How To : Install Xampp Pada Port Yang Berbeda.

Hi, welcome back to our blog dan selamat tiba kembali ditulisan saya. How's life Geek? Semoga weekendmu menyenangkan.
Hari ini aku akan sharing tips receh (alias tips yang sederhana, ga rumit, dan ga penting-penting amat). Tapi jadi penting banget buat orang ibarat aku yang lagi seneng explore. Seperti yang sanggup kalian baca di judul, hari ini kita akan bahas tips mengenai bagaimana caranya ada 2 XAMPP dalam satu PC.

Seperti yang kita tau, XAMPP merupakan sebuah paket komplit yang terdiri dari service Apache web server, DB MySQL, FileZilla, dan Apache Tomcat. Apache web server pada XAMPP umumnya berjalan di port 80. Oke, sedikit curhat. Misal kita punya pekerjaan yang mengharuskan kita memakai PHP 5.3 (XAMPP 1.7), sedangkan kita ingin menginstall (explore) framework lain yang membutuhkan PHP 5.5 keatas. Bagaimana cara menginstall 2 XAMPP semoga keduanya sanggup berjalan di port yang berbeda sehingga tidak saling mengganggu?

Langkah pertama, install XAMPP versi terbaru.
Saat menentukan folder, tempatkan di partisi yang berbeda dengan XAMPP yang sudah ada sebelumnya.


Setelah instalasi selesai, jalankan XAMPP Control Panel. Klik Config, kemudian klik Apache (httpd.conf). File tersebut akan terbuka dengan Notepad (atau Notepad++).


Ubah Listen 80 menjadi Listen 8080 (8080 hanyalah teladan port yang aku pakai, sanggup diganti sesuai kebutuhan atau keinginan).


Kemudian Ubah ServerName 80 menjadi ServerName 8080.




Kembali ke XAMPP Control Panel, klik Config, kemudian klik Apache (httpd-ssl.conf).


Ubah Listen 433 menjadi Listen 4332. (4332 yaitu contoh)




Kemudian ubah VirtualHost menjadi 4332. (Jangan lupa untuk menyimpan kedua file tersebut kalau sudah simpulan mengubah konfigurasi)



Setelah itu kembali ke XAMPP Control Panel. Jalankan Apache. Ketika Apache telah berjalan, kita sanggup melihat port yang dipakai oleh service Apache tersebut, apakah sesuai dengan port yang telah kita konfigurasi.
Akses web server tersebut melalui browser dengan URL localhost:8080/



You're arrived, congratulation!

Sekian tips receh ini, semoga bermanfaat. Sekali lagi, have a nice weekend and thank you!

0 Response to "How To : Install Xampp Pada Port Yang Berbeda."

Post a Comment

Komentar yang kamu masukkan, akan di tinjau terlebih dahulu. Komentar yang mengandung link, tidak akan di terima. Hal ini guna mengantisipasi komentar spam. Mohon pengertiannya 😁

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel