Langkah Awal Membangun Channel Gaming

"Nge-game adalah salah satu cara orang untuk membuang rasa jenuh di dalam pikirannya, ataupun untuk hiburan. Tak ayal banyak pengembang Game yang terus meluncurkan Game-game baru yang lebih menarik dari seri sebelumnya. Tapi tahukah kamu jika nge-game bisa jadi bisnis?"

Di era media sosial sekarang, kegiatan apapun bisa di jadikan bisnis dan menghasilkan uang. Di YouTube contohnya. Banyak orang yang berkreasi membuat video karya mereka sendiri lalu di upload ke YouTube, dan menghasilkan uang. Itu sudah bukan kabar yang aneh atau asing lagi. Dan kamu pun pasti percaya, bukan? Jika tidak, mana mungkin banyak orang biasa yang terkenal dan sukses di YouTube. Namun pada postingan kali ini, saya sedikit tertarik membahas mengenai channel gaming di YouTube.

Apa sih channel gaming itu? 

Channel gaming itu, sebuah saluran di YouTube yang isi kontennya berupa orang yang dengan serunya bermain Game-game yang mereka sukai. Dengan di balut ekspresi yang konyol ketika bermain Game, itu membuat keseruan tersendiri bagi mereka maupun yang menonton. Dan kamu juga pasti tertarik juga, kan? Tapi sayangnya, tidak sembarang orang yang bisa sukses dengan channel gaming YouTube nya.

Lalu, bagaimana saya bisa sukses di channel gaming? 

Semua orang bisa sukses, tergantung cara kita mengelola channel kita itu. Di karenakan, kesuksesan sebuah channel tergantung cara dari pemilik channel tersebut memolesnya. Adapun hal lainnya, adalah strategi si pemilik dalam melakukan promosi ataupun pencitraan sebuah brand (merek channel YouTube nya).

Saya pengen buat channel gaming, tapi nggak pede bertingkah konyol di depan kamera. 

Tidak perlu bertingkah konyol di depan kamera, ataupun ingin terlihat lucu. Karena, karakter orang itu berbeda-beda. Jika kamu bukanlah orang yang humoris atau pede abis, itu akan sulit untuk kamu bertingkah konyol. Cukuplah berkomentar di balik layar tentang Game yang sedang kamu mainkan, ataupun mereview Game-game yang baru rilis, atau juga bisa memberi trik-trik Game yang sedang populer. Tidak ada hal yang sulit, bukan?

Apa dengan begitu, channel saya bisa sukses? 

Jika kamu hanya buat video terus upload di YouTube, dan seterusnya kamu diam saja, apakah bisa menggaet orang untuk menonton video kamu? Tentu hanya im4j1ner saja kan? Ibaratnya kamu punya tomat untuk di jual. Tapi kamu hanya diam di dalam rumah, dan tidak pernah memperkenalkan tomat kamu. Apakah akan ada yang beli tomat kamu? Jadi, setelah membuat video dan mengunggahnya, langkah selanjutnya melakukan optimasi atau promosi.

Bagaimana agar video saya mudah di temukan dan sering di sarankan? 

Untuk membuat video kamu mudah di temukan, adalah dengan cara konsisten meng-upload video di channel YouTube kamu. Semakin banyak video yang kamu upload, maka semakin banyak pula kesempatan untuk video kamu di sarankan dan di temukan. Terlebih jika video yang kamu upload menjadi viral. Pasti berpotensi menjadi trending. Dan juga masukkan channel kamu ke dalam kategori yang sesuai (dalam hal ini gaming). Supaya dapat di kelompokkan dengan mudah, dan relevan untuk di sarankan.

Bagaimana supaya video saya menjadi viral? 

Bila kamu ketikkan kata kunci "supaya video menjadi viral di YouTube" pasti semua artikel yang kamu baca, merujuk supaya kamu membuat video yang kreatif, unik, berkualitas, serta original. Yap, itu jawaban yang sangat tepat! Tapi sayangnya, kamu tidak berkenan dengan jawaban tersebut. Jangan khawatir! Untuk menjadi viral, kamu sendiri yang bisa membuat video kamu menjadi viral. Dengan cara yang kamu suka, dan membagikannya ke orang yang relevan dengan video kamu. 

Catat!!! Silahkan remix video creative common, dengan cara kamu sendiri, supaya menjadi lebih menarik. Namun, jangan yang berhak cipta!


Apa maksudnya berhak cipta? 

Video yang berhak cipta, artinya video tersebut tidak di ijinkan oleh pemiliknya untuk di publikasi ulang oleh orang lain, boleh di publikasi ulang namun tidak boleh di komersil kan, dan lain-lain. Intinya, harus ada ijin secara resmi supaya kamu bisa menggunakan video tersebut secara leluasa. Hindari video yang berhak cipta. Jika tiga kali mendapat teguran keras dari YouTube, channel Anda akan di hapus.

Note: hati-hati juga dalam pemilihan backsound, ataupun ada Game yang memuat lagu berhak cipta.

Nah itu di atas tadi beberapa awal langkah untuk memulai channel YouTube. Entah itu gaming, ataupun yang lainnya. Karena pada dasarnya, prinsip di atas bisa di terapkan untuk Niche apa saja. Tapi bagiamana untuk memulai channel gaming? Tidak perlu risau! Mulailah dengan perlahan dan percaya diri. Anggap kamera itu adalah rekan kamu yang sedang di samping kamu. Mainkan Game yang kamu suka, supaya tidak jenuh, dan juga berinteraksi lah dengan pemirsa (anggap banyak orang yang lagi nonton video kamu).

Sebenarnya, mengelola channel gaming tidaklah sulit. Karena tidak perlu memikirkan ide untuk membuat video apa. Karena, kita cukup merekam Game yang sedang kita mainkan, dan setelahnya tinggal edit. Saya sarankan! Saat pengeditan, usahakan supaya video kamu benar-benar menarik dan layak untuk di tonton. Setelahnya, tinggal upload di channel kamu, lalu beri judul yang nendang berikut deskripsinya, dan terakhir beri tag yang tertarget.

Jadikanlah itu hobi! Anggap saja kamu tidak ada yang bayar. Jadi, mainlah Game seperti biasa kamu bermain. Karena jika pikiran kamu hanya di uang, maka tidak akan lama channel kamu berdiri. Anggaplah upah dari YouTube sebagai bonus kamu meramaikan YouTube.

0 Response to "Langkah Awal Membangun Channel Gaming"

Post a Comment

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel