Sunday, November 27, 2016

Cara Agar Postingan Blog Tampil Di Halaman Pertama Google Secara Logika




Cara agar postingan blog muncul di halaman pertama Google


Bagaimana caranya agar blog muncul di halaman pertama Google? - Adalah pertanyaan yang sering di tanyakan para blogger pemula. Siapa sih blogger nya yang tidak mau postingannya muncul di halaman pertama Google? Apa lagi sampai berada di urutan pertama, pasti itulah yang di harapkan. Karena dengan begitu, artikel kita mempunyai potensi akan di baca banyak orang. Dan yang pasti menambah trafik blog kita.

Akan tetapi itu bukanlah hal yang mudah, karena artikel yang ada di halaman pertama Google, itu adalah artikel yang sesuai kriteria algoritma Google. Artinya, jika kita ingin artikel kita nongkrong di halaman pertama Google, kita harus bisa menguasai ilmu SEO. Tapi paling tidak, cukup mengetahui artikel seperti apa yang di butuhkan Google dan pengunjung? Karena yang paling menentukan adalah pengunjung. Karena kita tahu, yang akan membaca artikel kita itu nantinya pengunjung, bukan robot Google.






Menanam backlink agar blog muncul di halaman pertama Google


Bagaimana dengan artikel yang mengandung banyak backlink? - Itu sah-sah saja, asal kita tahu aturan mainnya. Maksudnya jangan terlalu banyak menebar link di dalam artikel kita. Apa lagi link itu bermaksud untuk mendongkrak artikel kita supaya berada di halaman pertama Google, itu akan berdampak di penalti oleh Google. Memang jika dulu backlink itu berpengaruh besar untuk teknik SEO, tapi seiring berjalannya waktu hal tersebut menjadi dampak buruk bagi blog kita di mata Google.

Google selalu memperbarui algoritma nya, supaya dapat menyuguhkan artikel yang relevan bagi penggunanya. Artikel yang di anggap tidak relevan dan terasa membohongi pengunjung, akan di depak dari halaman pertama Google. Maksud dari artikel yang membohongi pengunjung adalah, artikel tersebut mengandung kata kunci yang sesuai dengan apa yang di ketikkan pengunjung Google. Akan tetapi ketika di klik, tidak ada informasi sedikit pun dari kata kunci tersebut. Bukan kah itu membohongi? Dan sekarang, artikel semacam itu sudah mulai hilang dari permukaan pertama Google Search.

Begitupun dengan artikel yang terlalu banyak menanam backlink yang tidak relevan, perlahan-lahan akan hilang dari halaman pertama Google. Backlink yang tidak relevan itu maksudnya, di dalam sebuah artikel terdapat banyak backlink yang tidak sesuai dengan isi artikel. Bukankah itu tidak nyambung dengan apa yang di bahas? Misalkan kita membaca artikel tentang teknologi, akan tetapi kita menemukan link yang bertemakan kecantikan. Apakah itu bisa di katakan nyambung? Tentu tidak!

Jika kamu ingin membuat backlink, itu boleh-boleh saja. Asalkan backlink nya relevan dan mampu memberikan informasi tambahan ke pengunjung. Jika banyak pengunjung yang berlama-lama di blog kita, tentu itu akan membantu postingan kita berada di halaman pertama Google. Tapi kamu pun harus ingat juga. Jangan terlalu banyak menanam backlink, jika tidak ingin di anggap spam oleh robot Google. Yang nantinya akan berdampak buruk bagi blog kamu. Berilah backlink antara 2-3, dan pastikan itu relevan dengan isi artikel kamu.





Pilih kata kunci yang tepat agar postingan blogmuncul di halaman pertama Google


Kalau soal kata kunci, gimana? - Kata kunci yang tepat, itu adalah senjata yang paling ampuh untuk mendatangkan banyak pengunjung di blog kita. Karena bagaimanapun, pengunjung akan tergoda dengan kata kunci atau judul artikel yang di suguhkan. Jika kata kuncinya sesuai dengan apa yang di cari pengunjung, tanpa berpikir lama, pengunjung itupun akan langsung mengklik judulnya, dan akan di bawa ke halaman blog kita. Meskipun begitu, peran yang paling penting adalah isi artikel nya.

Jika artikelnya mempunyai kesan yang bertele-tele, itu akan membuat pengunjung bingung. Dan kemungkinan akan merasa jenuh, dan akhirnya akan menutup laman blog kita, dan mencari artikel yang lainnya yang sesuai dengan apa yang dia cari. Itu artinya, blog kita akan di tinggalkan. Nilai retensi dari perilaku pengunjung pun sangat berpengaruh untuk reputasi blog kita. Jika banyak yang meninggalkan artikel kita sebelum membaca hingga tuntas, kemungkinan besar akan di tendang dari halaman pertama Google. Karena di anggap tidak bermanfaat bagi pengunjung, meski kata kuncinya sangat menggoda.

Dalam kasus ini, sama halnya dengan apa yang saya bahas di atas. Dimana sebuah artikel mengandung kata kunci yang tepat, namun di dalam artikel tersebut tidak mengandung sedikit pun informasi seperti yang ada di kata kuncinya. Dan sekarang, karena semakin banyaknya pengunjung Google yang merasa tertipu, pengunjung pun menjadi lebih teliti. Mereka sekarang, lebih memperhatikan deskripsi, sebelum melakukan klik untuk membaca.






Daftarkan blog ke Google Search Console


Jika mendaftarkan blog ke Google Search Console, apakah kemungkinan artikel kita berada di halaman pertama Google? - Dengan mendaftarkan blog ke ke Google Search Console, itu artinya kita mengijinkan atau memberi kode kepada Google, supaya blog beserta isi-isinya segera di indeks oleh robot Google. Dan pada saat itu pula, robot Google akan segera merayapi blog kita dan isi-isinya. Begitupun ketika kita mengirim url postingan kita ke Google Add Url, itu hanya sebagai kode saja supaya konten kita cepat di indeks oleh Google.

Untuk masalah masuk di halaman pertama Google nya, itu tergantung dari kualitas konten kita sendiri. Jika konten kita mampu membuat pengunjung jadi betah berlama-lama, itu berpotensi membuat konten kita berada di halaman pertama Google. Tapi bukan berarti kita mengabaikan Google Search Console, karena itu adalah salah satu teknik SEO. Tidak ada salahnya kita mendaftarkan blog kita ke Google Search Console, supaya cepat terindeks oleh Google. Dan itupun berpotensi membuat konten kita berada di halaman pertama Google. Karena dengan begitu, Google mulai menyeleksi kelayakan konten kita untuk di suguhkan pengunjung.

Teknik SEO itu bukan hanya soal kata kunci dan optimasi SEO on-page lainnya dan juga SEO off-page. Tapi SEO itu, bagaimana kita bisa menyuguhkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengunjung blog kita. Pahami aturan main Google, dalam panduan membuat artikel. Dan juga pelajari lebih lanjut tentang pedoman webmaster tools. Jika kita bisa memahaminya dan menjalankannya, maka ada harapan untuk artikel kita muncul di halaman pertama Google.






Ingat, Google itu mesin pencari yang paling populer hingga saat ini. Dan bahkan untuk kedepannya masih di percaya akan terus di gunakan sebagai alat pencari sumber informasi. Jika saja Google menyuguhkan konten yang asal-asalan, artinya konten yang berdasarkan kata kunci saja, itu akan berpeluang besar Google akan di tinggalkan oleh penggunanya. Sedangkan visi dan misi Google adalah, memberi wawasan yang relevan untuk semua orang. Jadi, meskipun kita menerapkan segala ilmu SEO, jika konten kita di anggap miskin informasi, dapat di pastikan akan kesulitan menembus halaman pertama Google.

Dengan kata lain, di samping kita belajar ilmu SEO, kita pun juga di tuntut untuk belajar bagaimana mengetahui apa yang di butuhkan oleh pengunjung Google. Hal itu dapat kita pelajari dari perilaku pengunjung blog kita. Dengan menautkan Google analytic di blog kita, kita bisa memahami kinerja konten kita dan perilaku pengunjung. Dari situlah kamu coba pelajari perlahan-lahan. Dan yang paling penting, belajarlah membuat konten yang kaya akan informasi yang berguna bagi pengunjung. Itu berpotensi besar untuk artikel kita berada di puncak tertinggi Google.





Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon