang akan membuat blog kita mempunyai ciri khas tersendiri di mata pengunjung. Dan tentunya itu akan mudah di ingat oleh pengunjung. Terlebih jika pengunjung sering membaca artikel dari blog kita, maka mereka tidak akan ragu untuk terus mengikuti perkembangan dari blog kita dan terus menunggu sesuatu yang baru dari blog kita.

Jangan terburu-buru memilih sebuah Niche. Dan juga jangan terlalu memaksakan kehendak untuk membuat Niche yang tidak pernah kamu kuasai. Pikirkanlah dengan bijak dan dengan pikiran yang tenang. Maka kamu akan menemukan sesuatu yang baru, yang segar, dan Niche yang sesuai dengan kriteria kamu. Dan seringlah membaca-baca sesuatu yang menginspirasi kamu. Dengan begitu, kamu akan menemukan sesuatu yang ingin kamu lakukan untuk blog kamu.

0 Response to "Niche Apa Yang Tepat Untuk Blog?"

Post a Comment

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel