Thursday, November 24, 2016

Cara Membuat Blog Yang Bermanfaat Dan Menjadi Pionir

Ngeblog adalah kegiatan yang sangat positif untuk di lakukan. Karena selain kita menyalurkan bakat ke kedalam tulisan kita, tentu juga bisa berbagi hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain. Dan secara tidak langsung, kita sudah berkarya untuk diri kita sendiri. Iya, berkarya di dunia internet. 

Maraknya perkembangan dunia blogging, tentunya di harapkan dapat membuat kemajuan di negara kita tercinta (Indonesia) dalam hal teknologi. Karena, jika kita punya sebuah blog, pastinya kita akan terus mencari tahu apa yang belum kita mengerti dalam hal blogging, dan juga pasti akan sedikit mengetahui apa itu kode HTML, PHP, JAVASCRIPT, dan lain-lainnya. Dan tentunya kita akan tetap belajar bagaimana caranya mengembangkan sebuah blog, hingga menjadi blog yang profesional. 

Dalam hal ini, tentu akan sangat menarik juga bila blog yang kita kelola menjadi terkenal dan populer. Apa lagi jika menjadi pionir bagi blogger-blogger pemula untuk belajar lebih dalam mengenai hal blogging. Pasti akan membuat kesan tersendiri untuk kita. Berikut bagaimana caranya supaya blog kita, bisa menjadi pionir dan bermanfaat bagi orang lain.

1. Buatlah konten yang positif
Banyak blogger di antara kita yang terpancing untuk membagikan konten-konten yang negatif (kekerasan, provokasi, pornografi, dan lain-lain). Hal itu hanya untuk mendapat trafik yang tinggi. Ya, siapa sih yang nggak mau blognya banyak pengunjungnya? Karena itu harapan semua blogger (blognya banyak yang berkunjung). Tapi bukankah itu konten yang tidak baik untuk orang lain?

Apa lagi sekarang, internet bukan hanya di gunakan untuk orang dewasa saja. Anak kecil pun sekarang sudah sering mengakses internet. Nah, alangkah lebih baik jika kita membuat konten yang positif. Siapa tahu blog kita akan bermanfaat bagi orang lain, dan tentunya bisa menjadi pionir untuk orang lain, demi kehidupan yang lebih baik lagi.

Konten-konten yang memuat artikel tentang motivasi adalah konten yang sangat banyak di butuhkan. Terlebih di era sekarang, banyak orang yang telah kehilangan arah karena jalan hidupnya yang tidak berkembang ataupun maju. Jadi, bila kita membuat artikel yang dapat membuat orang itu kembali bersemangat, bukankah akan menjadi pahala untuk kita juga?

2. Buatlah artikel tentang kisah sukses seseorang

Menulis artikel tentang kisah sukses seseorang, akan berpengaruh besar untuk jalan pikiran seseorang yang tengah dilanda kegundahan karena kehidupannya yang selalu gagal dalam mengejar cita-cita ataupun impiannya.

Ketika seseorang membaca sebuah cerita biografi orang lain, dari massa kesusahan hingga masa kebahagiaan. Tentu akan memberikan energi positif pada orang yang membaca tersebut. Bukankah kita akan tersentuh hatinya bila melihat suatu film dengan jalan cerita tentang perjuangan seseorang yang penuh dengan kepedihan, hingga akhirnya dia bisa hidup bahagia? Itupun sama juga.

Orang yang hatinya tengah mengalami tekanan karena masalah hidupnya, tentu sangat memerlukan hal-hal yang positif, demi memberi semangat baru untuk jalan cerita kehidupan selanjutnya. Dan juga, akan merasa mendapat dorongan dari tulisan kita tersebut, meski kita menulis kisah sukses orang lain. Tidak perlu cerita orang yang terkenal, orang-orang di sekitar kita pun, pasti mempunyai kisah sukses. Dan itu bisa kamu tuangkan untuk tulisanmu.

3. Buatlah blog dengan konten tutorial

Blog yang memuat konten tutorial, tentu masih sangat di butuhkan oleh pengguna aktif Google. Karena masih banyak orang yang ingin belajar secara otodidak melalui browsing di internet. Hal ini di yakini mampu membuat blog yang kita kelola, akan menjadi pionir untuk orang yang ingin belajar.

Banyak tutorial yang di bahas di internet. Salah satunya tutorial tentang blogging, root Android, cara mendapatkan uang di internet, dan masih banyak lagi. Jika kita membuat blog tentang tutorial secara konsisten, dan dapat menyelesaikan semua masalah yang di hadapi oleh pengunjung blog kita, maka ada potensi orang tersebut menjadikan blog kita sebagai pionir (guru).

Jawablah pertanyaan mereka, bila mereka menulis pertanyaan di kolom komentar. Karena meskipun kamu menulis secara detil, tentu mereka pun tidak semuanya paham. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jelas, dan tetaplah ramah dengan pengunjung. Karena mereka berkomentar, artinya mereka ingin belajar lebih serius dengan kamu.

Jika kamu ingin membuat blog tutorial, tentunya tutorial yang harus berdasarkan kemampuan dan keahlian kamu. Jika kamu ahli dalam membuat patung menggunakan kayu, maka tulislah tutorialnya. Atau supaya lebih jelas, buatkan mereka video bagaimana kamu membuat patung tersebut. Jangan membuat tutorial yang kamu sendiri, tidak tahu caranya atau belum pernah melakukannya. Karena itu akan menyulitkan kamu dalam menjawab pertanyaan mereka di kolom komentar.

4. Isi blog dengan konten edukasi

Saat ini, konten-konten edukasi sangat di perlukan di negara kita. Karena, banyak pelajar yang masih belum bisa menggunakan layanan internet dengan bijak. Oleh karenanya, dengan kamu membuat artikel edukasi, di harapkan para pelajar tersebut mendapat sedikit pengetahuan dari tulisan kamu tersebut. Secara tidak langsung, para pelajar tersebut mendapat pelajaran yang belum di dapatkan di sekolahnya.

Meskipun membuat konten edukasi, tidak serta-merta artikel yang kamu buat harus seserius mungkin. Karena biasanya, para pelajar kurang mengerti gaya bahasa yang terlalu formal atau baku. Tapi jika kamu menulis dengan filosofi sederhana, tentu akan mudah di pahami. Terlebih jika mereka terhibur dan merasa puas setelah membaca tulisan kamu tersebut, maka merekapun tidak akan pernah bosan membaca tulisan edukasi kamu.

5. Buatlah artikel humor

Mungkin banyak di antara dari kamu yang bertanya, apakah artikel humor bisa bermanfaat bagi orang lain? Apakah bisa menjadi pionir? Jawabannya, Iya! Alasannya, bagaimanpun watak orang itu sangat serius, tentu mereka pun memerlukan sesuatu yang menghibur. Dan kamu bisa menulis sesuatu yang konyol untuk di bagikan kepada mereka. Ketika mereka terhibur, itu artinya tulisan kamu sangat bermanfaat bagi mereka.

Bagaimana supaya menjadi pionir? Adalah dengan cara membuat lelucon yang bermanfaat. Kamu bisa menulis cerita tentang Abunawas, karena selain cerita itu menghibur, tentu banyak pesan moral yang bisa kita petik dari cerita tersebut. Dari pesan moral itulah poin menjadi pionir nya. 

Sebenarnya masih banyak hal-hal positif yang bisa kamu tuangkan di dalam blog kamu, supaya bisa bermanfaat dan menjadi pionir bagi orang lain. Kamu bisa menemukannya secara real life, maupun ketika kamu browsing di internet. Yang terpenting dari postingan ini adalah, jadikanlah blog kamu bermanfaat bagi orang lain. Maka kelak, blog kamu akan menjadi pionir bagi pelanggan setia blog yang kamu kelola. Semoga bermanfaat...

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon