Tuesday, November 22, 2016

Tips Untuk Membagi Waktu Ngeblog Dan Dunia Nyata

Menjadi seorang blogger, meskipun jam kerjanya tidak ada yang mengatur (sesuka hati) bukan berarti tidak lepas dari yang namanya kejenuhan dan juga keterbatasan waktu. Karena bagaimanapun kegiatan di dunia nyata itu jauh lebih penting dari pada hanya duduk manis di depan komputer. Tak jarang para master blogger menyewa penulis lepas, supaya blog-nya tetap terisi oleh konten-konten yang menarik.

Tapi bagaimana dengan blog yang pengunjungnya masih minim? Mau bayar orang untuk menulis, tentu pendapatan dari blog-nya masih belum maksimal. Kecuali jika kita memiliki pendapatan yang lebih dari hasil kerja di dunia nyata. Di tambah, kita hanya seorang diri mengurus blog tersebut. Sudah jelas akan sangat kewalahan mengurusnya. Terlebih bukan hanya satu blog yang kita punya, tapi ada dua bahkan lebih.

Sebenarnya, jika kita konsisten dengan satu blog, tentu kita tidak akan merasa kewalahan ataupun jenuh. Tapi di karenakan kita mempunyai ambisi yang kuat supaya cepat mendapat penghasilan dari AdSense, pastilah kita membuat blog yang banyak juga. Dengan pikiran "jika satu blog dalam satu hari ada 100 pengunjung, apa lagi jika 10 blog? 100×10= 1000. Nah, misalkan dalam 1000× tayang iklan AdSense kita mendapat $1. Maka berapa Dollar selama sebulan yang akan kita peroleh?" (Hanya contoh sederhana).

Maka sebab itulah, para blogger pemula berambisi membuat blog sebanyak-banyaknya. Dengan harapan setiap bulan bisa mendapat bayaran dari Google AdSense. Padahal, itu hanya akan menyusahkan mereka saja. Dan juga, pasti akan mendapat tekanan pikiran yang tidak penting. Kenapa tidak penting? Karena seharusnya kehidupan nyata itu harus tetap berjalan normal, biar kita tidak stres memikirkan blog.

Jika kita ingin mendapat penghasilan yang cepat dari Google AdSense, sebenarnya tidak perlu membuat blog yang banyak, cukup dengan membuat sehari 10 postingan atau bahkan lebih. Karena itu sama saja. Sebab, yang kita cari adalah tampilan laman AdSense, bukan? Jadi cara itupun sama saja.

Para master mungkin mempunyai blog yang lebih dari dua. Itu karena mereka mempunyai misi atau visi, yang hanya mereka yang tahu. Dan juga pendapatan mereka dari blog-nya bisa di bilang cukup untuk membayar penulis lepas. Dan juga mereka setiap bulan nya sudah bisa di pastikan pay out dari AdSense. Karena blog mereka sudah populer. Tapi bagaimana dengan kita yang blog-nya masih berada di papan bawah? Tentu akan kesulitan bila ingin mengikuti jejak mereka.

Coba bayangkan saja! Dari segi pengalaman pun sudah di pastikan tertinggal jauh. Di tambah kemampuan menulis artikel yang SEO friendly, sedangkan kita berada di halaman pertama Google saja, susahnya minta ampun. Mereka paham akan ilmu SEO, nah kita menu-menu yang ada di Google Search Console pun masih kebingungan. Lalu penargetan kata kunci yang tepat, nah kita, buat judul aja masih sering bingung. Jadi sudah di pastikan kita akan kesulitan jika mengikuti mereka.

Tapi meski begitu, bukan berarti kita menyerah begitu saja! Sebenarnya ada cara lain yang lebih ringan dan tidak terlalu memakan banyak pikiran untuk membagi waktu kita. Dan juga kita tetap bisa ngeblog dan beraktifitas seperti biasanya.

# 1. Konsisten dengan satu blog

Cobalah mulai sekarang untuk fokus atau konsisten hanya dengan satu blog. Karena memiliki banyak blog, itu hanya akan membuat kamu bingung untuk membagi kontennya. Apa lagi jika Niche nya gado-gado semua, sudah pasti akan bingung sendiri ketika membuat satu artikel, mau di posting dimana. Kecuali jika memang kamu punya dua blog, dan masing-masing blog Niche nya berbeda (blog 1: kesehatan, blog 2: edukasi). Itu akan mudah. Tapi bagaimanpun, kamu tetap harus membuat konten untuk keduanya, dan itu akan membuat kamu pusing sendiri.

Jika kamu hanya punya satu blog ataupun fokus pada satu blog, maka kamu pun tidak akan bingung ketika ingin membuat artikel dan harus di posting dimana. Karena sudah pasti, akan di posting di satu blog. Dan itu akan membuat kepala kamu sedikit lega, bukan? Dan tentunya kamu masih bisa beraktifitas seperti biasanya.

# 2. Konsisten terhadap waktu

Blogger terkenal dengan kebebasan waktu dalam beroperasi. Itu artinya tidak ada batasan waktu kita untuk ngeblog. Tapi bila kita pun setiap hari di sibukkan dengan kegiatan blogging, tentu kita pun akan kesulitan membagi waktu kita untuk kegiatan yang lainnya. Karena meski blog kamu sudah menghasilkan banyak uang, tentu saja kamu pun perlu menghirup udara segar dan melihat dunia nyata yang luas, bukan?  Jadi alangkah lebih baiknya jika kamu bisa membagi waktu kamu, dalam hal blogging dan dunia nyata.

Jadi mulai kedepannya, buatlah jadwal untuk kegiatan ngeblog kamu. Misal: Senin malam blog walking, Selasa malam browsing nyari inspirasi, Rabu malam, bikin artikel, Kamis malam posting artikel, Jumat malam - Senin malam promosi sambil santai. Itu hanya contoh saja. Selanjutnya kamu sendiri yang menentukan jadwal kamu.

# 3. Liburan

Meskipun blogger kerjanya semaunya, tapi yang namanya manusia pasti perlu liburan. Ya, karena liburan di percaya dapat menyegarkan pikiran kita kembali. Nah apa lagi untuk blogger, yang setiap harinya di sibukkan dengan memikirkan konten, teknik SEO, dan yang lainnya. Maka dari itu perlu di laksanakan nya liburan untuk blogger.

Begitu pun kamu, kamu jangan terlalu fokus dengan blog kamu. Karena bagaimanapun, blog tetaplah blog. Dan soal trafik atau pendapatan, itu tergantung bagaimana kita memolesnya. Dan kunci sebenarnya cuma pada artikel nya. Jadi liburan pun penting! Karena dari liburan, siapa tahu kamu menemukan inspirasi untuk menulis sesuatu yang menarik. Dan siapa tahu setelah di posting di blog, bisa menjadi viral. Bukankah itu menyenangkan?

Dari ketiga cara di atas, itu hanya tips biasa saja buat kamu yang masih bingung dalam mengatur waktu kamu untuk ngeblog dan kegiatan di dunia nyata. Dan tentunya meski biasa, bisa kamu coba di rumah. Dan di harapkan bisa membantu kamu yang kesulitan membagi waktu kamu. Semoga bermanfaat....

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon