Friday, November 18, 2016

Ingin Membuat Blog? Perhatikan 4 Hal Ini!

Membuat sebuah blog di jaman sekarang, telah menjadi perbincangan hangat di jagat internet. Bahkan di forum-forum atau komunitas online pun, banyak yang membahas bagaimana caranya membuat sebuah blog? Padahal, membuat blog itu bukanlah perkara yang sulit, sesulit yang di bayangkan para calon blogger. 

Namun, yang harus di ketahui dari kesulitan membuat blog itu adalah, supaya blog itu menjadi di kenal banyak orang dan populer. Ya, banyak pula cara yang telah di tuangkan oleh para master blogger tentang bagaimana caranya membuat blog itu di kenal banyak orang dan populer. Dan kamu bisa belajar banyak dari mereka.

Memiliki sebuah blog, bukan cerita tentang bagaimana kita membagikan konten kita kepada pengguna internet. Katakanlah, membuat konten itu hal yang mudah (konten: artikel, gambar, video). Dan juga membagikan konten yang kita buat itu adalah hal yang paling mudah. Bisa melalui media sosial, atau berbicara langsung kepada rekan kamu, bahwa kamu telah memposting konten kamu di blog kamu. Yang jadi masalah, mau tidaknya orang yang kamu rujuk, untuk melihat konten kamu?

Dalam kasus ini adalah tentang membuat blog. Maka saya akan membahas bagaimana caranya membuat blog dan tingkat kesulitannya. Namun sebelum itu, ada hal yang harus kamu ketahui sebelum membuat blog. Yaitu mengetahui perbedaan antara blog dan website. Karena mereka tidak sama dan tidak akan pernah sama.

Blog adalah situs online yang di kelola oleh satu orang untuk kepentingan pribadi. Entah itu untuk catatan harian atau sekedar tulis-menulis. Bahkan sekarang, perkembangan blog sudah menjadi multi fungsi. Contohnya: tutorial, informasi, bahkan berita pun di muat dalam sebuah blog. Tergantung kehendak pemilik blog itu sendiri. Atau bahkan untuk ajang komersial. Itu sah-sah saja.

Website adalah situs online yang di kelola oleh satu orang atau lebih, dan biasanya di buat untuk keperluan komersial perusahaannya. Bahkan sekarang, para manajemen artis pun membuat website untuk menampung atau memuat informasi mengenai artisnya dan di bagikan kepada fans-fans nya. Supaya mereka bisa lebih dekat dengan para penggemarnya. 

Dalam keterangan tersebut, bisa di simpulkan bahwa blog dan website itu memanglah berbeda. Jika blog itu adalah sebuah situs yang di buat secara kepentingan pribadi, sedangkan website di buat untuk kepentingan bisnis suatu perusahaan. Kamu bisa baca-baca lagi mengenai perbedaan blog dan website di pencarian Google.

A. Membuat blog

Membuat blog adalah suatu pilihan yang harus benar-benar kamu pertimbangkan. Karena sebelum kamu membuatnya, kamu harus tahu terlebih dahulu apa motivasi kamu membuat blog? Jika pada awalnya motivasinya adalah ingin mendapat uang, maka saya menyarankan kamu untuk membuat situs jual-beli online, dan kamu bisa iklankan barang-barang yang ingin kamu jadikan uang. 

Pada faktanya, orang yang membuat blog atas motivasi mendapat uang dari blog, tidak akan pernah lama eksis di blog nya, bahkan blognya bisa terbengkalai begitu saja di dunia internet. Atau bahkan bisa sampai membuat banyak blog untuk bisa menghasilkan uang, yang akhirnya akan tidak terurus juga, dan bisa menjadi blog spam di internet saja. Kenapa saya katakan blog spam? Karena blog itu sudah tidak terpakai lagi.

Percayalah, mendapat uang dari blog itu tidak semudah yang kamu bayangkan. Karena tujuan membuat blog itu untuk memberi suatu konten yang segar dan yang belum pernah di buat orang lain. Supaya memberi nilai lebih kepada blog yang kamu kelola. Jadi intinya, membuat blog itu harus berdasarkan ketulusan hati kita sendiri. Dan telah menentukan hal apa yang ingin kita bagikan? Karena itu adalah poin yang penting.

B. Tempat membuat blog 

Di era sekarang, kamu tidak perlu bingung-bingung untuk membuat blog di platform yang mana? Karena di internet banyak platform penyedia pembuatan blog. Namun bila kamu ingin tahu mana yang paling banyak di gunakan, kamu bisa pilih di antara Blogger atau  WordPress karena kedua platform tersebut, platform yang paling banyak di gunakan para blogger.

Apa kelebihan WordPress dan blogger? Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan itu tergantung dari kebijakan yang di terapkan oleh kedua platform tersebut. Sedikit referensi untuk kamu. 

Pada WordPress kamu bisa mendapatkan template yang keren dan terlihat premium, meskipun template yang kamu gunakan itu adalah template gratis yang sudah di sediakan oleh wordpress nya. Bahkan juga pada area beranda tempat kamu mengelola blog kamu, kamu akan mendapat pengalaman yang menarik, dengan interface yang di sediakan wordpress. Dan juga pada laman tempat kamu menulis, kamu di sediakan perangkat yang dapat memperindah tulisan kamu. 

Dan buat kamu yang hanya mengelola blog kamu melalui smartphone saja, jangan khawatir! Karena aplikasi wordpress hampir sama dengan website nya. Jadi kamu tidak perlu mengunjungi websitenya untuk mengedit tulisan kamu lagi. Cukup pada aplikasinya saja.

Namun yang di sayangkan pada WordPress adalah, kamu tidak bisa memasang iklan di blog kamu. Dan jika kamu memaksa, maka blog kamu akan di hapus oleh pihak wordpress nya. Kecuali kamu meng-upgrade blog wordpress kamu menjadi self-hosting dan memiliki domain sendiri. Pelajari lebih lanjut mengenai self-hosting dan domain. 

Pada Blogger kamu akan di suguhkan interface yang sederhana, dan akan di sediakan template yang sederhana pula. Bahkan pada laman tempat kamu menulis pun, kamu akan merasakan kesederhanaan dari Blogger. Jangan khawatir, kamu pun dapat mempercantik tulisan kamu melalui perangkat yang di sediakan Blogger nya sendiri. Dan masalah template, kamu bisa menggunakan template dari pihak ketiga atau kamu membuatnya sendiri (jika kamu bisa). Begitupun pada WordPress. 

Namun yang di sayangkan, aplikasi Blogger tidak semirip dengan websitenya. Itu artinya, buat kamu blogger Smartphone akan kesulitan ketika menulis konten pada aplikasi Blogger untuk memperindah tulisan kamu. Karena perangkat yang di sediakan Blogger pada aplikasinya sangat sederhana sekali. Ini sekaligus memberitahu kita, bahwa Google suka yang simple-simple.

Namun pada Blogger, kita di beri kesempatan untuk mendapatkan uang dari blog yang kita kelola, dengan cara menayangkan iklan Google di blog kita. Tapi memerlukan proses yang tidak mudah.

Dari sedikit referensi di atas, kamu bisa memilih sendiri platform mana yang akan kamu pilih untuk membuat blog gratis. Itu semua tergantung keinginan dan kebutuhan kamu. Dan yang penting harus bisa mengelolanya dengan baik.

C. Konten

Ini adalah hal yang paling intim dari sebuah blog. Iya, konten itu ibaratnya dalam sebuah klub sepak bola adalah play-maker. Tugas play-maker sendiri untuk mengatur jalannya permainan supaya timnya dapat menerobos pertahanan musuh dan menciptakan goal kemenangan. Sama dengan halnya konten. Konten yang menarik, akan membawa blog menuju kesuksesan bagi pemiliknya.

Meski begitu, kamu tidak bisa sembarangan membuat konten. Apa lagi bila kamu berniat copy paste, lebih baik urungkan niat untuk menjadi blogger. Karena itu bukanlah sifat terpuji bagi seorang blogger sejati. Lagi pula, tindakan copy paste itu sama dengan perbuatan mencuri, yaitu mencuri konten orang lain untuk kepentingan diri sendiri.

Saya dulu juga pernah melakukan copy paste, sebelum saya tahu jika menulis konten itu benar-benar butuh pemikiran yang matang, dan mencari referensi dari sumber-sumber yang terpercaya. Dan bahkan, bisa sampai membuat otak saya menjadi white out, ketika merasa bingung ingin menulis apa, di saat kehilangan ide untuk menulis. Dan akhirnya, saya berhenti melakukan hal itu.

Jika kamu memiliki hobi menulis, mungkin kamu tidak akan kebingungan akan menulis apa, dan malah itu bukanlah suatu tantangan yang serius, yang akan membuat kamu nge-down dalam hal blogging. Konten yang asli atau original, akan mendapat tempat tersendiri bagi tiap-tiap penggunanya atau pengunjungnya. Dan bahkan dapat membuat blog kamu menjadi populer bagi orang yang relevan dengan blog yang kamu kelola. 

Niche itu di perlukan dalam sebuah blog. Karena Niche itu yang akan mengelompokkan blog kita ke dalam blog aliran apa? Jika kamu membuat blog dengan Niche tutorial, maka fokuslah dengan hal-hal yang berbau tutorial. Maka blog kamu akan bisa di ingat dan di book mark oleh pengunjung blog kamu. Jangan ikuti blog ini, karena blog ini bersifat alternatif (apa saja yang ada di otak).


D. Berbagi konten blog

Ini adalah ujung tombak dari kepopuleran blog kamu. Yap, berbagi konten yang telah kamu buat adalah hal yang paling menentukan dalam menembus pasar konten internet. Meski terlihat mudah, tapi tidak semudah seperti yang di lihat atau di bayangkan. Karena ini seperti strategi marketing, artinya kita perlu memahami hal apa saja yang sedang ramai di bicarakan. Karena jika sampai salah tempat membagikannya, maka tidak akan ada yang berminat dengan konten yang kamu suguhkan.

Poin penting dalam hal membagikan konten adalah, tempat yang tertarget yang akan kamu bagikan untuk konten kamu. Karena jika kamu memasarkan kosmetik pada ibu-ibu yang sedang mencari bahan makanan, kosmetik kamu akan di abaikan, meski kosmetik itu dari Eropa.

Media sosial adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan konten kamu. Meski seperti itu, kamu pun harus tetap mencari grup atau komunitas yang membahas hal yang sama dengan Niche blog kamu. Maka dari situ, kemungkinan besar konten yang kamu suguhkan akan di lirik banyak orang. Pahami lebih lanjut tentang berpromosi konten. 

Postingan ini sebagai referensi kamu yang ingin memulai terjun di dunia blogging. Sekedar untuk memantapkan ambisi kamu menjadi seorang blogger. Dan yang paling penting, fokuslah dulu pada blog yang kamu kelola. Soal uang, itu hanya bonus.

Next

Related

1 komentar

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon