Thursday, November 24, 2016

Konten Yang Segar Yang Di Butuhkan Pembaca

Membuat konten dalam sebuah blog dalam berbentuk tulisan atau artikel, adalah bagian yang terpenting yang harus di kuasai oleh semua blogger. Keahlian mereka untuk menulis sesuatu yang segar dan bermanfaat untuk para pembaca, tentunya sangat di perlukan. Karena di harapkan, dapat membuat pembaca jadi mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dan pastinya menemui titik temu untuk semua permasalahan yang pengunjung cari.


Banyak blogger pemula yang masih kebingungan dalam kasus ini. Harus memulai tulisannya dari mana? Dan harus menulis hal apa? Supaya bisa menarik pengunjung Google untuk membaca dan mengunjungi blognya. Padahal sebenarnya, mereka hanya cukup menulis apa yang benar-benar di kuasai nya. Meski begitu, bukanlah hal yang mudah untuk membuat artikel yang dapat menarik pengunjung Google, supaya mau mengunjungi blog kita untuk membaca artikel terkait yang mereka cari. Walaupun artikel kita berada di puncak pencarian Google.


Persaingan yang semakin ketat dengan para blogger lain di mesin pencari, adalah faktor utama yang harus bisa di hadapi, supaya konten yang kita suguhkan bukan hanya sebagai pajangan di mesin pencari Google. Tapi di harapkan bisa mendatangkan pengunjung, dan tentunya membuat trafik blog kita menjadi naik. Mungkin dalam hal ini ada kaitannya dengan teknik SEO. Tapi sayangnya, teknik SEO saja tidak akan berfungsi dengan baik. Jika kita tidak bisa menulis sesuatu yang benar-benar membuat pembaca menjadi menyelesaikan permasalahannya.


Pengunjung organik (datang langsung dari mesin pencari) tentunya mencari sebuah referensi yang dapat menyelesaikan permasalahannya. Karena mereka datang, dengan menuliskan kata kunci di mesin pencarian. Dan Google ataupun mesin pencari lainnya, akan bekerja sesuai dengan algoritma nya untuk dapat menyuguhkan deretan konten dengan kata kunci yang serupa (sesuai yang di tuliskan pengunjung di kolom pencarian). Dalam hal ini, penargetan kata kunci sangat berpengaruh besar. Tapi sayangnya, jika artikel kita terasa biasa saja, tentunya tidak akan bisa menarik pengunjung itu untuk kembali membaca tulisan kita.


Sedangkan apa yang di cari oleh pengunjung organik, adalah konten yang benar-benar dapat menyelesaikan semua permasalahannya. Mungkin saja mereka akan membaca tulisanmu, karena konten kamu berhasil menduduki halaman pertama pencarian Google, dan berada di urutan pertama. Tapi jika tulisan kamu tidak sesuai dengan yang di harapkan pengunjung, sudah pasti mereka akan menutup laman blog kamu, dan membaca artikel lainnya, yang sudah Google siapkan di halaman pertama tersebut. Jadi, usahakanlah membuat artikel yang bisa menyelesaikan permasalahan pengunjung, tanpa membuat pengunjung mencari artikel dari blog yang lainnya.


Jika demikian, kita pasti membutuhkan cara tentang bagaimana agar kita bisa menulis sesuatu yang benar-benar di butuhkan oleh pengunjung. Dan mungkin catatan di bawah ini, bisa di jadikan referensi untuk kamu yang masih bingung harus memulai tulisan kamu dari mana, dan mau menulis apa.


# Tulislah sesuatu yang benar-benar kamu kuasai


Kadang para blogger pemula sering memaksakan kehendaknya untuk menulis sesuatu yang di luar kemampuannya. Hingga akhirnya mereka merasa buntu untuk melanjutkan tulisannya. Walaupun kamu beberapa kali membaca informasi yang ingin kamu tulis, belum tentu kamu akan sepenuhnya bisa merubah informasi itu kedalam tulisan kamu seutuhnya. Karena informasi itu, benar-benar di luar kemampuan kamu.


Contoh kecilnya: dalam hal menulis cerpen, kamu adalah ahlinya. Tapi suatu hari, kamu membaca sesuatu yang menarik. Taruhlah sebuah artikel yang membahas teknologi terbaru. Dan kamu ingin menuliskannya kembali di blog kamu dengan gaya tulisan kamu sendiri. Dengan harapan dapat mengundang banyak pembaca. Pasti kamu tidak akan mampu! Karena itu adalah di luar keahlian kamu. Paling tidak ujung-ujungnya kamu copy paste, dan mengubah beberapa kata di dalamnya. Kecuali kamu memang benar-benar menguasai hal tersebut.


Saya sarankan supaya kamu menulis sesuatu yang benar-benar kamu sukai dan kamu kuasai. Dengan begitu kamu tidak akan pernah merasa bingung mau menulis apa, dan memulainya dari mana. Paling tidak bila kamu kehilangan ide, kamu bisa baca-baca artikel yang sesuai dengan yang kamu kuasai, maka ide kamu pun akan muncul kembali. Dan tentunya bisa lebih segar dari yang kamu baca itu.


# Carilah tempat yang nyaman untuk menulis


Di saat kita mendapat ide menulis, dan di saat itu pula kita ingin langsung menulisnya untuk di publikasikan di blog kita. Tapi sayangnya tempat yang sedang kita tempati itu tidak mendukung keadaan (berisik dan mengganggu). Tentu kita tidak akan bisa menulis dengan nyaman. Ide yang tadinya muncul, bisa menjadi hilang kembali. Maka dari itu, carilah tempat yang nyaman.


Tempat yang nyaman untuk menulis, akan berpengaruh besar terhadap hasil tulisan kita. Karena semua inspirasi yang kita dapat, akan terkumpul di kepala kita. Dan akhirnya kita bisa dengan nyaman menulis apa yang ingin kita tulis itu. Dan pastinya kita juga dapat mengoreksi kata demi kata yang kita anggap kurang pantas untuk di sampaikan. Dan pada akhirnya, tulisan kita pun menjadi lebih berkualitas. Karena kita sendiri menulisnya dengan penuh ketenangan dan kenyamanan.


# Buatlah ide baru dari tulisan yang sudah ada sebelumnya


Meskipun kita menulis sesuatu yang kita suka, tidak di pungkiri pula kita pun akan kekurangan ide. Dan itu pasti akan memaksa kita untuk mencari inspirasi. Dan pada saat itu pula, kita akan browsing di internet, dan mencari-cari artikel yang sesuai minat kita. Dan di harapkan dapat melahirkan inspirasi bagi kita. Ya, itu adalah langkah yang tepat. Tapi bila kita pun hanya mengulas ulang dari yang sudah ada, tentunya tidak akan mendapat nilai yang plus juga. Alangkah baiknya bila di beri ide-ide segar atau baru.


Saya yakin semua artikel yang tersuguh di mesin pencari, pasti memiliki kekurangan. Dan kamu bisa mencari kekurangan tersebut untuk di jadikan ide untuk menulis hal yang baru, yang belum di jelaskan oleh artikel terdahulu. Dengan di balut gaya tulisan kamu yang khas, serta penyampaian yang secara detil, akan membuat tulisan kamu terasa segar dan memiliki ide-ide baru untuk pembaca blog kamu.


Pada dasarnya pembaca akan lebih menyukai blog yang memiliki kaya akan informasi. Dan bila satu artikel kamu mampu membuat pembaca puas, maka tidak di pungkiri mereka akan kembali lagi, dan juga mencari artikel-artikel kamu yang lainnya. Dengan kata lain, pembaca menjadi betah berlama-lama di blog kamu. Dan bisa jadi, blog kamu akan di bookmark oleh mereka. Dan mereka akan berlangganan blog kamu.


Tulislah sesuatu yang benar-benar kamu kuasai dan sukai, dan berilah tulisan kamu ide-ide yang baru dan segar. Maka pembaca akan berterimakasih kepada kamu. Karena secara tidak langsung, tulisan kamu menyelesaikan permasalahan mereka dan menjawab apa yang menjadi pertanyaan mereka. Konten yang berkualitas, adalah ujung tombak dari sebuah blog.


Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon