Cara Mendapatkan Penghasilan Tetap Dari Blog Dengan Mudah

Apakah hanya dengan mengelola blog, kita bisa mendapatkan penghasilan tetap? Jawabannya bisa ya dan bisa juga tidak. Pasalnya, tidak ada yang bisa menjamin hal tersebut. Kita semua tentunya setuju, blog adalah aplikasi web yang tujuannya memberikan informasi yang di butuhkan pengunjung. Baik itu dari mesin pencari, ataupun dari media sosial. Dan tentunya kita juga harus pandai dalam memasarkan blog kita, supaya mendapatkan pengunjung.

Berbicara penghasilan tetap, itu bukan masalah yang dapat di prediksi dengan tepat. Karena, ada blogger yang sudah berpenghasilan tetap dari blog-nya, dan ada juga yang masih menunggu hingga bisa profit dari blog-nya. Kita tentu tahu, bahwa itu semua tergantung dari pendapatan iklan, dan juga tergantung dari penghasilan afiliasi yang kita ikuti.

Jika kita mengikuti program penayangan iklan, tentu kita pun hanya bisa menunggu pendapatan recehan itu sampai terkumpul banyak hingga bisa kita ambil dari rekening bank kita, western union, Paypal ataupun metode pembayaran lainnya yang kita pilih. Dan itupun juga berlaku pada program afiliasi yang kita pilih. Apakah strategi pemasaran produk afiliasi yang kita ikuti bisa menghasilkan pembeli? Dan jika bisa, tentu kita pun akan di bayar dari yang punya produknya.

Itu artinya, jika untuk bisa mendapatkan penghasilan tetap dari sebuah blog, itu semua tergantung dari kita nya sendiri yang mengelola blog tersebut. Kenapa saya bilang seperti itu? Karena pada dasarnya, blogging itu bukan soal buat artikel dan terus publikasi. Tapi kita harus tahu seluk-beluk dalam dunia blogging. Seperti cara membuat artikel yang berkualitas, cara mempromosikan blog, dan cara mendapatkan pengunjung tetap untuk blog kita.

Jika kamu masih tergolong baru dalam dunia blogging, tentu kamu jangan dulu memikirkan pendapatan. Tapi pikirkan terlebih dahulu, bagaimana caranya mengelola blog dengan baik? Karena itu adalah sebuah pondasi seorang blogger. Kita tentu sepakat, bahwa kebanyakan blogger sekarang, membuat blog dengan tujuan untuk memonetisasi blog nya. Supaya bisa mendapatkan penghasilan.

Saya mengerti, itu semua karena mereka terpengaruh dengan artikel yang mengatakan bahwa, hanya dengan blog kita bisa mendapatkan puluhan juta tiap bulannya. Ya, itu benar! Dan saya pun tidak memungkirinya. Karena jika saya mengelak tentu saya akan di katakan pembohong. Karena memang sudah ada buktinya. Tapi jika saya membenarkan gosip itu, maka saya pun bisa jadi di katakan pembohong pula. Karena saya pun belum mendapatkan apa-apa dari blog saya. Yang saya tahu adalah, bagaimana caranya saya menyediakan tulisan yang bisa membantu pembaca blog saya, dalam mencari referensi yang mereka butuhkan?

Sebelum kamu berpikir lebih dalam untuk mendapatkan uang dari blog yang kamu kelola, sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu, konten apa yang akan kamu suguhkan ke pembaca blog kamu, dan bagaimanakah caranya supaya orang lain mau membaca tulisan kamu itu? Atau bahkan, bagaimana blog kamu bisa di temukan di mesin pencari? Sehingga ketika ada orang yang mencari artikel yang di inginkan dengan kata kunci yang mereka ketikkan di mesin pencari, mereka akan menemukan blog Anda, dan mengunjungi nya.

Dari pernyataan di atas, tentu kamu akan berpikir lebih lama lagi untuk membuat sebuah blog. Atau bahkan kamu akan mengabaikan pernyataan di atas? Karena kamu berpikir bisa membuat artikel yang berkualitas, dan juga bisa mendatangkan pengunjung yang banyak. Ya, saya saluti hal itu, jika memang kamu bisa melakukannya. Tapi sayangnya, itu tidak semudah yang kamu pikirkan.

Saya mungkin bukan blogger yang sudah lama terjun di dunia blogging. Dan saya juga bukan blogger yang baru memulai di dunia blogging. Saya mungkin bisa di katakan sebagai mantan blogger pensiunan. Ya, saya dulu pernah mempunyai blog dan akhirnya tumbang. Karena saya tidak mampu bersaing dengan blogger lainnya dalam hal mengejar trafik. Dan juga saya tidak pandai mengelola blog saya dengan baik. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk berhenti sejenak.

Apa yang membuat saya berhenti? Dari cerita di atas, tentu alasannya sudah dapat di pastikan, yaitu karena saya merasa depresi dengan blog saya. Sudah hampir satu tahun saya menjadi blogger, dan sudah banyak pula artikel yang saya buat. Tapi ternyata, blog saya tetap sepi pengunjung. Dan itu membuat saya lelah untuk terus ngeblog.

Saya juga awalnya sama dengan kamu. Berpikir bahwa saya bisa membuat artikel yang keren, dan juga mampu membuat blog saya ramai dikunjungi. Tapi nyatanya, saya tidak bisa melakukannya. Dan itu sungguh sangat sulit untuk di lakukan. Berbagai metode yang saya pakai dari hasil Searching di mesin pencari pun tetap saya tidak mampu, untuk membuat blog saya ramai di kunjungi. Bahkan, saya sampai menghapus beberapa artikel yang sudah saya publikasi. Karena saya anggap itu adalah artikel yang sangat buruk, dan kemudian saya buat artikel baru lagi. Dan ternyata, tetap tidak bisa.

Kebayang, bukan? Bagaimana sulitnya mengelola sebuah blog supaya bisa menghasilkan pendapatan? 

Lalu, apakah bisa mendapatkan penghasilan tetap dari blog yang kita kelola? Bisa! Saya yakin bisa. Asalkan kamu pun yakin, kalau blog kamu akan mendatangkan penghasilan untuk kamu, sesuai cara yang kamu pilih. Dan tentunya itu harus butuh perjuangan yang cukup lama, dan memakan waktu kamu cukup lama pula. Oleh karenanya, kamu harus tahu tata caranya terlebih dahulu.

Penghasilan dari blog


  • Sediakan konten yang di butuhkan pembaca.
  • Cari orang yang mau membaca tulisan kamu. 
  • Pelajari sedikit demi sedikit ilmu SEO. 
  • Ikuti alur trending yang setiap hari update.


A)
Menyediakan konten yang di butuhkan pembaca, bukan berarti kamu asal menulis saja. Akan tetapi kamu harus mampu membuat tulisan yang benar-benar di butuhkan pembaca. Maksudnya, buatlah tulisan yang berkualitas mengenai topik yang ingin kamu bahas.

Dalam hal ini, jangan sekali-kali kamu membuat tulisan asal jadi saja, atau asal ada artikel yang di publikasi saja. Tapi kamu harus benar-benar serius untuk membuat artikel yang keren. Karena itu semua akan menyihir semua pengunjung blog kamu. Masalah mereka suka atau tidaknya, itu tergantung dari artikel yang kamu suguhkan untuk mereka. Bukankah kamu akan berlama-lama di blog seseorang, jika artikel yang mereka buat bisa membuat kamu tertarik? Ya, itulah kuncinya!

B)
Kemudian, carilah orang yang mau membaca artikel kamu. Artinya, share lah artikel kamu ke orang lain yang menyukai topik yang sama dengan artikel yang kamu bahas. Dengan kata lain, ada kemungkinan besar mereka akan menjunjungi blog kamu untuk membaca artikel yang kamu buat itu.

Kebayang tidak oleh kamu, jika ada sales panci yang menawarkan panci nya ke orang yang sedang mencari semen? Apakah orang yang sedang mencari semen itu akan membeli panci dari sales itu? Hanya sedikit kemungkinan orang itu akan membeli panci itu. Karena, bisa jadi orang tersebut membeli panci (jika ingat istrinya di rumah). Ya, tapi hanya sedikit saja. Tapi bila saja sales itu menawarkan nya ke orang-orang yang membutuhkan panci, tentu panci nya akan laris terjual.

C)
Ilmu SEO memang sangat di butuhkan oleh para blogger. Karena dengan memahami SEO, tentu ada kemungkinan seluruh artikel kita dapat di temukan di mesin pencari. Tetapi itupun tergantung metode yang kita jalani. Jika teknik SEO yang kita jalani itu salah, tentu bukan malah membuat blog kita jadi banyak di kunjungi, melainkan akan tersungkur di bagian dalam mesin pencari. Oleh karenanya banyak yang bilang kalau "SEO itu menjebak". Padahal itu tergantung teknik yang kita terapkan di blog kita.

Mungkin kamu tidak mengerti SEO dan tentu tidak membutuhkan waktu yang sebentar untuk mempelajarinya. Tapi perlahan-lahan kamu akan mengerti apa itu SEO dan bagaimana cara menerapkannya. Cara yang paling sederhana belajar SEO adalah, membuat konten yang berkualitas. Ya, kamu bisa memulai belajar SEO dari situ, dan kemudian kamu akan mengerti apa itu SEO. Setelah kamu mengerti SEO, kamu akan paham bagaimana algoritma Google bekerja. Ya, itu butuh waktu yang lama juga. Tapi perlahan-lahan kamu pun akan mengerti.

D)
Mengikuti trending yang terus update setiap hari pun perlu (jika blog yang kamu kelola membahas hal yang terjadi setiap hari). Pasalnya, topik yang sedang hangat-hangatnya adalah topik yang paling banyak di cari pada saat itu. Seperti halnya sekarang, soal perdebatan agama belum juga selesai dan terus menjadi pembahasan yang menarik untuk di ikuti. Sehingga masih banyak media massa yang memuat berita tersebut.

Tapi jika memang kamu ingin membuat artikel yang sedang trend di bicarakan, jangan sekali-kali kamu membuat berita hoax. Ataupun bukan dari sumber yang terpercaya. Jangan pernah memalsukan berita hanya untuk trafik blog kamu. Tapi tetap pikirkan perasaan pembaca artikel kamu, karena merekalah yang memberi nilai blog seseorang. Jika mereka suka, maka mereka akan menyukai blog kamu pula.

Kesimpulannya, jika kita menerapkan dasar-dasar tersebut, kemungkinan besar kita akan mendapat penghasilan tetap dari blog yang kita kelola. Tapi kita juga harus sadar, jika kesuksesan itu tidak ada yang instan. Kita perlu berusaha dan terus berusaha. Dan yang terpenting adalah, tetap memberikan konten yang bermanfaat untuk pengunjung. Karena semakin banyak pengunjung, maka semakin besar pula kesempatan kita untuk mendapat penghasilan tetap dari blog yang kita kelola. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Cara Mendapatkan Penghasilan Tetap Dari Blog Dengan Mudah"

Post a Comment

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel