Dapat Uang Hanya Dengan Menulis? Mau?

Mempunyai hobi menulis adalah suatu bakat yang harus di kembangkan. Dimana sekarang, sebuah tulisan yang indah dapat di temukan dengan mudah, tanpa harus melamar ke media cetak ataupun penerbit buku lainnya.

Ya benar sekali! Kamu bisa menjadikan tulisan mu sebagai penghasilan sampingan kamu sendiri. Itu lumayan untuk tambahan uang saku. 

Di jaman serba internet ini, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk mewujudkan impian kita. Salah satunya sebagai penulis, tentu kita bisa menyalurkan bakat kita dengan mudahnya. Tanpa harus menunggu persetujuan dari pemilik penerbit buku-buku fiksi atau non-fiksi.

Kita juga tentu tahu bahwasanya di internet banyak orang yang sudah meraup keuntungan, hanya dengan menulis saja. Setiap hari mereka menulis sesuatu yang menarik, dan bisa menghasilkan uang tambahan untuk sekedar ngopi selama satu tahun.
1. Menjadi penulis lepas

Menjadi seorang penulis lepas, sering kali di anggap pekerjaan yang melelahkan oleh sebagian orang. Karena setiap harinya kita harus menulis sesuatu yang baru dan segar. Dan itu tentunya memerlukan ide yang cemerlang yang di hasilkan oleh otak kita.

Tapi jika kamu suka menulis, tentu itu bukanlah hal yang sulit untuk di kerjakan, apa lagi melelahkan. Malahan itu akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Karena itu sesuai dengan hobi kita.

Ada banyak tempat di internet untuk kita melamar sebagai penulis lepas, bahkan tak jarang pemilik situs-situs terkenal mencari seorang penulis lepas (seperti jalantikus.com) dan banyak lagi. Tapi bila kamu ingin mencari atau memilih sendiri job yang kamu inginkan, kamu bisa mendaftar di website ternama.

Ada banyak website yang bisa kamu pilih untuk mencari dan melamar sebagai penulis lepas. Seperti di freelancer, dan sribulancer. Kedua situs itu akan mempertemukan pemilik situs yang sedang mencari penulis lepas, dan juga sang penulis lepas nya sesuai dengan kriteria yang di sebutkan kedua belah pihak.

Bila kamu berminat untuk bergabung, saya sarankan untuk memilih kategori yang memang sesuai dengan kemampuan kamu. Karena tidak mungkin bila kamu melamar pekerjaan yang tidak sesuai keahlian kamu. Itu akan sulit dan kamu akan menyerah.

Banyak tarif yang di tawarkan oleh pemilik situs, tergantung dari artikel yang di inginkan. Dan juga kamu bisa negosiasi secara langsung dengan si pemilik situs ketika akan melamar (itu contoh di sribulancer).  Bila kamu berminat, silahkan cari informasi lebih lanjutnya di pencarian Google, lalu mendaftar bila merasa cocok.

2. Membuat e-book

E-book atau buku elektronik, memang bisa di katakan sebagai alternatif yang paling keren ketika tulisan kamu susah di terima oleh perusahaan penerbit novel ataupun buku-buku lainnya. Bahkan juga pantas untuk kamu yang mempunyai keinginan membuat buku sendiri.

Degan membuat e-book, kamu tidak perlu memikirkan bagaimana tulisanmu akan di pasarkan, dan bagaimana tulisan kamu akan di cetak. Karena itu semua bisa kamu lakukan seorang diri. Dengan hanya mengandalkan komputer dan software yang di butuhkan untuk membuat e-book.

Dimana untuk memasarkannya? Untuk memasarkan e-book buatan kamu, bisa kamu lihat di GooglePlay! Kamu cari e-book di sana. Di situ banyak sekali e-book yang sudah siap di download. Ada yang versi gratis, dan ada yang versi berbayar. Kamu bisa tentukan sendiri mengenai harganya.

Bila kamu berminat untuk membuat e-book, kamu bisa cari informasi selengkapnya di pencarian Google. Termasuk cara upload e-book kamu di PlayStore.

3. Membuat blog pribadi

Cara yang ini adalah cara yang paling umum di lakukan. Ya, karena selain gratis juga memang terbukti menguntungkan. Contoh yang paling nyata adalah Raditya Dika. Kamu pasti tidak asing dengan nama itu bukan? Ya, siapa sangka dia bisa populer dari sebuah blog. Dan sekarang, dia banyak menciptakan karya-karya yang fantastik.

Tentu bukan hanya Raditya Dika saja. Banyak para blogger di Indonesia lainnya yang sukses hanya dengan mengelola blog gratisan. Dan kamu tahu apa kerjaannya? Cuma menulis sesuatu yang ingin dia tulis, dan di bagikan kepada orang banyak. Tentu itu terlihat ringan bukan?

Tapi meskipun begitu, tidak serta-merta kita menganggap itu hal yang mudah. Karena pasti memerlukan sebuah perjuangan dan waktu yang tidak sebentar. Tapi saya yakin, jika kamu bersungguh-sungguh dalam mengejar keinginan, pasti suatu saat akan berhasil. Apa lagi impian kamu adalah menjadi seorang penulis, pasti banyak cara untuk menggapainya.

Tiga cara di atas hanya sebagai review saja, tentu masih banyak lagi cara-cara yang bisa menghasilkan uang hanya dengan menulis. Tapi cara di atas adalah cara yang paling mudah menurut saya. Tapi bagaimanpun, itu semua tergantung dari passion kita sendiri. Karena pekerjaan apapun jika di lakukan berdasarkan hobi, pasti akan terasa ringan.

0 Response to "Dapat Uang Hanya Dengan Menulis? Mau?"

Post a Comment

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel