Monday, December 5, 2016

Ini Alasannya Channel YouTube Kamu Di Suspend Meski Video Asli Buatan Sendiri

Akun channel YouTube kamu di suspend (di tangguhkan) oleh Google? Itu bukanlah satu hal yang di harapkan oleh para YouTuber. Dan itu mungkin akan membuat mereka menjadi stress. Bayangkan saja setiap hari di pusingkan dengan memikirkan ide untuk membuat video, dan capeknya mengedit sebuah video, namun akhirnya channel YouTube nya di tangguhkan oleh Google.

Penangguhan tersebut bukan tanpa alasan, dan terkadang Google tidak memberi tahu kita terlebih dahulu bahwa channel kita di tangguhkan. Tapi langsung saja tidak bisa di buka ataupun ada tanda bahwa channel di tangguhkan. Kesalahan robot Google pun di pertanyakan. Karena mungkin isi channel kamu semua kontennya tidak ada yang melanggar pedoman komunitas dan reputasi channel kamu baik. Tapi kenapa di tangguhkan?

Kasus ini sedang gencar-gencarnya di bahas di berbagai forum diskusi AdSense, YouTube, dan blog. Jelas ini mengundang pertanyaan besar bagi sekian banyak YouTuber yang mendapat penangguhan channel secara massal. Dan bahkan channel saya pun di banned oleh Google. Ini sangat aneh menurut saya. Karena kejadiannya hampir bersamaan dengan YouTuber lainnya.

Berikut kronologisnya:

Pada tanggal 4 - 12 - 2016 kemarin, saya baru saja selesai mengedit video saya dan ingin meng-upload nya di channel kesayangan saya tersebut. Akan tetapi saya mendapati sebuah laman yang membuat saya terkejut. Ya, laman itu berbunyi bahwa akun saya di tangguhkan. Ini pertanyaan besar buat saya.

Saya langsung cek akun Google plus saya, dan tidak terjadi apa-apa. Saya pun cek akun AdSense saya dan tidak terjadi apa-apa juga. Ini sedikit membuat saya lega. Namun masalahnya ini pada channel YouTube nya. Apa alasannya channel saya di tangguhkan? Saya langsung ajukan banding, dan namun di tolak oleh Google. Lagi-lagi membuat saya stres.

Lantas, apa yang terjadi pada channel YouTube saya?

Tidak ada alasan apapun yang dapat menduga apa yang sedang di lakukan YouTube maupun Google. Karena mereka selalu membuat kejutan yang tak terduga untuk pengguna nya. Salah satunya yang akhir-akhir ini terjadi. Penangguhan channel YouTube yang di lakukan secara massal membuat pertanyaan yang hampir sama.


  • Kenapa channel saya di tangguhkan, padahal semua isi video hasil buatan sendiri? 
  • Apa yang terjadi dengan channel saya? Kenapa di tangguhkan, padahal saya menggunakan musik bebas hak cipta yang di dapat dari YouTube editor? 
  • Kenapa channel saya di tangguhkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu? Dan padahal isi kontennya original? 


Dan banyak lagi pertanyaan yang kesimpulannya hampir sama. Yaitu "kenapa channel saya di tangguhkan padahal video asli buatan sendiri?"

Tidak ada yang tahu pasti mengenai persoalan tersebut. Karena kemungkinan besar kita sebagai YouTuber yang channel-nya di tangguhkan, terdeteksi melakukan pelanggaran pedoman komunitas YouTube. Meskipun kita membuat video yang original, YouTube tetap bisa mendeteksi pelanggaran tersebut. Dengan bantuan robot Google yang canggih, perilaku kita yang menyimpang akan terdeteksi.

# Apa alasannya channel saya di tangguhkan?



Channel YouTube di banned


Mungkin kamu tetap bertanya-tanya, apa alasannya? Padahal isi video kamu hasil buatan sendiri. Ya, kita memang sepakat, jika hal itu adalah murni kesalahan pihak YouTube maupun Google. Tapi apakah kita yakin, itu bukan kesalahan kita?

Saya ada beberapa pertanyaan buat kamu.


  1. Apakah kamu cuma mempunyai satu channel YouTube? 
  2. Apakah channel YouTube kamu yang lain tidak pernah mengambil video CC (Creative Common) yang ada di fitur editor video YouTube? 
  3. Apakah channel kamu tidak pernah mendapat teguran dari YouTube? 
  4. Apakah kamu yakin tidak ada konten berhak cipta yang ada di video kamu? 
  5. Dan apakah kamu mempunyai lebih dari dua channel YouTube dengan akun Google yang sama? 


Silahkan kamu jawab pertanyaan di atas!

# Mari kita bahas bersama 

Jika misalnya kamu hanya mempunyai satu channel YouTube saja, dan seluruh isi videonya hasil buatan kamu dan tidak ada isi konten yang mengandung konten berhak cipta, maka itu kemungkinan kesalahan Google dalam mendeteksi channel kamu. Tapi jika kamu mempunyai lebih dari satu channel YouTube, kemungkinan besar kamu yang salah.

Bukankah YouTube membolehkan kita mempunyai lebih dari satu channel YouTube? Memang benar, dan itu sah-sah saja. Tapi masalahnya, apakah channel kamu yang lain tidak mengandung konten ilegal? Dan apakah channel YouTube kamu yang lain isinya konten asli buatan kamu semua, dan tidak mengambil video CC dari editor video YouTube? Dan sekarang kita bahas pertanyaan nomer dua.

YouTube menyediakan fitur video editor. Itu gunanya untuk membantu kita yang kekurangan ide untuk membuat video. Tapi masalahnya, sekarang fitur tersebut sering di salah gunakan. Pasalnya, fitur tersebut memang tersedia untuk kita membuat video tanpa harus meng-upload video tersebut. Dengan cara mengedit dan me-remix video tersebut dengan semenarik mungkin, supaya berbeda dengan aslinya.

Tapi para YouTuber pemula sekarang, adalah mengambil video asli nya dan di upload lagi tanpa di edit terlebih dahulu. Bukankah itu melanggar kebijakan? Dan bahkan itu di gunakan untuk mendongkrak pendapatan dari AdSense nya. Ya, itu cara yang cerdas menurut saya. Dan saya pun pernah melakukannya. Tapi sekarang saya sadar, itu bukanlah tindakan yang baik untuk seorang YouTuber. Tapi kenapa channel utama yang di Suspen atau di banned?

Jika pertanyaan tersebut, saya pun kurang paham. Tapi mengenai pertanyaan nomer tiga, apakah channel kamu pernah mendapat teguran hak cipta? Meskipun video kita isinya hasil buatan sendiri, pasti kita pun pernah menggunakan konten orang lain untuk kebutuhan video kita. Dan ternyata kita menggunakannya berlebihan, dan tindakan itu mengundang teguran hak cipta. Itu memang berpengaruh untuk reputasi channel kita di mata YouTube.

Tapi bila mana channel kamu yang lainnya yang pernah mendapat teguran hak cipta dari komunitas YouTube, tentu itu bisa masuk akal atas penangguhan channel kamu. Yang jadi pertanyaannya, kenapa channel utama yang reputasi nya masih bagus yang di tangguhkan? Hal itu memang masih menjadi misteri. Namun, ini tentu sedikit menyinggung pertanyaan nomer empat.

Apakah kamu yakin tidak ada konten berhak cipta di video YouTube kamu yang ada di channel utama? Mungkin audio, gambar kecil (thumbnail), atau konten lainnya? Jika kamu yakin tidak ada, ini akan tetap menjadi misteri. Tapi jika memang ada, ini akan sedikit membuka jawabannya. Tapi ini pun belum pasti juga. Karena reputasi channel kita sebelum di tangguhkan masih baik. Dan bahkan belum dapat teguran yang keras dari komunitas YouTube. Sekarang, mari kita bahas pertanyaan nomer lima.

Apakah kamu mempunyai lebih dari dua channel YouTube dengan akun Google yang sama? Jika benar, ini sedikit membuka misteri tersebut. Karena, meskipun channel YouTube kita yang lainnya yang sering meng-upload video CC, itu juga akan mempengaruhi channel utama kita. Di karenakan kita awalnya membuat channel YouTube itu dengan akun Google yang kita daftarkan untuk pertama kalinya, dan itu sudah menjadi channel utama kita.

Lalu kita buat channel baru lagi dengan akun Google yang sama, dan itu berarti kita membuat channel turunan dari channel utama. Dan seterusnya kita membuat lagi dengan akun Google yang sama juga, dan itu pun sudah di pastikan masih generasi dari channel utama kita. Nah sekarang, mari kita ulas tuntas permasalahan ini.

Di saat kita membuat channel YouTube lebih dari satu dan dengan akun Google yang sama, tentu semua data kita akan tercatat di Google. Meskipun lebih dari satu channel, jika akun Google nya sama, tentu data kita di akun Google tersebut yang di daftarkan lah yang di catat. Kemudian, kita membuat video original hanya untuk channel utama, tapi untuk channel YouTube yang lainnya, kita meng-upload video yang dari CC tanpa di edit lebih dulu. Meskipun itu lolos hak cipta, tapi YouTube tetap mencatat tindakan kita.

Soal kenapa channel YouTube utama yang di tangguhkan, memang itu sulit untuk di jawab. Tapi jika kamu mengerti mengenai pernyataan di atas, mungkin kamu juga berpikiran sama dengan saya. Yaitu, YouTube akan mendeteksi akun Google kita yang kita daftarkan untuk beberapa channel YouTube kita tersebut. Jika kita membuat lebih dari dua channel YouTube dengan akun Google yang sama, dan isi video kita di channel lainnya hasil dari video CC tanpa di edit, kemungkinan besar kita di anggap melakukan tindakan spam di YouTube.

Dan mengenai kenapa channel utama yang di tangguhkan, karena YouTube telah mendeteksi akun Google yang telah kita daftar kan untuk beberapa channel kita tersebut. Dan jadilah beberapa channel kita di hapus oleh YouTube, dan channel utama kita di Suspen (di tangguhkan) oleh YouTube. Jadi yang di anggap spam bukanlah channel-nya, melainkan kita nya. Bukankah itu sedikit masuk akal? Sebenarnya itu adalah hal yang masih bisa membuat kita lega. Karena kita masih bisa mengajukan banding.

Tapi sayangnya, mengajukan banding pun tidak semudah yang di bayangkan. Meskipun kita membuat kata-kata yang lembut untuk deskripsi pengajuannya, belum tentu pihak Google memaafkan. Dengan kata lain, kita harus bersabar menunggu masa penangguhan itu selesai. Dan jika memang YouTube tetap memutuskan menghapus channel kita, kita pun harus pasrah. Karena kita sadar, kita hanya numpang di YouTube. Segala ketentuannya, kita harus bisa menerimanya.

Tapi meski begitu, kita pun tidak lantas diam saja. Kita harus bergerak dan berusaha agar channel kita di kembalikan lagi oleh pihak YouTube. Supaya kita bisa berkreasi lagi di YouTube. Asal jangan mengulang kesalahan yang sama seperti dulu lagi. Jika kamu ingin mengajukan banding, ajukan lah dengan baik, dan juga jangan terlalu sering mengajukan banding jika di tolak terus. Perlahan-lahan saja, dan mudah-mudahan channel saya, kamu, kita semua bisa di kembalikan lagi oleh YouTube.

Mungkin itu penjelasan kenapa channel YouTube kita di tangguhkan. Padahal semua isi kontennya asli buatan kita sendiri. Dan bila kamu ada yang mau nambahin, silahkan isi di kolom komentar. Ataupun bila ingin berkomentar, silahkan di kolom komentar. Semoga postingan ini sedikit memberi pencerahan buat Kita semua. Aamiin...

Next

Related

4 komentar

tp alhamdullilah gan, punya ane habis di nonaktifkan, ngajuin banding langsung diterima dan aktif lagi...

Wah... Ikut seneng dengernya.. Selamat ya 😁 semoga bisa lebih hati-hati lagi

Trus kalo udah di terima apakah jumlah penayangannya kembali seperti semula apa balik lagi ke 0 mas??

Kalau pendapatan YouTube itu dari awal lagi. Tapi kalau pendapatan AdSense, itu tidak.

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon