Tuesday, November 29, 2016

Bagaimana Caranya Membuat Video Menjadi Viral? Perhatikan Hal Berikut!


Bagaimana caranya membuat video supaya viral? - Bila kamu seorang YouTuber pemula, pasti bertanya-tanya mengenai hal itu? Tidak bisa di hindari, bahwa video yang bisa menjadi viral, berpotensi membuat channel YouTube kita menjadi populer dan menggaet banyak subscriber. Tapi ternyata hal itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Harus membutuhkan usaha yang keras, dan juga keberuntungan.

Kenapa saya katakan keberuntungan? Karena itulah yang di alami oleh para YouTuber yang sudah populer sebelumnya. Tapi terlepas dari keberuntungan tersebut, kita pun memerlukan upaya yang tidak mudah. Harus terus belajar dari para YouTuber sukses lainnya, tentang cara membuat video yang viral.

Di YouTube, sudah banyak berbagai macam video dengan genre yang berbeda. Sehingga membuat kita sedikit bingung akan membuat video apa untuk channel kita? Terlebih jika kita kurang pede berhadapan dengan kamera, itu akan menjadi masalah yang serius, untuk langkah kita kedepannya. Meski begitu, masih banyak cara untuk kita tetap berkarya di YouTube.

Dari sekian banyak video yang di unggah di YouTube, tentu kita dapat menyaring dari video-video tersebut. Video apa yang paling kita sukai, itu bisa di jadikan sebuah ide yang bagus. Tapi masalahnya, kita tidak bisa membuat video yang seperti kita sukai itu.

Karena pasti kebanyakan membutuhkan ketrampilan dalam mengedit suatu video. Jangan khawatir, kamu pasti bisa menemukan ide yang lebih bagus, dari video-video yang telah ada di YouTube.

Lalu, bagaimana caranya membuat video yang bisa menjadi viral? Sebenarnya, untuk solusi seperti ini tidak lain adalah bagaimana kita berpikir tentang apa yang sering di sukai penonton YouTube.

Seperti halnya gaming, komedi, parodi, tutorial, dan banyak lagi. Kita tinggal pilih, mana yang lebih mudah untuk kita buat. Kemudian kita kreasikan dengan cara kita sendiri. Mungkin untuk referensi nya, kamu bisa membaca sedikit catatan di bawah ini.

Perhatikan video yang paling banyak di tonton oleh pengunjung YouTube

Dengan kita memperhatikan video-video yang populer di YouTube, kita akan mendapat sedikit pencerahan tentang bagaimana caranya membuat video yang banyak di tonton oleh pengunjung YouTube.

Dari pengamatan tersebut, mungkin akan menimbulkan sedikit pertanyaan di kepala kita. "Kok bisa video seperti itu menjadi populer di YouTube?" Saya yakin kamu pun pasti memiliki pertanyaan yang sama, bukan?

Sebagai contoh, video populer kemarin adalah PPAP. Dimana di dalam video itu terdapat pria paruh baya mengenakan pakaian yang serba kuning dengan motiv totol-totol hitam (seperti macan). Dan pria itu menampilkan sedikit tarian sederhana namun terlihat lucu, di tambah dengan lirik lagunya yang sangat simpel. Jika kamu pengguna YouTube, pasti kamu pun tahu video tersebut bukan?

Setelah PPAP, muncul video yang viral lagi, yaitu manekin chalenge. Dimana ada beberapa kelompok orang yang diam mematung seperti manekin yang ada di toko-toko baju. Meski begitu, itu bisa membuat video tersebut menjadi viral di internet. Lantas, apa yang membuat video itu viral? Jawabannya adalah "keunikan konten".

Konten yang unik masih di percaya sebagai ujung tombak sebuah brand (dalam hal ini channel YouTube). Coba tengok video viral lainnya! Kita pasti berpendapat bahwa video yang seperti itu saja bisa menjadi viral, padahal bagi kita itu adalah hal yang biasa-biasa saja.

Bahkan kita sendiri menganggapnya itu bukanlah hal yang menarik untuk di tonton. Lantas, kenapa bisa menjadi populer? Tak lain adalah karena peran parodi dan juga orang yang ikut membuat video tersebut, dan tak lupa orang yang membagikan ulang video tersebut ke beberapa akun media sosial yang mereka miliki.

Kamu pasti pernah mendapat kabar dari seseorang dan kabar tersebut membuat kamu penasaran. Lantas, kamu pasti akan mencari tahu dari mana kabar itu asal mulanya? Dan apakah seheboh seperti yang di ceritakan oleh teman kamu? Dengan kata lain, itu seperti halnya video yang menjadi viral.

Dengan semakin banyaknya orang yang ikut membuat video tersebut, dan juga memparodikan nya, maka akan cepat video itu menjadi viral. Di tambah dengan banyaknya orang yang men-share video itu ke berbagai media sosial yang di milikinya dan juga teman-temannya. Maka akan secara otomatis, cepat menjadi viral dan meraih jumlah tayang yang fantastis.

Berpaling dari konten yang unik, kita pun tidak boleh melupakan bagaimana caranya supaya orang yang menonton Video kita, bisa dengan sendirinya men-share video kita ke akun media sosial yang di milikinya, tanpa harus kita memberi kode "klik, komen, dan share"? Karena itu pun adalah peran penting untuk kepopuleran suatu video.

Logikanya seperti ini, ketika kamu menonton video di YouTube dan menyukainya, lalu di akhir video tersebut ada perintah share. Apakah kamu akan mengikutinya? Sedangkan pada video berikutnya, tidak kalah menariknya dari video yang pertama. Akan tetapi tidak ada perintah untuk share, namun kamu men-share nya di akun media sosial kamu.

Kejadian seperti itu pasti sering di hadapi oleh pengguna YouTube, bahkan saya yakin kamu pun pernah. Dengan memahami keadaan tersebut, kita lantas tahu apa yang membuat orang ingin membagikan video kita tanpa harus kita menyuruh.

Keunikan konten serta di balut dengan kualitas video yang original (belum pernah ada di YouTube) itulah kunci viral sebuah video. Bukankah video PPAP belum pernah ada sebelumnya? Begitu pun manekin chalenge? Itulah yang membuat kedua video itu menjadi viral.

Saya yakin meskipun banyak berbagai video yang ada di YouTube, itu tidak akan menghabiskan ide kamu untuk membuat video yang unik dan menarik untuk di tonton oleh banyak orang. Tergantung bagaimana kamu menghasilkan ide tersebut. Belajar dan terus belajar dari video-video yang sudah menjadi viral sebelumnya, itu akan membuat kamu menemukan ide untuk membuat video yang dapat menjadi viral.

Next

Related

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁
EmoticonEmoticon